Wisata Halal Sulawesi Selatan (2)

Berwisata Religi ke Masjid Terapung Pertama Indonesia di Makassar

gomuslim.co.id- Berkunjung ke Makassar tak melulu tentang kuliner dan wisata alam. Ini salah satu destinasi wisata religi yang patut wisatawan kunjungi saat berkunjung ke Makassar. Adalah Masjid terapung pertama yang dimiliki Indonesia. Masjid dengan nama Masjid Amirul Mukminin ini berlokasi di pesisir Pantai Losari yang sangat terkenal sebagai tempat wisata di Makassar.

Masjid ini dibangun bukan di daratan yang jauh dari bibir pantai melainkan tepat berada di pinggir pantai sehingga saat pasangan masjid tersebut benar-benar terapung di atas air. Masjid ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai Losari baik yang sengaja datang untuk beribadah maupun hanya sekedar berfoto.

Masjid Amirul Mukminin terdiri dari dua lantai yang mana lantai pertama digunakan untuk jamaah pria sedangkan lantai kedua disediakan untuk jamaah wanita. Masjid terapung di Makassar ini juga menyandang nama lain sebagai Masjid 99 Al Makazzary yang mana gabungan namanya merujuk pada jumlah Asmaul Husna dan nama seorang imam besar Masjidil Haram, Syekh Yusuf.

Arsitektur Indah Plus Sunset Penuh Pesona

Masjid ini terdiri dari tiga lantai, selain berfungsi sebagai sarana ibadah, juga akan menjadi tempat wisata. Satu lantai, yakni di bawah kubahnya, bisa ditempati warga melakukan reakreasi khususnya melihat sunset Pantai Losari yang kini masih menempati deretan sunset terindah di Indonesia.

99 Al-Makazzary berdiri di atas air laut seluas 1.608 meter dengan menggunakan 164 tiang. Pengerjaannya,  sudah berjalan sejak 8 Mei 2009. Bangunannya ada tiga lantai, dua lantai diperuntukkan untuk sarana ibadah atau tempat shalat. Satu lantai di bawah kuba itu bisa berfungsi sebagai tempat rekreasi. Dan tentu di lantai itu akan dijadikan juga tempat melihat hilal untuk penetuan awal Ramadhan.

Terdapat dua kubah berdiameter 9 meter yang dibawahnya pengunjung dapat menggunakan tempat bersantai dan beristirahat dengan embusan angin pantai. Masyarakat bisa naik ke atas kubah yang melalui dua tangga samping yang mengelilingi masjid. Bangunan dengan memadukan konsep modern, kontemporer dan islami, Masjid 99 Al Makazzary terlihat indah berdiri di atas permukaan laut.

Biasanya, masyarakat banyak berdatangan melihat keindahan masjid sambil menunggu tenggelamnya matahari (sunset) dengan menikmati makanan khas Makassar, Pisang Epek yang kemudian menjalankan shalat magrib berjamaah.

Selain itu, Masjid yang mampu menampung 500 jemaah ini menjadi simbol kebanggaan masyarakat Makassar yang melambangkan makna keislaman, kebesaran dan kebanggaan.

Lokasi dan Akses yang Mudah

Karena berada di pesisir Pantai Losari, akses menuju Masjid ini pun sama mudahnya dengan menuju Pantai Losari. Obyek wisata Pantai Losari berada di jantung Kota Makassar, tepatnya di Jalan Penghibur. Jalan ini berada di sebelah barat Kota Makassar. Posisi pantai Losari sangat strategis dan menjadi bagian yang menyatu dengan suasana kota Makasar yang membentang sejauh kurang lebih 4 km. Pantai ini langsung dapat diakses dengan jalan utama protokol utama. Di seberang jalan bertumbuhan hotel dengan berbagai kelas.

Sedangkan untuk akses menuju ke Pantai Losari adalah jika Anda dari pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan transportasi kendaraan pribadi maupun umum. Jika Anda dari Bandara Hasanuddin, perjalanan dapat ditempuh dengan waktu 45 menit. (fau/gocelebes/dbs/foto:kaskus)


Back to Top