Wisata Halal Lombok (2)

Berwisata Religi ke Masjid dengan Kubah Bermotif Batik Sasambo di Pulau Lombok

gomuslim.co.id- Dua tahun berturut-turut (2015-2016), Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi pemenang di ajang World Halal Tourism Award (WHTA) yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Hal ini terkait dengan  keindahan wisata alam yang sudah mendapat tempat di hati para traveler.

Tak melulu soal pantai yang indah, Lombok juga memiliki destinasi-destinasi wisata religi sesuai dengan julukannya, yaitu Pulau Seribu Masjid. Dengan mayoritas agama Islam di Lombok, tidak heran jika banyak terbentang Masjid masjid besar maupun kecil di sekitaran jalan di pulau ini.  

Pulau Lombok terkenal dengan julukan Pulau 1000 Masjid. Julukan ini disematkan karena pulau kecil seluas 5.435 km² ini memiliki 4.500 masjid di 598 desa dan kelurahan di Pulau Lombok. Hal ini tidak lepas dari tingginya semangat masyarakat Muslim Lombok untuk membangun masjid sehingga dalam satu desa bisa dibangun lebih dari satu masjid.

Berikut adalah Masjid terbesar di NTB yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke Lombok:

Adalah Masjid Islamic Center Kota Mataram. Masjid yang memiliki luas sekitar 6,7 hektare ini merupakan masjid yang terbesar di Pulau Lombok bahkan terbesar di NTB. Islamic Center yang menjadi salah satu lokasi utama dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2016 lalu ini memiliki menara yang bernama "Menara 99 '' yang diambil dari Asmaul Husna di Alquran dan juga sekaligus menara tertinggi di NTB.

Lokasi Strategis di Pusat Kota

Masjid ini berlokasi strategis di pusat Kota Mataram yang merupakan ibu kota Provinsi NTB. Lebih tepatnya di Jalan Langko, kota Mataram, Pulau Lombok. Kota bermoto Maju,Religuius, dan Berbudaya  ini memiliki penduduk yang hetrogen selain itu kota mataram memiliki toleransi yang tinggi sehingga itulah yang membuat masyarakatnya menjadi rukan dan damai.

Islamic Center Mataram mulai dibangun sejak masa kepemimpinan gubernur M. Zainul Majdi, rencana tersebut terealisasi pada tahun 2011 dan diresmikan pada 15 Desember 2013. Dengan dana pembangunan bersumber dari APBD dan dana CSR PT. Newmont. Dibangun di atas lahan seluas 7,6 hektar di sudut jalan Langko dan Udayana yang merupakan jalur utama, dibangun begitu megah dengan memadukan karakteristik bangunan tradisional Lombok dan Sumbawa.

Arsitektur yang Unik dan Ladang Ekonomi Masyarakat

Bangunan Islamic Center ini dilengkapi dengan menara setinggi 99 meter sesuai dengan 99 nama nama Allah (Asma’ul Husna). Bangunan menara ini dibuka sebagai objek wisata untuk memandang wajah kota Mataram dari ketinggian baik saat siang maupun malam hari.

Begitu cantik dan megah, Masjid ini juga memiliki bentuk ciri khas motif batik Sasambo di kubah masjid yang merupakan motif batik khas di Provinsi NTB.

Selain sebagai penanda Kota Mataram, Islamic Center Mataram ini berfungsi sebagai pusat kebudayaan, wisata religi, pasar seni, dan aktivitas religius lainnya. Dalam upaya mempromosikan wisata religi yang berpusat di Islamic Center ini, pemerintah setempat mensinergikan sumber daya setempat termasuk memberdayakan para perajin garmen dan kayu cukli yang merupakan produk kerajinan unggulan di Kota Mataram agar mereka membuat berbagai pernak-pernik bertemakan Islamic Center.

Kerajinan khas daerah ini di antaranya,  gantungan kunci, pulpen, baju kaus bergambar Islamic Center, batik sasak samawa mbojo (sasambo) bermotif Islamic Center, serta aksesoris lainnya.

Transportasi

Ada dua pintu gerbang utama jalur udara menuju Nusa Tenggara Barat, yaitu Bandar Udara Internasional Lombok dan Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Bandar Udara Internasional Lombok berlokasi di Lombok Tengah, tepatnya di Jalan Tanah Awu, jantung pulau Lombok.

Sedangkan, Bandara Internasional Ngurah Rai yang berada 13 kilometer dari Denpasar juga bisa jadi alternatif jika Anda ingin menuju Nusa Tenggara Barat. Sementara, jika Anda menggunakan transportasi laut, kapal feri Awu, Dobonsolo, Dorolondo, Kelimutu, Sirimau, Tatamailau, Pangrango dan Tilongkabila dapat membawa Anda ke Nusa Tenggara Barat.

Adapun, selain Islamic Center ini, menurut Komunitas Pulau 1000 Masjid, dari ribuan masjid yang ada di Pulau Lombok, maka masjid-masjid indah lainnya di pulau ini adalah Masjid Al Akbar, Masbagik, Lombok Timur, Masjid Kopang, Lombok Tengah, Masjid Agung Praya, Lombok Tengah, dan Masjid Jamiq, Selong, Lombok Timur. (fau/lombokinsider/dbs)

 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top