Wisata Halal Sulawesi Selatan (1)

Pantai Losari: Destinasi Favorit untuk Berburu Panorama Sunset di Kota Makassar

gomuslim.co.id- Dengan meningkatnya tren gaya hidup halal di masyarakat dunia, Kementerian Pariwisata menerapkan strategi Halal Tourism untuk terus disebarluaskan ke pelaku bisnis pariwisata di negeri ini. Tidak hanya di Lombok, Aceh dan Sumatera Barat yang memang diproyeksikan oleh Kemenpar sebagai Halal Destination, tapi juga di daerah lain yang berpotensi menjadi destinasi wisata halal, salah satunya adalah Sulawesi Selatan.

Pada series kanal destinasi kali ini, gomuslim akan membahas destinasi-destinasi wisata halal di Sulawesi Selatan. Pertama adalah destinasi wisata alam yang terkenal di Kota Makassar, yaitu Pantai Losari.

Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.

Tempat Berburu Kuliner dan Sunset

Awalnya, pantai yang terkenal dengan matahari tenggelamnya ini dulunya dijuluki sebagai pantai dengan meja dan warung terpanjang di dunia. Hal ini karena di sepanjang Pantai ini dulunya terdapat warung-warung tenda yang menyambung satu sama lainnya sepanjang kurang lebih 1 KM.

Selain menjajakan berbagai macam hidangan laut di malam hari, warung-warung tersebut juga menjajakan berbagai macam makanan khas Makassar, yang paling terkenal adalah pisang epe, pallu butung, pisang ijo, sop konro, coto makassar, dan sebagainya. Saat ini, warung-warung tersebut telah dipindahkan, tidak lagi di sepanjang Pantai Losari melainkan berada di sekitar Pantai Losari, tepatnya di depan rumah Walikota Makassar.

Selain itu, ada keunikan dan keistimewaan tersendiri dari Pantai Losari, yaitu wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dapat melihat pemandangan indah matahari terbit dan matahari terbenam. Selama menunggu pemandangan indah tersebut, wisatawan dapat mencoba berbagai ragam masakan laut yang masih sangat segar dengan harga terjangkau.

Lokasi dan Akses yang Mudah

Obyek wisata Pantai Losari berada di jantung Kota Makassar, tepatnya di Jalan Penghibur. Jalan ini berada di sebelah barat Kota Makassar. Posisi pantai Losari sangat strategis dan menjadi bagian yang menyatu dengan suasana kota Makasar yang membentang sejauh kurang lebih 4 km. Pantai ini langsung dapat diakses dengan jalan utama protokol utama. Diseberang jalan bertumbuhan hotel dengan berbagai kelas.

Sedangkan untuk akses menuju ke Pantai Losari adalah jika Anda dari pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan transportasi kendaraan pribadi maupun umum. Jika Anda dari Bandara Hasanuddin, perjalanan dapat ditempuh dengan waktu 45 menit.

Harga Tiket Masuk

Anda tidak perlu membayar tiket untuk memasuki kawasan Pantai Losari

Fasilitas dan Akomodasi

Untuk menuju Pantai Losari terdapat berbagai transportasi umum seperti becak, taksi, bus, dan sebagainya. Transportasi tersebut bisa Anda gunakan untuk berkeliling di sepanjang Pantai Losari. Tersedia juga berbagai akomodasi hotel dengan berbagai kelas, dari wisma sampai hotel berbintang. Rumah sakit, restoran, cafe, warung, kerajinan emas dan souvenir juga tersedia.

Beberapa hotel dekat Pantai Losari yang direkomendasikan karena lokasinya yang sangat dekat dengan bibir pantai, yaitu Hotel Aryaduta Makassar, Makassar Golden Hotel, Hotel Losari Beach, Hotel Quality, dan Hotel Aston. Sedangkan untuk mid-budget traveller, bisa pilih Hotel Losari Beach, atau lokasi agak masuk sedikit ke dalam jalan Joseph Latumahina, ada hotel kecil yang nyaman yakni, Hotel Kenari. (fau/gocelebes/dbs/foto: portalwisata, bukajogja)

 


Back to Top