Wisata Halal Wonosobo (3)

Telaga Warna, Destinasi dengan Fenomena Alam yang Mempesona di Wonosobo

gomuslim.co.id- Satu lagi destinasi di Wonosobo yang menjadi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Landscape alam yang mempesona ditambah sejarah di baliknya membuat destinasi yang satu ini menjadi wajib bagi wisatawan yang singgah di Wonosobo.

Telaga Warna, salah satu objek wisata yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Wonosobo. Nama Telaga Warna sendiri diberikan karena keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini, yaitu warna air dari telaga tersebut yang sering berubah-ubah.

Terkadang telaga ini berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat sinar Matahari mengenainya, maka warna air telaga tampak berwarna warni.

Keindahan Alam

Telaga warna dieng terletak di ketinggian 2000 meter diatas permkaan laut. Telaga tersebut juga dikelilingi oleh bukit bukit yang indah yang cocok sebagai tempat untuk refreshing. Jika anda ingin mendapat sensai keindahan yang lebih, kamu bisa menaiki salah satu bukit yang ada di telaga warana. Selaal in itu, yang paling populer yaitu bukit ratapan angin.

Adapun, waktu yang paling di rekomendsaikan untuk mengunjungi telaga warna adalah pada waktu pagi hingga siang hari. Karena, jika kamu berkunjung di sore hari kemungkinan kawasan telaga di selimuti dengan kabut. Jika kamu berkunjung ke telaga tersebut pada waktu pagi hingga siang maka anda akan bisa melihat telaga yang benar benar berwarna, karena pada waktu tersebut pancaran sinar matahari sedang terik teriknya.

Lokasi dan Akses Menuju Telaga Warna

Alamat telaga warana terletak di Dieng Wetan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk menuju lokasi ini anda bisa menggunakan kendaraan umum berupa bus jurusan wonosobo dieng. Selain menggunakan kendaraan umum anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Rute menuju telaga warna bisa  dimulai dari alun-alun kota wonsobo. Setelah anda sampai di alun-alun kota Wonosobo, langsung menuju ke jalan dieng yang lokasinya berada di sebelah barat alun-alun.

Setelah itu ikuti terus arah jalan dieng tersebut ke utara hingga sampai ke kawasan wisata deing. Sesampainya di kawasan wisata dieng anda akan menemukan sebuah pertigaan besar, lalu kamu ambil kiri untuk menuju ke telaga warna. Jalur yang kekanan merupakan jalan arah banjarnegara.

Setelah ambil jalur kiri, sebentar lagi anda akan sampai ke telaga warna. Jarak dari pertigaan sampai telaga warna sekitar 1 km.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke telaga warna, maka kamu harus turun di pertigaan tersebut. Setelah turun lalu anda jalan kaki. Jika tidak mau jalan kaki kamu bisa menggunakan jasa ojek yang ada di sekitar destinasi wisata ini. (fau/dieng.me/dbs/foto: mytrip123)

 


Back to Top