Wisata Halal Garut (2)

Berwisata Religi ke Masjid Bersejarah di Garut

gomuslim.co.id- Selain wisata alamnya, Garut juga menyimpan pilihan destinasi wisata religi. Destinasi tersebut adalah Masjid Agung yang menjadi saksi sejarah perkembangan Islam di Kabupaten Garut. Masjid ini bisa menjadi pilihan destinasi bagi kamu yang sedang atau akan berlibur ke Kota berjuluk kota domba dan dodol ini.

Masjid agung Garut terletak di Kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota, tepatnya di jalan Jend. Ahmad Yani Garut, sebelah barat Alun-alun Garut. Masjid ini menempati lahan yang luasnya 4.480 m2. Masjid ini menjadi masjid utama di kabupaten Garut serta menjadi pusat semua kegiatan keagamaan Islam di Kabupaten Garut. Dahulu, di antara masjid dan alun-alun dipisahkan oleh jalan Alun-alun Barat. Saat ini jalannya dihilangkan sehingga masjid menjadi satu dengan alun-alun.

Sejarah Masjid Agung

Pembangunan masjid agung Garut tidak bisa dipisahkan dengan pembangunan kabupaten Garut. Berdasarkan catatan sejarah, pada tanggal 15 September 1813 pertama kali dibangun sarana dan prasarana ibukota yaitu pendopo, kantor asistén residen, masjid, penjara, dan alun-alun. Tetapi jika melihat nisan kuburan yang terletak di samping masjid agung, masjid ini kiranya dibangun pada tahun 1809 atau bahkan sebelumnya. Hal ini karena pada nisan tersebut tertulis angka tahun 1809. Ada sebuah tradisi pada masa itu bahwa yang disebut kuburan pasti dibuat di dekat masjid layaknya masjid-masjid di Jawa seperti masjid agung di Demak dan Banten.

Berdasarkan catatan di sekretariat DKM Mesjid Agung, perubahan signifikan atas masjid ini terjadi pada tahun 1979 yang mengubah bentuk atap, dari berbentuk lancip diganti memakai kubah dan plat beton.  Bentuk kubah ini diubah kembali secara menyeluruh pada tanggal 10 November 1994 dan diselesakan pada tanggal 25 Agustus tahun 1998. Renovasi terakhir inilah yang mengubah pula arah kiblat dengan bantuan ahli geodesi dari ITB menggunakan Global Positioning System (GPS).

Dari sisi usia sejak pertama kali dibangun di tahun 1809, Masjid Agung Garut ini terbilang cukup tua dibandingkan dengan masjid masjid agung di wilayah tetangganya. Seperti Masjid Agung Kota Tasikmalaya (tahun 1888), Masjid Agung Manonjaya juga di kota Tasikmalaya (tahun 1837), Masjid Agung Bandung (kini menjadi Masjid Raya Bandung) dibangun tahun 1812 dan Masjid Agung Cianjur (tahun 1810), Dari wilayah tetangganya hanya Masjid Agung Sumedang yang dibangun lebih dulu yakni tahun 1721. (fau/inilahgarut/wisatajabar/dbs/foto: singgahkemasjid)

Masjid Agung Garut

Jl. Ahmad Yani, Paminggir, Garut Kota

Kabupaten Garut, Jawa Barat 44118


Back to Top