Exploring Jordania (3)

Mengunjungi Sisa Puing Kuil Herkules di Puncak Jabal Qal'ah

Jakarta, (gomuslim). Ulasan destinasi kali ini masih seputar Yordania, karena banyaknya destinasi menarik di Yordania yang sayang untuk dilewatkan. Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi di Timur dan Tenggara, Irak di Timur Laut, Suriah di Utara dan Tepi Barat sedangkan perbatasannya dengan Israel terletak di bagian Barat. Negara yang kaya dengan arkeologi umat terdahulu ini, banyak menyimpan destinasi menarik yang menggugah imajinasi kita akan kehidupan di masa lalu.

Jika anda berkunjung ke Amman maka sempatkanlah diri anda untuk dapat singgah ke Jabal Al Qal’ah atau Jabal Amman. Pada tempat inilah peninggalan manusia kuno pada era kerajaan romawi terletak, di sini juga anda dapat menyaksikan langsung puing-puing kuil yang diakui sebagai Kuil Herkules, kemudian anda juga dapat melihat langsung pemandangan kota Aman dari ketinggian gunung ini.

amman

Selain dapat menikmati indahnya pemandangan kota, tak jauh dari situ, anda pun dapat menyambangi bangunan istana peninggalan Dinasti Umayah yang bentuknya seperti mesjid berkubah biru yang dibangun antara tahun 724 - 743 masehi. Lokasi wisata yang ada di kota ini, bukanlah hal yang sia-sia untuk anda kunjungi. Banyak sekali hal-hal baru yang menjadi bukti sejarah perjalanan zaman.

ammanDari atas bukit ini, anda pun dapat melihat sebuah Amphiteathre besar yang berkapasitas 6000 orang. Bangunan ini dibangun sejak zaman Antonius Pius (138-161 M) dan kini dijadikan tempat festival kebudayaan tahunan setelah adanya anjuran dari Kementerian Kebudayaan Yordanania.

Untuk mengunjungi tempat ini, cara yang paling mudah adalah anda menggunakan taksi dari Queen Aila Aiport namun anda juga dapat, menyewa mobil yang telah disediakan di Queen Aila Airport. Harga sewanya juga masih terbilang terjangkau, mulai 30 JOD atau sekitar Rp. 560,000,- per hari. Kemudian anda menuju kota Amman ke arah Bukit Qal'ah, orang Amman menyebutnya Jabal Qal’ah.

Jika anda mengemudi sendiri, anda dapat mengabil rute ke arah Timur  dari downtown menuju ke Zarqa, kemudian lewat di bawah jalan raya dan mengambil arah keluar menuju ke Barat. Kemudian anda bertemu lampu merah  di situlah patokan anda menikung ke kiri jalan yang menanjak ke arah Jalan Raja Ali bin Al Hussein. Kemudian setelah tiba di atas anda belok ke kiri, di sana telah siap juru parkir untuk memarkirkan kendaraan Anda.

Setelah tiba di bukit ini anda diharuskan membeli tiket masuk ke situs Amman Citadel yang harganya 3 JOD untuk orang dewasa atau sekitar Rp 56,000,- sedangkan untuk anak-anak usia 15 tahun ke bawah, gratis. (FH)


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top