Wisata Halal Bangka Belitung (1)

Pantai Tanjung Tinggi: Destinasi Favorit di Pulau Laskar Pelangi

gomuslim.co.id- Setelah berhasil menjadi juara umum pada ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 lalu, Indonesia kembali melebarkan sayap untuk pariwisata halal. Tak hanya Nusa Tenggara barat (NTB), Aceh, dan Sumatra Barat, kini pariwisata halal juga mulai dikembangkan di Pulau yang makin terkenal pasca booming novel dan film layar lebar karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi.

Belitung digadang-gadangkan memiliki potensi yang besar untuk wisata halal. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Jauhari Somad.

"Belitung potensial untuk wisata halal, terutama untuk wisman yang dari Arab. Dengan pesisir pantai yang indah dan panjang untuk dinikmati cocok untuk mereka wisatawan dari Arab karena memang mereka lebih cenderung menikmati bukan untuk water sport, dan ini bisa dikembangkan jadi wisata halal," kata Jauhari dalam publikasi PosBelitung.

Meski masih dalam tahap rencana dan persiapan banyak hal, Bangka Belitung memang memiliki potensi yang sangat besar terkait pariwisatanya. Salah satunya adalah wisata pantainya yang indah.

Bangka Belitung memang sudah tidak dapat diragukan lagi keindahan pantainya. Setiap pantai yang ada di Provinsi ini selalu menampakan keindahannya dengan ciri masing-masing, seperti pada Pantai Tanjung Tinggi ini. Pantai ini sangat terkenal dengan keindahan pasir putih, pepohonan hijau, batu granit besar, dan gradasi air laut yang nampak begitu sempurna di pandang mata.

Pantai Tanjung Tinggi ini memang layak menjadi objek tempat wisata bagi anda yang merencanakan masa liburan bersama keluarga. Kegiatan yang dapat anda lakukan saat berlibur ke pantai ini adalah anda dapat berenang dan menikmati olahraga di sekitar pantai seperti jogging, jalan-jalan atau bermain voli pantai.

Adapun,  Pantai Tanjung Tinggi terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung yang berjarak sekitar 37 km dari kota Tanjung Padang ibukota Belitung. Karena pemandangan yang ada di sini sangat indah, pantai ini menjadi salah satu lokasi syuting film box office Laskar Pelangi.

Letak pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan hanya berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pkamun. Pantai ini memiliki area seluas 80 hektar, berpasir putih, dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.

Ukuran granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah, sehingga menjadi tempat wisata ungulan di Pulau Belitung. Tanjung tinggi juga dinamakan Pelabuhan Bilik. Pantai ini sendiri adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam.

Sedangkan, nama tanjung tinggi diambil dari kata tanjung yang artinya semenanjung dan tinggi yang artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi.

Dahulu tempat ini adalah pelabuhan nelayan bagi desa terdekat Keciput atau Tanjung Tinggi. Di pantai ini tidak perlu khawatir dengan serangan ikan hiu, karena tidak pernah terjadi di Belitung. Satu-satunya yang kadang-kadang harus diwaspadai adalah ubur-ubur, khususnya yang besar.

Selain kecantikannya, daya tarik dari Pantai Tanjung Tinggi sebenarnya ada pada hamparan batu-batu granit yang ada di sekitar pantai. Tepatnya berada di sebelah timur pantai. Batu-batu tersebut memiliki ukuran yang beraneka ragam, ada yang sangat besar dan relatif kecil. Untuk para penggemar fotografi, kamu bisa mengambil objek batu-batu tersebut sebagai modelnya dengan latar belakang Pantai Tanjung Tinggi dan matahari terbenamnya yang cantik.

Fasilitas Lengkap dan Akses Transportasi

Jangan khawatir soal akomodasi, pantai ini telah menyediakan berbagai fasilitas serta akomodasi yang tersedia bagi para pengunjung, seperti toilet, hotel-hotel berbintang, warung makan yang menyediakan berbagai aneka masakan.

Fasilitas dan Akomodasi di Pantai Tanjung Tinggi makin lengkap sarana dan prasarana seperti persewaan jetski dan kano. Untuk kamu yang ingin bermalam di sekitar pantai ada beberapa penginapan mulai dari homestay hingga hotel berbintang.

Bagi kamu dengan low budget traveling atau liburan ala backpacker, penginapan murah pun tersebar di berbagai penjuru kota. Tapi,  salah satu spot yang paling banyak terdapat hotel murah adalah daerah Tanjung Pandan.

Rata-rata penginapan di daerah ini dibanderol dengan harga Rp.150.000 sampai  Rp.250.000. Untuk kamar dengan harga Rp. 150.000 bisa diisi dengan kapasitas maksimal 2 orang. Fasilitas dalam kamar biasanya terdiri dari AC, kamar mandi dalam, TV, dan sarapan. Beberapa hotel juga menyediakan fasilitas WiFi sehingga kamu bisa tetap bisa berinternet ria.

 Selain itu, di pantai ini juga terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan seafood.

Untuk dapat sampai ke Pantai Tanjung Tinggi, kamu bisa langsung menuju Bandara H.A.S Hanandjoeddin, Pulau Belitung. Setelah itu Anda dapat menyewa kendaraan roda empat menuju Pantai Tanjung Tinggi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pantai Laskar Pelangi dengan waktu tempuh sekitar 30 hingga 45 menit. 

Sekilas tentang Bangka Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (disingkat Babel) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau.

Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang. Pemerintahan provinsi ini disahkan pada tanggal 9 Februari 2001.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya adalah bagian dari Sumatera Selatan, namun menjadi provinsi sendiri bersama Banten dan Gorontalo pada tahun 2000. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2000 Tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tanggal 21 November 2000 yang terdiri dari Kabupaten Bangka, Kabupaten Belitung dan Kota Pangkalpinang. Pada tahun 2003 berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2003 tanggal 23 Januari 2003 dilakukan pemekaran wilayah dengan penambahan 4 kabupaten yaitu Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan pemekaran wilayah dari Provinsi Sumatera Selatan.

Keindahan tempat wisata di Bangka Belitung terletak pada pesona wisata baharinya yang menawan hati. Provinsi yang merupakan gabungan dari dua buah kepulauan, yakni Bangka dan Belitung, memiliki banyak pantai yang mengagumkan dengan karakteristik bebatuan granit yang khas dan permukaan pantai yang landai.

Bangka Belitung (Babel) adalah kawasan kepulauan dengan 470 buah pulau dan hanya terdapat 50 pulau yang telah berpenghuni. Inilah sebab betapa potensi wisata bahari yang ada di sana mampu menyuguhkan Anda pengalaman wisata bahari yang berkesan, seperti snorkeling, memancing, hingga berlayar.

Daerah kepulauan yang terkenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia ini juga dihuni oleh masyarakat Indonesia dari etnis China dengan komposisi mencapai 20% dari total populasi di Bangka Belitung. Adalah hal yang lumrah bila Anda akan menjumpai banyak kelenteng di Babel yang masih digunakan sebagai tempat ibadah tatkala mengitari beberapa tempat wisata Bangka Belitung. (fau/dbs/foto: kompastravel)

 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top