Wisata Halal Wonosobo (1)

Pesona Bukit Sikunir, Spot Berburu Sunrise Terindah se-Asia Tenggara

gomuslim.co.id- Pesona Indonesia tak henti-hentinya menawarkan destinasi yang memanjakan mata. Satu yang menjadi favorit wisatawan di Jawa Tengah adalah berwisata ke Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau. Tapi, berkunjung ke Dieng  tidak lengkap tanpa mengunjungi Bukit Sikunir Dieng yang terletak di Desa Sembungan.

Bukit Sikunir sebagai salah satu obyek wisata andalan Dataran Tinggi Dieng saat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Banyak hal yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bukit Sikunir Dieng. Salah satu yang paling diincar wisatawan adalah indahnya view sunrise dari Puncak Sikunir yang dikenal dengan Golden Sunrise Sikunir yang fenomenal. Selain itu, dari Puncak Sikunir wisatawan bisa menyaksikan gagahnya gunung-gunung tinggi berderet dikejauhan.

Golden Sunrise Sikunir yang Terindah se-Asia Tenggara

Tak dapat dipungkiri bahwa yang paling utama yang diincar wisatawan saat berwisata ke Bukit Sikunir adalah Golden Sunrise-nya yang indah. Puncak Sikunir bahkan disebut-sebut sebagai tempat strategis untuk mendapatkan spot sunrise terindah dan terbaik se-Asia Tenggara. Hanya di Sikunir, kamu bisa menyaksikan dan menikmati warna jingga keemasan Golden Sunrise di langit fajar menyinari gunung-gunung tinggi yang berselimut kabut.

Spot cantik inilah yang diincar dan dengan sabar ditunggu-tunggu pemburu sunrise di Bukit Sikunir. Secara serentak suara decak kagum dan bunyi jepretan kamera pengunjung mengiringi detik-detik bangunnya matahari dari peraduannya. Sungguh fenomena alam yang pantas mendapat pujian siapa saja, terutama pemburu sunrise dan pecinta fotografi. Fenomena Golden Sunrise Sikunir inilah yang membuat Bukit Sikunir menjadi tempat wisata yang sangat diminati dan layak diperhitungkan dalam destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng.

Lalu, kapan wkatu terbaik mengunjungi Bukit Sikunir Dieng?

Sebenarnya mengunjungi Bukit Sikunir untuk melihat sunrise Sikunir bisa kapan saja karena bentuk sunrise Bukit Sikunir tiap waktu berbeda-beda. Jika kamu ingin melihat Golden Sikunir dengan jelas tanpa tertutup kabut dan awan, datanglah pada musim kemarau antara Juli sampai Oktober. Pada bulan-bulan ini cuaca jarang mendung dan kabut tidak tebal. Ini adalah waktu terbaik untuk mendapatkan spot warna keemasan Golden Sunrise Sikunir dengan jelas.

Jika kamu datang pada bulan-bulan berikutnya, yaitu bulan November sampai Februari, sunrise akan diselimuti kabut dan awan pekat. Sebenarnya view sunrise tertutup kabut dan awan pekat tidaklah jelek. Gradasi warna gelap awan mendung dan jingga keemasan sunrise juga terlihat indah bagi beberapa orang.

Selain itu,  terkadang akan muncul pelangi jika sebelumnya turun hujan atau gerimis. Datang pada bulan-bulan berikutnya, yaitu bulan antara Maret sampai Juni atau menjelang musim kemarau juga tidak akan mengecewakan Anda. Pada bulan-bulan ini sunrise hanya ditutupi kabut dan awan tipis. Lukisan gunung-gunung tinggi berselimut kabut tipis yang diinari sunrise di pagi hari tidak kalah cantik dengan sunrise di musim kemarau. Jadi, kapan saja kamu akan tetap bisa menikmati sunrise dengan karakter berbeda tiap bulannya.

Lokasi dan Akses Menuju Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir Dieng adalah bukit kecil fenomenal yang terletak di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng pada ketinggian 2.263 mdpl. Tepatnya sebelah Timur Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Desa Sembungan sendiri merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan ini memungkinkan wisatawan leluasa memandang alam Dataran Tinggi Dieng dari ketinggian. Di kaki Bukit Sikunir, kamu akan berjumpa dengan Telaga Cebong yang indah dengan airnya jernih dan akan lebih indah lagi memandang Telaga Cebong dari Puncak Sikunir.

Bukit ini tak pernah sepi dari para pengunjung setiap hari yg ingin melihat panorama sunrise. Jalan menuju bukit sikunir dieng dapat ditempuh dari arah dieng untuk sampai ke desa sembungan sekitar 15 menit. Jalur pendakian bukit sikunir dieng dari sembungan untuk mendaki sampai ke atas bukit diperlukan waktu sekitar 20 menit. Sebaiknya jika ingin ke bukit ini berangkat pada pukul 03.00 WIB dan dalam perjalanan yang biasanya relatif macet membutuhkan waktu lebih dari setengah jam, sehingga dan waktu yang pas untuk melihat sunrise adalah sekitar pukul 05.00 WIB.

Adapun, rute sikunir jika dari arah wonosobo dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar 1 jam. Jika kamu  tidak tahu rute menuju sikunir bisa simak panduan kami dari wonosobo ke sikunir. Pertama, kamu arus menuju ke alun-alun wonosobo kemudian ambil jalur jalan Dieng. Telusuri jalan tersebut hingga sampai ke pertigaan dieng. Setelah sampai di pertigaan lalu ambil jalur ke kiri. Telusuri jalan tersebut hingga sampai ke lokasi wisata gunung sikunir.

Jarak dari pertigaan hingga sampai ke bukit sikunir sekitar 6 km. Selama perjalanan anda akan melewati beberapat tempat wisata seperti telaga warna. Jika kamu masih bingung, kamu juga bisa memesan pemandu wisata atau ikut paket  tour bersama rombongan teman atau keluarga. (fau/wisatadieng/dbs/foto: dieng.me)

 

Komentar

  • Annisa Fauziah

    29 Januari 2018

    Komentar

    MasyaAllah, indah bangett yaa Semoga tahun ini saya bisa jalan2 kedieng bareng keluarga dan suami saya juga. Aaamiin ya Allah ya Rabbal Alamiin.... 😂😁😁😁🤗🙏🙏🙏


    Reply






















Tulis Komentar

Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top