Exploring Jordania (4)

Jejak Kastil Crusader, Nyaris 1000 Tahun Kokoh Berdiri

Jakarta, (gomuslim) Al Karak adalah atau Karak adalah sebuah kota yang terdapat di dalamnya sebuah kastil dari batu yang

123

terkenal sebagai peninggalan Pasukan Crusader dalam perang salib. Benteng ini dinamai sebagai Kastil Karak yang dibangun pada 1142 namun berhasil dikuasi oleh Pasukan Salahuddin Al Ayubi pada 1188, setelah Gubernur Reynald De Catillon pemilik kastil ini di eksekusi pada 1187.

Kastil Al Karak berada pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, pemandangan yang tampak jelas saat berada di kastil ini adalah hamparan laut mati yang membentang. Seluruh bangunan Kastil Karak terbuat dari batu, beberapa sumber menyebutkan bahwa kastil ini dibangun oleh Pasukan Crusader. Kastil ini pula yang menjadi salah satu simbol kemenangan Pasukan Muslim dalam Perang Salib.

Posisi Karak ini berjarak 140 km dari Kota Amman, kota yang terdapat kastil di dalamnya ini, memiliki kontur tanah yang berbukit-bukit dan jalanannya pun sangat sempit. Kuliner yang paling terkenal di Karak ini adalah mansaf, yaitu makan besar semacam nasi kebuli dengan porsi jumbo di mana daging kambing dan yogurt dijadikan satu  pada hidangan nasi tersebut. Bagi anda yang belum terbiasa, barangkali terlihat menu ini agak lain, namun bagi yang menyukai daging kambing, mansaf mempunyai cita rasa tersendiri.

Pada tahun 2013, Kota Karak dihuni oleh sekitar 68,800, mayoritas penduduknya adalah muslim sebesar 75% dan Kristen 25%. Jumlah masyarakat Kristen terbesar di Yordania adalah di Kota Karak ini. Tak jauh dari kastil, tepatnya di Kota Karak terdapat Museum Arkeolgi Karak. Museum ini mengenalkan kita pada sejarah lokal dan arkeologi Kastil Karak termasuk wilayah dan kotanya. Selain itu terdapat pula penjelasan rinci mengenai Pasukan Crusader dan Muslim dalam penaklukan kota ini. Museum ini dibuka pada pukul 09:00 – 17:00 waktu setempat.

Kastil Al Karak merupakan tempat persinggahan wisatawan yang hendak menuju ke Petra. Kebanyakan orang hanya berkunjung sebentar saja menghabiskan waktu di tempat ini, sekitar 1-2 jam, sebagai pengisi waktu saat istirahat dalam perjalanan menuju Petra. Maka jika anda hendak berkunjung ke petra jangan lewatkan kesempatan untuk menyinggahi kastil ini. Jika anda memasuki kastil ini, imajinasi anda akan terbawa ke suasana peradaban masa lalu. Di dalam Kastil Karak terdapat semacam pasar, kamar-kamar dan penjara seolah-olah kastil ini berfungsi sebagai kota pada masa lalu. Hal yang tak kalah menariknya dan menyisakan kesan tersendiri adalah pemandangan indah yang memanjakan mata anda saat anda berada di atas kastil ini, seakan-akan anda merasakan suasana kehidupan zaman dahulu.

1234

Untuk dapat mengunjungi kota ini maka anda dapat menggunakan bus atau taksi dari Amman melintasi jalur Desert Highway atau King’s Highway. Jika anda menyukai medan yang menantang maka anda dapat melintasi King’s Highway, namun jika anda lebih menyukai medan datar anda dapat melintasi jalur Desert Highway butuh waktu 2 jam dari Amman jika anda melintasi jalur Desert Highway.

(fh)


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top