Wisata Halal Bandung (4)

Inilah Tiga Curug Indah di Kota Bandung

gomuslim.co.id- Karena jaraknya yang dekat dengan Jakarta, Bandung masih menjadi destinasi favorit untuk liburan dengan waktu singkat. Karena itu, Banudng selalu punya hal menarik untuk dinikmati dan dikunjungi. Selain unggul dengan wisata kulinernya, Kota Kembang juga terkenal dengan wisata alam yang memanjakan mata, salah satunya adalah wisata curug. Kota ini memiliki banyak curug yang menjadi destinasi favorit wisatawan, berikut adalah tiga curug indah di kota Bandung yang patut kamu kunjungi saat singgah ke kota ini:

1.      Curug Dago

Curug ini terletak di Kampung Curug Dago, Cidadap. Tempatnya sedikit tersembunyi, tetapi aksesnya dekat dengan Terminal Dago. Curug ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda. Di antara objek wisata di Tahura Djuanda, Curug dago ini paling jarang dikunjungi. Terletak di ketinggian sekitar 800 m di atas permukaan laut, Curug Dago juga menyimpan jejak sejarah bagi Kerajaan Thailand.

Tak jauh dari lokasi air terjun, terdapat dua prasasti batu tulis peninggalan sekitar tahun 1818. Menurut para ahli sejarah, kedua prasasti tersebut konon merupakan peninggalan Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) yang pernah berkunjung ke Curug Dago.

2.       Curug Maribaya

Curug ini terletak di Desa Maribaya, Lembang, Bandung Barat. Curug Maribaya terdiri dari Curug Cigulung, Curug Cikoleang, Curug Dago, dan Curug Cikawari yang berketinggian sekitar 15 m.

Curug Maribaya Lembang berlokasi di dalam kawasan Taman Wisata Maribaya. Letaknya hanya berjarak sekitar kurang lebih 15 kilometer dari arah pusat kota Bandung, atau sekitar membutuhkan waktu berkendara kurang dari 1 jam.

Lokasinya juga sangat dekat dengan tempat wisata di Lembang terkenal lainnya seperti The Lodge Maribaya dan wisata ala cowboy De’ Ranch. Sementara Taman wisata Maribaya sendiri lokasinya berada di sebelah utara Kota Bandung, tepatnya berlokasi di sebelah timur Lembang.

3.      Curug Cimahi (Rainbow Waterfall)

Curug yang sering disebut curug pelangi ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, Cisarua, Bandung Barat. Curug Cimahi terletak sekitar 10 km di utara Kota Bandung, tepatnya di kota Cimahi bisa ditemui setelah melalui Jalan Sersan Bajuri ke arah Universitas Advent Indonesia menuju ke terminal Parongpong. Tinggi curug ini sekitar 75 meter. C

Curug ini merupakan salah satu curug yang sangat terjaga kebersihannya.Lokasi dari air terjun pelangi di Bandung ini masih sama dengan curug cimahi, di daerah Parongpong. Cara menuju lokasi mudah kok. Bisa via jalan sersan bajuri di pertigaan terminal ledeng, jalan alternatif via ciwaruga, ataupun jalan alternatif via Cimahi-Parongpong.

Harga tiket masuk ke curug ini adalah Rp 12.000 untuk masuk curug cimahi sebelum jam 17.00 WIB, dan Rp 15.000 jika masuk setelah jam 17.00 WIB (air terjun pelangi). Tempat wisata air terjun di Bandung ini buka sampai dengan pukul 21.00 WIB. (fau/infobdg/tempatwisata/dbs/foto: wisatabdg/nativeindo)

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top