Wisata Halal Kota Balikpapan (1)

Berwisata Alam di Hutan Magrove Margomulyo Kota Balikpapan

gomuslim.co.id- Berwisata ke Balikpapan, Kalimantan Timur tidak lengkap rasanya jika tiak berkunjung ke destinasi wisata alam yang satu ini. Berkonsep hutan buatan, destiansi ini menjadi ikon baru bagi dunia pariwisata di kota Balikpapan.

Adalah Hutan Magrove Margomulyo, hutan yang berlokasi di  samping gedung SMA ini terdapat gang yang seluruh jalanannya terbuat dari jembatan kayu. Kamu hanya perlu mengikuti jalur jembatan ini hingga menemukan pintu gerbang menuju kawasan hutan mangrove Margomulyo.

Kendati ada bilik kecil semacam loket tempat penjualan tiket, namun memasuki gerbang ini tidak perlu membayar tiket. Gerbang ditunggui warga pengawas hutan. Cukup merogoh kocek seiklasnya bagi si penjaga pintu bila ingin melewati gerbang sebagai penghargaan untuk yang menjaga dan merawat kawasan itu. Anda cuma punya dua kewajiban utama saat di tempat ini: Jangan buang sampah sembarangan dan jangan ambil apapun, kecuali gambar.

Hutan mangrove RT 42 Margomulyo bikinan warga sekitar yang dinamai Kelompok Tani Tepian Lestari bekerja sama dengan Balai Lingkungan Hidup. Dibangun pada tahun 2002 dilatari terusiknya warga yang mayoritas menggantungkan hidupnya dari habitat yang ada di balik rerimbun mangrove.

Kawasan seluas 16,8 ha ini telah dibebaskan oleh pemerintah kota Balikpapan, dan dijadikan destinasi kawasan konservasi tumbuhan bakau. Pohon-pohon tersebut ada yang telah tumbuh lama di kawasan ini, namun ada juga pohon baru, berupa bibit, yang merupakan hasil sumbangan dari berbagai pihak dalam program konservasi mangrove. Hutan mangrove kota Balikpapan dibentuk sebagai fungsi konservasi, taman kota, wisata alam, pendidikan lingkungan, penelitian, dan pengembangan serta menambah habitat bagi flora dan fauna.

Harga Tiket

Walaupun ada  sebuah bilik kecil seperti loket tempat untuk penjualan tiket, Gerbang ini ditunggui warga pengawas hutan. sampai di gerbang ini tidak ada harga tiket masuk hutan mangrove margomulyo namun hanya  dengan merogoh kocek seiklasnya bagi si penjaga pintu jikalau berkeinginan lewat melalui gerbang sebagai penghargaan untuk yang menjaga dan merawat wilayah itu. kamu hanya punya dua keharusan utama ketika berada di daerah ini yaitu Jangan membuang sampah sembarangan dan juga jangan mengambil apa saja, selain gambar.

Beberapa masyarakat apalagi anak muda Balikpapan, sering kali berlibur di wilayah konservasi hutan mangrove ini. Sebab cantiknya panorama disekitar, pohon mangrove yang rindang, dengan jembatan yang mengitari hutan ini ditambah sunset di petang hari bikin kamu para remaja menciptakan wilayah ini sebagai daerah untuk berfoto-foto. Di wilayah ini terdapat gazebo atau rumah-rumah kecil sebagai daerah untuk istirahat para pelancong serta juga menara pkamung sebagai daerah untuk memperhatikan panorama wilayah hutan mangrove ini dari atas. (fau/infobalikpapan/wisataceria/dbs/foto:kota-balikpapan)

Alamat  Hutan Mangrove Margomulyo:

Dibelakang SMU Negeri 8

AMD Gunung Empat, RT 42, Kelurahan Margomulyo,

Kecamatan Balikpapan Barat, kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Buka : 08.00 – 17.30 WIT

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top