Wisata Halal Kota Surabaya (4)

Rumah Batik Surabaya, Surganya Koleksi Motif Batik Jawa Timur

gomuslim.co.id- Batik merupaan salah sati kearifan lokal Indonesia yang unik dan khas, karena setiap daerah di Indonesia memiliki motif batik sendiri. Sejak ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia pada 2 Oktober 2009, batik semakin populer dan semakin dinikmati oleh semua kalangan. Jika dahulu batik hanya dikenakan kala acara resmi dan seragam resmi, kini batik sudah dipadu-padankan dengan berbagai model pakaian dan aksesorisnya yang bisa digunakan pada setiap momen di berbagai kesempatan.

Apalagi dengan ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional yang semakin membuat banyak orang menggunakan batik. Sejumlah anak bangsa juga melakukan berbagai inovasi dengan meluncurkan berbagai mode fashion dengan bahan utama batik. Bahkan sejumlah wisatawan mancanegara juga mengagumi batik Indonesia ini.

Di Jawa Timur sendiri masing-masing kabupatennya memiliki batik motif mereka sendiri. Dan untuk menjaga motif batik tersebut agar tetap lestari dan mengenalkan motif batik yang mereka miliki, sejumlah daerah mendirikan rumah batik yang memuat beragam motif batik. Rumah batik ini tidak hanya dijumpai di daerah Cirebon, Yogyakarta, dan Surakarta yang memang terkenal sebagai penghasil batik, namun juga terdapat di daerah yang lain. Salah satunya di Jawa Timur yang diberi nama Rumah Batik Jawa Timur atau yang juga disebut dengan Rumah Batik Surabaya.

Sejarah Awal dan Rekor MURI

Keberadaan Rumah Batik Jawa Timur ini merupakan prakarsa dari salah seorang pengerajin batik asal Pamengkasan, Madura, Faiqah Ismail. Sejak tahun 2004 ia merelakan rumahnya untuk dikunjungi siapa siapa saya yang ingin berbelanja atau hanya sekedar melihat-lihat koleksi batiknya yang berasal dari daerah-daerah di Jawa Timur. Ada sekitar 2.000 lembar batik dengan beragam corak ia pajang. Batik-batik tersebut juga dibuat dari berbagai  bahan seperti Primis, Prima atau Santio, Sutra, Sarimpit, dan Prishmina. Selain kain batik, ada pula sarung batik, selendang batik, dan juga baju batik yang sudah jadi.

Rumah batik yang sebelumnya berada di Jalan Tambak Dukuh I No.4 RT.01/RW.09 Kelurahan Kapasari Kecamatan Genteng, Surabaya ini memajang berbagai motif batik dari daerah-daerah di Jawa Timur, seperti Bangkalan, Sumenep, Surabaya, Sidoarjo, Ponorogo, Mojokerto, Bojonegoro, Tuban, dan Jombang. Lantaran semakin banyak koleksinya dan semakin banyak pengunjung yang datang, Rumah Batik Jawa Timur akhirnya pindah di Jalan Margorejo No. 143 Surabaya.

Rumah Batik ini juga pernah mendapatkan Rekor MURI karena berhasil membuat batik logo kota Surabaya terbesar. Rumah Batik Jawa Timur juga aktif mengikuti berbagai pameran tingkat regional ataupun nasional dalam rangka mempopulerkan batik Jawa Timur. 

Selain itu, pengunjung pun bisa berkenalan dengan batik dari Sampang, Pemangkasan, Tulungangung, Pacitan, Banyuwangi, Lamongan, Malang, Batu, Jember, dan Kediri. Tak hanya melihat aneka motif batik dari masing-masing daerah di Jawa Timur, pengunjung juga bisa membeli batik-batik tersebut secara riteil ataupun grosir. Di rumah batik ini pengunjung juga dapat menyaksikan proses pengrajin sedang membatik.

Jika anda ingin memesan berbagai bentuk batik, seperti batik cap atau batik lukis untuk instansi anda pun bisa. Apalagi, sudah lengkap dengan logo instansinya pula. Anda juga bisa melihat dan belajar proses pembuatan batik di kursus pembuatan batik yang sengaja di adakan oleh Rumah Batik Jawa Timur.

Rumah batik ini buka Senin sampai Jum’at mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB, sedangkan untuk Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 08.00 sampai 19.00 WIB. Rumah Batik Surabaya juga memberikan anda kesempatan bagi yang ingin tahu proses pembuatan batik dengan cara melakukan interaksi secara langsung. Anda juga dapat memanfaatkan workshop yang laksanakan setiap hari pukul 10.00 sampai 19.00 WIB dengan jam istirahat pukul 12.00 sampai  13.00 WIB. Biaya masuk di rumah batik ini adalah gratis. (fau/kabarsurabaya/dbs/foto: indonesiakaya)

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top