Wisata Halal Sumatera Barat (2)

Lembah Anai: Pesona Air Terjun Nan Eksotis Kebanggaan Sumbar

gomuslim.co.id- Selain jam gadang, nasi padang, dan Danau Singkarak, serta Danau Maninjau, Sumatera Barat juga terkenal dengan destinasi wisata alam berupa air terjun yang mempesona. Saat Anda menjelajahi Sumatera Barat dengan melewati Padang Panjang, Bukit Tinggi, Batu Sangkar akan terlihat sajian pemandangan alam berupa air terjun. Lembah Anai namanya, sebuah maha karya agung Sang Pencipta yang akan membuat setiap mata seakan tak berkedip karena terkagum-kagum saat melihatnya.

Saat melintas, hanya berjarak beberapa meter dari bahu jalan, setiap pengendara akan menyaksikan keindahan air yang tertumpah dari tebing yang tinggi. Tak jarang pengendara memilih untuk berhenti sejenak, beristirahat sambil menikmati keindahan Air Terjun Lembah Anai.

Lokasi Lembah Anai dan Pesona Pariwisata Alamnya

Lembah Anai adalah salah satu air terjun yang terkenal dan menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat. Orang Padang biasa memanggilnya dengan Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai. Air terjun yang berketinggian sekitar 35 meter ini berlokasi tepat di pinggir jalan raya trans Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukit Tinggi, tepatnya di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat. Selain itu, air terjun ini merupakan bagian dari aliran sungai Batang Lurah yang berhulu di atas Gunung Singgalang.

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa air terjun yang berada di pinggir jalan ini hanyalah salah satu dari tujuh air terjun yang dimiliki oleh kawasan Cagar Alam Lembah Anai.

Selain di dalam kawasan cagar alam ini, wisatawan dapat menempuh perjalanan trekking selama sekitar 2 jam untuk dapat melihat keenam air terjun lainnya. Tempat ini merupakan salah satu andalan pariwisata Kota Padang. Keunikan dari tempat wisata ini adalah keberadaan tiga air terjun, yang masing-masing menyajikan keindahan alam tersendiri. Dari ketiganya, satu yang paling terkenal dan menjadi favorit wisatawan adalah air terjun Lembah Anai, yang memiliki ketinggian 35 m.

Untuk bisa menyaksikan keenam air terjun lainnya, pengunjung diharuskan berjalan kaki menyusuri cagar alam Lembah Anai selama kurang lebih dua jam. Jika lelah, tak ada salahnya untuk menepi sebentar dan mengamati pesona alam lebih lama. Rasa kagum akan bertambah saat menyaksikan bentangan alam yang mengelilingi air terjun indah ini.

Deretan perbukitan hijau di kaki Gunung Singgalang menjadi dinding alam yang seakan ingin menyembunyikan eksotisme air terjun setinggi kurang lebih 35 meter ini. Tidak hanya itu, ada juga rangkaian rel kereta tua peninggalan Belanda yang berkelok melintas di atas jalan raya, yang letaknya tak jauh dari posisi air terjun. Komposisi pemandangan alam menjadi surga bagi mereka yang hobi berwisata di alam terbuka.

Tidak mengherankan, jika lalu lintas menuju ke kawasan ini selalu padat saat musim liburan tiba. Banyak masyarakat dari luar daerah yang tidak hanya sekadar melintas, tetapi merasa wajib untuk singgah dan menikmati keindahan alam yang dimiliki Lembah Anai.

Publikasi IndonesiaKaya menyebutkan kondisi ini mendorong munculnya berbagai fasilitas pendukung pariwisata di seputaran Lembah Anai, seperti lahan parkir yang luas, kios-kios souvenir, rumah makan, hingga penginapan. Seiring perkembangannya, kawasan air terjun ini tidak hanya menjadi tempat singgah belaka, melainkan sudah berkembang menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Sumatera Barat.

Akomodasi dan Transportasi Menuju Air Terjun Lembah Anai

Berjarak 60 km dari kota Padang. Untuk mencapai lokasi ini perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum (bus), mobil sewaan, atau mobil pribadi. Jika menggunakan angkutan umum, perjalanan dimulai dari Bandar Udara Ketaping Padang menuju Kawasan Cagar Alam Lembah Anai dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dengan ongkos sekitar Rp 20.000 sampai 25.000 per orang (nominal sewaktu-waktu dapat berudah di lokasi). Begitu juga, Lembah Anai bisa diakses dengan kendaraan umum, seperti dari Terminal Bukittinggi, wisatawan bisa langsung naik bus travel atau bus umum. Ongksonya sekitar Rp15.000 sampai Rp 20.000 per orang. Selain angkutan umum, kereta api wisata juga dapat menjadi alternatif perjalanan. Namun, kereta api hanya beroperasi setiap hari Minggu dengan tiket pulang-pergi Rp 25.000 untuk kelas eksekutif, dan Rp 15.000 untuk kelas ekonomi.

Sedangkan untuk tiket masuk relatif murah, yaitu  hanya Rp2.500 per orang.Jika ingin berada di dekat air terjun, harus berjalan lagi dan mendaki beberapa buah anak tangga serta melewati beberapa buah gazebo yang digunakan untuk beristirahat.

Pada area sekitar Lembah Anai terdapat berbagai fasilitas seperti warung yang terdapat di sepanjang jalan yang menyajikan aneka makanan dan minuman, untuk dimakan di tempat atau di bawa pulang sebagai buah tangan khas sumbar. Juga terdapat lahan parkir yang luas serta fasilitas kamar mandi sebagai tempat mengganti pakaian dan membilas badan setelah mandi di bawah guyuran air terjun. Selain itu juga tersedia areal untuk berkemah bagi yang ingin melakukan kegiatan camping.

Adapun, beberapa hotel yang bisa menjadi alternatif tempat menginap di sekitar Lembah Anai adalah New d'Dhave Hotel, Premier Basko Hotel, Ion Hotel, Pangeran Beach Hotel, Ibis Padang, Diniya Suasso Hotel, Mercure Padang, dan masih banyak yang lainnya. (fau/sumbar/dbs)

 

 


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top