Wisata Halal Garut (5)

Ini Lima Rekomendasi Kuliner Halal Khas Garut yang Patut Dicoba

gomuslim.co.id- Selain pesona wisata alam dan sejarahnya, Garut juga memiliki banyak kuliner halal yang patut kamu coba. Tak hanya makanan berat seperti nasi liwet, kota ini juga memiliki makanan ringan yang cocok untuk camilan. Berikut gomuslim rekomendasikan lima kuliner halal khas Garut:

1. Dodol Garut

Berkunjung ke Garut kurang lengkap jika belum membawa oleh oleh dodol Garut. Dodol Garut ini sebenarnya ada beragam jenis dan merk serta tersebar di seluruh penjuru kota Garut dan Cipanas. Namun ada satu produsen dodol Garut yang menggunakan merk dodol picnic yang produknya sudah sangat terkenal dan banyak dicari oleh para wisatawan. Dodol picnic dapat kamu temukan di toko oleh-oleh yang ada di kota Garut. Namun jika kamu juga sekalian ingin melihat cara pembuatannya, maka kamu harus datang ke galeri dodol picnic yang berlokasi di Jalan Pasundan, Kota Kulon, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44112.

2. Soto Ayam Garut

Soto, makanan berkuah yang satu ini hadir di beberapa daerah nusantara. Begitu juga dengan Kota Garut yang memiliki soto khas yang penampilannya menggugah selera. Kuah soto ayam di Garut mempunyai rasa asin dan gurih karena terdapat campuran santan kuning pekat mengandung bumbu dan rempah rempah. Kuah soto ayam Garut juga diberi taburan kacang kedelai goreng serta daun bawang sehingga menambah cita rasa khas kuliner ini.

Selain daging, kuah sotonya ditaburi kacang kedelai goreng daun bawang dan sebagainya. Hidangan yang satu ini cocok kamu santap pada saat hujan, karena selalu didangkan hangat-hangat.

3. Nasi Liwet dan Sambal Cibiuk

Kuliner ini menjadi favorit para wisatawan saat berkunjung ke Garut. Nasi  Liwet yang favorit adalah di restoran RM. Asep Strawberry di Jalan Raya Kadungora No.245, Leles Garut. Rasanya yang beda dan penyajiannya yang unik tentu menjadi menu favorit para wisatawan.

Selain itu, ada juga sambal yang banyak dibuat oleh masyarakat yang tinggal di daerah Cibiuk. Konon katanya, resep sambal cibiuk berasal dari Arab. Benar atau tidaknya informasi tersebut tidak perlu diperdebatkan saat ini. Hal yang perlu diketahui, sambal cibiuk ini berbeda dengan jenis sambal lainnya karena dibuat dari bahan berupa tomat hijau, serawung, cabai hijau dan bumbu lainnya. Sambal cibiuk ini walaupun pedas, namun tidak akan menimbulkan rasa panas diperut.

4. Kue Balok Maranti

Inilah camilan khas Garut yang patut kamu coba. Adalah kue balok maranti, kue basah tradisional yang sekilas mirip dengan pukis, namun beda rasa dan beda isiannya. Jika kue pukis bertekstur lembut dan empuk, kue balok ini teksturnya lebih padat dan keras namun tetap saja empuk untuk disantap. Kue balok ini sering dijadikan menu pengganti sarapan oleh sebagian warga masyarakat Garut.

5. Es Goyobod

Minuman khas Garut ini banyak difavoritkan oleh wisatawan karena rasanya menyegarkan. Es goyobod mirip dengan es campur hanya saja ditambah dengan tepung kanji. Minuman ini cocok disantap saat udara di Garut sedang terik. (fau/tempatwisata/dbs/foto: jelajahgarut)

 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top