Wisata Halal Aceh

Pantai Iboih: Sejuta Pesona Keindahan Bawah Laut Serambi Mekkah

(gomuslim). Tidak dapat dipungkiri bahwa Nusantara merupakan area indah di muka bumi ini, dari pulau Sabang sampai Merauke tersebar destinasi unik dan menarik untuk dikunjungi. Pada provinsi paling barat di Indonesia yakni Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) terhampar birunya pantai jernih nan indah yang selalu menggoda kita untuk mengunjunginya.

Aceh adalah area paling barat di Nusantara, provinsi ini merupakan provinsi yang subur dan kaya akan sumber daya alamnya. Hal yang tak kalah menarik dari provinsi ini adalah Pantai Iboih yang terletak di Pulau Weh. Airnya yang terlihat dangkal dan jernih membiaskan warna langit yang biru sehingga batu karang di dasar pantai pun terlihat dengan jelas. Jika diperhatikan sejenak terlihat perpaduan dua warna antara hijau dan biru yang menunjukkan kepada kita area dangkal dan dalam Pantai Iboih.

kl;jfs;da

Sejuta pesona yang ditawarkan oleh pantai Iboih membuat para wisatawan jatuh hati untuk mengunjunginya. Barangkali nama pantai ini tidak semasyhur Pantai Kuta di Bali, namun keindahan panorama di Pantai Iboih tak kalah indah dengan pantai yang terkenal di Pulau Dewata.

Wisatawan yang telah mengunjungi pantai Iboih kerap menyisakan kesan tersendiri terhadap pantai di Pulau Weh ini. Selain menikmati keindahan pantai di Pulau Weh ini, pengunjung juga dapat merasakan kesegaran udara dari hutan lindung Iboih serta pasir pantai keemasan yang jarang dimiliki pantai-pantai lainnya.

Banyak pengunjung yang terkesan saat melakukan kegiatan snorkeling di Pantai Iboih, karena dengan menyelam di pantai yang tenang ini, biota laut dan terumbu karangnya terlihat begitu mengangumkan.  Selain itu terdapat pula formasi gunung berapi yang berada di bawah permukaan lautnya. Menurut cerita, gunung api bawah laut ini telah memisahkan Pulau Weh dengan ujung pulau Sumatera.

Jika anda hendak melakukan snorkeling namun tidak membawa perlengkapannya, maka anda tidak perlu khawatir karena di sini tersedia penyewaan alat snorkeling dengan biaya sewa sekitar Rp50,000,- tentunya biaya penyewaannya pun masih terjangkau baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Ketika berada di pantai Iboih, suasana ketenangan dapat dirasakan oleh pengunjung. Sedikit sekali deburan ombak di pantai ini, itulah yang menyebabkan suasananya begitu tenang dan tentram. Rasanya tak lengkap pula jika tidak menikmati indahnya sunset di pantai Iboih, karena keindahan alam di tempat ini semakin bertambah dengan biasan sinar ternggelamnya matahari di pantai Iboih sehingga membuat kita semakin memuji keagungan Allah akan ciptaannya yang indah.

Jika pengunjung hendak berkeliling pulau weh atau menikmati keindahan alam di sekitar pulau Rubiah, maka pengunjung dapat menyewa perahu milik penduduk setempat. Sedangakan bagi yang hendak menikmati pemandangan bawah laut namun tidak dapat berenang maka dapat menyewa perahu besar dengan alas kaca di bawahnya.

Sedangkan bagi para peminat diving dapat menyalurkan hobinya di pantai ini. Penyewaan alat diving sekaligus pemandunya telah tersedia pula bagi para wisatawan, anda hanya membayar sekitar Rp400,000,- sampai Rp500,000,- untuk dapat melakukan diving atau sekitar 25 Euro tarif yang dikenakan bagi turis mancanegara.

lkjlsdj

Adapun bagi yang hendak merasakan mukim di tepi pantai maka telah tersedia cottege yang terletak di pinggir pantai. Biaya sewa cottage yang dikenakan cukup terjangkau, untuk menginap satu malam di tepi Pantai Iboih, maka anda hanya mengeluarkan biaya  Rp100,000,- 200,000,-. Kuliner yang tersaji di area pantai pun tak terlepas dari seafood dengan cita rasa khas masakan Aceh dengan paduan rempah Nusantara.

 

Transportasi Menuju Pantai Iboih

Bagi Anda yang berminat mengunjungi pantai indah di Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam, maka anda dapat menumpangi Kapal Feri dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh menuju Pelabuhan Pelabuhan Balohan, Sabang. Sesampainya di Pelabuhan Balohan, perjalanan dilanjutkan menggunakan kendaraan sewa atau kendaraan umum menuju Pantai Iboih dengan lama perjalanan sekitar 1 jam.

Biaya transportasi yang harus dikeluarkan sekitar Rp 50.000 atau lebih untuk setiap orang. Jika anda ingin merasakan biaya yang lebih murah lagi maka anda harus beramai-ramai menumpangi mobil sewa karena beban ongkos dibagi ke setiap masing-masing penumpang sehingga biayanya jauh lebih ringan.

Aceh merupakan salah satu objek wisata yang diprioritaskan pemerintah untuk dijadikan destinasi wisata halal. Provinsi yang dikenal dengan ketetapan Perda Syariah  ini, tentunya siap memajukan wisata halal tanah air. Oleh karena itu sebelum mengenal keindahan alam di negara lain, alangkah baiknya mengenal lebih dahulu destinasi wisata Nusantara. (fh)


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top