Exploring Jordania (1)

Gua Ashabul Kahfi, Penyimpan Arkeologi Sejarah Pemuda Beriman

Yordania merupakan salah satu destinasi wisata religi yang kaya dengan timbunan arkeologi sejarah peradaban umat manusia di masa silam. Di negara ini tersimpan salah satu saksi bisu dari kisah yang tertulis di Alquran. Bahkan peristiwa yang berkaitan dengan kisah itu menjadi nama satu surat dalam Alquran, yaitu Surat al-Kahfi. Suatu kisah yang fenomenal termaktub di dalam Alquran membuka mata kita akan kebesaran dan kekuasaan Allah.

Kisah yang menakjubkan itu bermula dari larinya 7 orang pemuda akibat dari kezaliman seorang raja yang disinyalir bernama Dikyanus. Raja ini memaksa orang beriman agar mereka kufur, lantas mereka bersembunyi, karena menolak ingkar kepada Allah. Peristiwa yang begitu menegangkan dan mencekam membuat 7 orang pemuda ini lari dan menjadikan gua sebagai tempat persembunyian mereka.

Gua tersebut dikenal sebagai Gua Ashabul Kahfi. Gua Ashabul Kahfi terletak di perkampungan Al-Rajib, yang berjarak 1.5 km dari kota Abu A’landa dekat kota Amman Yordania. Alquran menyebut Ash habul kahfi war raqiim yang artinya para penghuni gua, kemudian untuk kata ar raqim, terjadi perselisihan pendapat mengenai maksud dari kata tersebut, karena ada yang mengatakan bahwa itu adalah nama seekor anjing namun beberapa riwayat dari Ibnu Abbas yang menjelaskan bahwa ar raqim itu adalah nama suatu perkampungan, lantas pendapat inilah yang lebih banyak diambil kemudian saat ini lebih dikenal dengan Al Rajib yang merupakan nama suatu tempat di Yordania.

Jika melihat dari fisik gua secara langsung, kita dapat merasakan kebesaran Allah yang telah menidurkan 7 orang pemuda selama 309 tahun. Kemudian mereka semua dibangunkan kembali oleh Allah. Ketika mereka bersembunyi di dalam gua mereka memohon rahmat Allah dan semua itu ditujukan agar mereka mendapat perlindungan serta ketenangan batin dari Allah, maka ditidurkanlah para pemuda tersebut. Peristiwa ini tertulis di dalam Al Quran Surat Al Kahfi dari ayat 9-16.

Perjalanan menuju Gua Ashabul Kahfi yang terletak di Yordania, merupakan bagian dari perjanalan religi yang sarat akan makna. Tidak hanya bertujuan untuk mengabadikan gambar hasil tangkapan kamera saja, melainkan keteguhan mempertahankan prinsip keimanan sejatinya tak terlepas dari rahmat dan pertolongan Allah, sebagaimana yang telah dialami oleh para pemuda yang tertidur di Gua  Ashhabul Kahfi agar mereka selamat dari perbuatan zalim seorang raja.

Untuk mencapai Gua Ashabul Kahfi, terlebih dahulu Anda dapat melakukan penerbangan dari Indonesia menuju Jordania dan akan mendarat di Bandara Internasional Queen Alia, setelah itu Anda meneruskan perjalanan darat menuju Amman ibukota Yordania. Jarak tempuh dari Bandara Queen Alia menuju Amman kurang lebih 32 km. Lokasi Gua Ashabul Kahfi tidak jauh dari Kota Amman dengan jarak tempuh kira-kira 8 km dan memakan waktu sekitar 15 menit menggunakan taksi. 

Para pengunjung wanita yang mengenakan celana panjang tidak diperkenankan masuk, namun Anda tidak perlu khawatir, karena telah disediakan jubah berwarna gelap oleh petugas pengurus gua bagi pengunjung wanita yang mengenakan celana panjang. 

(fh)


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top