Wisata Halal Jawa Timur (1)

Gunung Bromo: Panorama Eksotis Wisata Alam di Provinsi Jawa Timur

gomuslim.co.id- Pariwisata Halal Indonesia terus berkembang dan meluas ke berbagai daerah nusantara. Tak hanya Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatra Barat, dan Aceh, kini pariwisata halal juga mulai gencar diberlakukan di banyak daerah. Salah satunya adalah Provinsi Jawa Timur.

Perkembangan pembangunan infrastruktur di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Malang membuat Kota Malang menjadi Kota Friendly sebagai Tujuan Wisata Halal Terbaik Di Indonesia. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan reputasi Jawa Timur menjadi salah satu destinasi halal di Indonesia.

Pada edisi kanal Safari-Destinasi kali ini, gomuslim akan merekomendasikan beberapa beragam destinasi wisata yang patut Anda kunjungi saat berada di Jawa Timur. Untuk series edisi pertama, Wisata Halal Jawa Timur akan membahas tentang salah satu Gunung indah di Indonesia yang berada di Jawa Timur, yaitu Gunung Bromo.

Tak hanya wisatawan lokal, Gunung Bromo juga menjadi destinasi favorit para turis asing saat mereka berkunjung ke Jawa Timur.

Sejarah Gunung Bromo

Gunung Bromo berasal dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu. Ini adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Dengan pemandangan yang apik, Gunung Bromo menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi, sudut-sudut panorama Gunung Bromo menjadi sangat instagramable untuk anak muda yang menyukai sharing foto liburan di media sosial.

Beragam Pemandangan Indah’

Tidak hanya itu, Gunung Bromo juga menawarkan banyak kegiatan untuk menikmati alamnya. Adapun tempat dan kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata di Jawa Timur ini adalah sebagai berikut :

Pertama, Pemandangan Indah.

Pemandangan Indah atau View Point merupakan tempat yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan gunung Bromo dari ketinggian. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat matahari terbit saat pagi hari. Ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi yaitu Pananjakan, Seruni Point, Bukit Cinta, Bukit Kingkong dan Puncak B29 Bromo.

Kedua, Kawah Gunung Bromo

Ini adalah destinasi kedua yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang ke gunung Bromo, kawah yang memiliki garis tengah ± 800 meter sangatlah unik, untuk dapat mengunjungi kawah gunung Bromo wisatawan biasanya melakukanya dengan menaiki kuda atau berjalan kaki, dan kemudian dilanjutkan dengan menaiki tangga dengan anak tangga berjumlah 250. Pemandangan dipuncak kawah Bromo memang sangat elok, dengan dihiasai pemandangan pegunungan tengger dan gunung Batok yang membentuk garis-garis terjal yang ada disamping kawah gunung Bromo.

Ketiga, Padang Savana (Bukit Teletubbies)

Padang savana merupakan sebuah hamparan rumput yang sangat luas dengan luas sekitar 10 Km persegi, tempat ini disebut juga bukit Teletubbies. Suasana yang nyaman dan sejuk akan Anda rasakan apabila mengunjungi tempat ini, letak dari wisata ini berada di selatan kawah gunung  Bromo, tepatnya di kawasan jemplang. Anda akan menemukan keunikan dari gunung Bromo apabila mengunjungi tempat ini.

Keempat, Lautan Pasir (Pasir Berbisik)

Tempat yang satu ini juga merupakan tempat favorit bagi wisatawan yang mengunjungi gunung Bromo, hamparan pasir yang terbentang luas membentuk lukisan garis-garis yang elok. Anda akan bisa merasakan suara bisikan apabila mendekatkan telinga Anda ke dekat pasir.

Adapun, untuk menikmati keindahan gunung Bromo memang butuh persiapan sebelumnya. Publikasi twisata menyebutkan untuk berwisata ke gunung Bromo, wisatawan membutuhkan ketepatan waktu dan sesuaikan dengan rencana Anda, apabila Anda mengunjungi Bromo pada waktu musim kemarau, Anda dapat menyaksikan matahari terbit dengan sangat sempurna, tetapi kondisi pemandangan dari padang savana yang kurang begitu bagus.

Hal ini disebabkan rumput- rumput di padang savana yang mongering. Sedangkan,  apabila Anda berkunjung pada musim penghujan, Anda akan kehilangan pemandangan Sunrise, tetapi keindahan padang savana yang menghijau akan dapat Anda nikmati dengan sempurna. Jadi Anda dapat memprioritaskan kondisi yang bagaimana yang Anda inginkan untuk berwisata ke gunung Bromo.

Rute Perjalanan Menuju Gunung Bromo

Untuk dapat sampai dan menikmati keindahan gunung Bromo wisatawan dapat memilih beberapa jalur transportasi yang ada. kawasan wisata ini memang sangat mudah untuk dijangkau, apabila Anda berasal dari luar Jawa Timur, Anda bisa transit dulu di Surabaya bisa di Bandara atau Stasiun Kereta Api. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju rute atau jalur sebagai berikut :

1. Jalur dari Kabupaten Lumajang

Apabila Anda melewati jalur dari kabupaten Lumajang, Anda bisa menempuhnya perjalanan dari kota Lumajang menuju kecamatan senduro, dari sini Anda bisa meneruskan perjalanan menuju desa Ranu Pane, dan kemudian melewati bukit menuju ke kawasan wisata Bromo lewat kawasan Jemplang. apabila sampai di Jemplang Anda sudah bisa melihat pemandangan gunung Bromo dari kejauhan.

2. Jalur dari Malang

Untuk jalur yang melawati Malang, Anda bisa menempuh perjalanan dari kota Malang menuju ke kecamatan Tumpang - Kab. Malang, dari sini perjalanan Anda akan diteruskan ke desa Bulak Klakah, dan akan bertemu dengan jalur yang melewati Lumajang, yaitu kawasan Jemplang dan kemudian dilanjutkan melewati padang savana gunung Bromo

3. Jalur dari Pasuruan

Jalur Pasuruan adalah jalur ketiga yang bisa dilalui apabila Anda akan mengunjungi gunung Bromo, Perjalanan Anda bisa dimulai dari kota Pasuruan menuju ke kecamatan Wonorejo, dari sini Anda dapat melanjutkan ke kecamatan Warung Dowo dan kemudian ke kecamatan Tosari, dari kecamatan Tosari, Anda terus menuju ke desa Wonokitri. kemudian dilanjutkan ke Penanjakan Gunung Bromo

4. Jalur dari Probolinggo

Jalur Probolinggo sendiri merupakan jalur utama ke kawasan Tempat Wisata di Jawa Timur ini, jalur ini merupakan jalur favorit para wisatawan, Anda akan bisa menikmati keindahan alam selama perjalanan ke gunung Bromo. apabila Anda memilih untuk melewati jalur Probolinggo, dari Surabaya perjalanan Anda akan diteruskan ke kabupaten Pasuruan, menyusuri jalan pantura kemudian masuk kabupaten Probolinggo. kemudia Anda akan menemukan pertigaan kecamatan Tongas dan dilanjutkan menuju kecamatan Lumbang, bagi anda yang masih mempunyai waktu serta ingin mengunjugi tempat wisata lain, disini Anda bisa mampir ke tempat wisata Air Terjun Madakaipura.

Setelah sampai di kecamatan Lumbang, perjalanan Anda diteruskan menuju kecamatan Sukapura kemudian mengikuti jalan menuju ke desa Cemoro Lawang dan inilah pintu utama untuk masuk ke kawasan gunung Bromo. (fau/dbs/foto: dolanmu,twisata)

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top