Sukses Seperti Membuka Tutup Botol

“Laksana membuka tutup botol minum, kalau kamu tidak tau caranya, kamu akan injak, banting, tekan, padahal kamu tinggal buka tutup botolnya.”

(dr. Gamal Albinsaid)

 

Bismillahirrahmanirrahim…

Kawanku semuanya, dengan penuh kerendahan hati, izinkan saya berbagi pengalaman ini. Selain bercita-cita menjadi seorang dokter, saya juga punya 4 mimpi baru, peneliti, wirausaha, motivator, dan wirausaha sosial. Tatkala saya ingin menjadi peneliti saya datang kepada senior saya yang paling berprestasi. Saya pelajari cara ia mengumpulkan data, melaksanakan penelitian, menulis gagasan, berkonsultasi dengan dosen, mental penelitinya, sampai mempublikasikan hasil penelitiannya. Saya lakukan apa yang dia lakukan, dengan pertolongan Allah saya dapatkan 12 penghargaan ilmiah dalam 1 tahun.

Tatkala saya memutuskan ingin menjadi motivator, saya datang ke ruang guru, dr. Arief Alamshyah Nasution, saya katakan padanya “Dok, saya ingin jadi motivator”. Lalu beliau ajak saya berkeliling, ajarkan saya cara menikmati setiap lantunan kata, ajarkan saya cara menginspirasi. Saya catat ilmu dan nasehatnya. Dengan pertolongan Allah, 4 tahun kemudian saya menjadi pembicara lebih dari 14 negara, 4 benua, termasuk 2 dari 3 universitas terbaik dunia. Semua berawal dari keinginan saya belajar ke orang terbaik di dekat saya. Jangan sia-siakan orang hebat di sekitar kita kawan.

Tatkala saya ingin menolong orang, saya datang ke ruang guru saya, dr. Rita Rosita, saya pelajari cara beliau memahami masalah, berfipir, mengembangkan ide, berbicara dengan masyarakat, mengajak mereka melakukan kebaikan, dan istiqomah dalam kebaikan. Apa yang terjadi 4 tahun kemudian? Inovasi sosial yang kami kembangkan menginspirasi banyak orang dan menghantarkanku mendapatkan penghargaan kehormatan dari Kerajaan Inggris setelah mengalahkan 511 pengusaha dari 90 negara.

Tatkala saya ingin menjadi wirausahawan, saya datang kepada kakak saya dan mempelajari cara beliau berpikir, menangkap peluang, mengambil risiko, lalu saya lakukan hal yang sama. Kemudian, dengan pertolongan Allah, dalam 3 tahun perusahaan yang kami kembangkan mendapatkan lebih dari 30 penghargaan dalam dan luar negeri.

Kawan, seperti membuka botol, kalau tidak tahu caranya, kamu akan tekan, banting, injak, padahal kamu tinggal buka tutup botolnya. Jangan sia-siakan orang hebat di sekitarmu. Jika kamu lakukan apa yang orang berhasil itu lakukan, kamu akan mendapatkan apa yang ia dapatkan. Kalau kamu lakukan lebih, kamu bisa dapatkan lebih.

Jika Anda bisa menemukan apa yang sungguh-sungguh Anda inginkan, lalu mencari tahu bagaimana orang telah pernah mencapai apa yang Anda inginkan dan Anda lalu mengerjakan apa yang telah mereka kerjakan, Anda akan mendapatkan hasil yang sama. Akhir kata, Fas alu ahla dzikri, in kuntum la tak lamun, tanyakan kepada yang mengetahui, jika kamu tidak mengetahui.

 

“Jika kamu melakukan apa yang orang berhasil itu lakukan, kamu akan mendapatkan apa yang ia dapatkan. Kalau kamu lakukan lebih, kamu bisa dapatkan lebih.”

(dr. Gamal Albinsaid)

 

 

 


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top