Noura: Girlband Hijabers

Bersyi’ar Lewat Syair

‘Bersyiar Lewat Syair’

Hal itu yang menjadi misi utama dari sebuah grup musik perempuan berhijab yang satu ini. Berawal dari pertemanan sesama profesi model, para personil Girlband ini mengangkat lagu-lagu religi dengan gaya musik pop dan fashion hijab yang cantik.

Adalah Noura, grup musik yang beranggotakan empat orang perempuan berhijab dengan mengusung tema  'Hijabers Pop' atau Hi-Pop concept Syi'ar. Noura diambil dari kata ‘nawrah’ yang dalam bahasa Arab bermakna bermekaran atau merekah, yang juga terinspirasi dari kata ‘nur’ (bahasa arab) berarti cahaya. Jika makna dari kedua kata tersebut digabungkan, nama ‘Noura’ mengandung arti cahaya yg merekah. Itulah yang menjadi harapan dari grup Hi-Pop (Hijabbers Pop) Noura yang berada di bawah naungan label musik Trinity Optima Production.

Andrey Noorman, tim Trinity Optima Production menjelaskan Hijabbers Pop atau Hi-Pop merupakan sebuah konsep bersyiar dalam syair yang ringan dengan tema-tema populer keseharian. Penyampaiannya pun tidak berkesan menggurui dan dilantunkan dengan musik berirama pop.

Noura memiliki empat personel, yaitu Sasa, Ussiy Fauziah, Nina Septiani, dan Lalili Meutia. Sebelum terjun menjadi penyanyi, mereka mengaku sering mengikuti ajang model muslimah. Keempatnya sudah mengenal satu sama lain sekitar tiga tahun yang lalu dan bergabung dalam satu agensi model yang sama. Kemudian mereka dipertemukan untuk membentuk grup vokal pada 2014 lalu.

Single perdana yang berjudul “Kekasih Halalmu (The Only One)” menandai resminya Noura memasuki industri musik Indonesia pada tanggal 13 Maret 2014. Jika band bergenre pop lainnya bisa mengeluarkan berbagai single yang bernuansa galau, tidak untuk Noura. Keempat personel menegaskan tidak ingin mengeluarkan lagu yang akan membuat wanita semakin putus asa dan terlena hanya karena cinta. Grup vokal ini tidak mengeluarkan lirik yang membuat wanita semakin bimbang atau sedih dengan perasaannya. Meskipun lagu yang dirilis tentang cinta tapi harus memotivasi. Dalam setiap lagu juga harus memiliki sentuhan Islam di dalamnya tapi tetap dengan bahasa yang ringan.

Ussy Fauziah, ketua Noura mengatakan sebenarnya lirik 'Kekasih Halalmu' tidak terlalu  religious, tapi bermakna. Lagu ini ditujukan kepada para pria agar tidak main-main tapi juga serius dalam hubungan. Jadi pesannya juga dapat tanpa kita dorong secara frontal, sehingga Noura bisa memosisikan diri untuk bersyiar lewat syair.

Lagu-Lagu Religi Sarat Makna

Single “Kekasih Halalmu (The Only One)” menceritakan tentang sebuah cinta yang halal, yang bukan untuk dipermainkan. Menurut sang pencipta lagu, Ogenagoro, maksud kekasih disini bukan berarti pacar ya. Disini kata ‘kekasih’ mempunyai arti ‘orang yang terkasih’. Liriknya sudah jelas; wanita mempelihatkan sikap yang tegas tentang cinta, tidak dengan main-main. Pesannya, jika ingin  terlibat dalam percintaan, harus dibuat halal. Sedangkan, musik lagu ini berkonsep akustik, vocal yang jernih (clean voice), harmonisasi suara menjadikan lagu ini semakin menarik, sehingga pesannya dapat tersampaikan dengan mudah.

Sedangkan, dalam rangka menyambut bulan Ramadhan tahun 2014 lalu, Noura merilis single religi berjudul 'Andai Ku Tahu', yang merupakan sebuah remake. Lagu Andai Ku Tahu adalah salah satu lagu religi yang menggebrak dunia pop yang maknanya sangat dalam, tapi tetap disampaikan dengan lirik yang sederhana dan mudah dipahami. Single  ini milik band Ungu, 'Andai Ku Tahu' diciptakan oleh Pasha (vokalis Ungu).

Selain itu, single terbaru Noura yang rilis akhir tahun lalu adalah berjudul “Cinta Sekali Saja”. Lagu yang diciptakan dengan melodi yang ringan dan lirik yang romantis oleh musisi muda Frans Maynard Simanjutak ini, bercerita tentang mencintai seseorang yang sejatinya hanya mencintai sekali dalam seumur hidup.

“Lagu ini seperti menjawab lagu single kita yang sebelumnya, Kekasih Halalmu, yang menemukan cinta satu kali dalam hidup, yaitu kekasih halal itu tadi”, jelas Nina tentang single terbaru mereka.

Secara aransemen musik, lagu ini pun dikemas dengan manis dan rapi oleh Ari Aru Renaldi, seorang music director handal yang pernah menggarap beberapa artis besar Indonesia seperti Tulus, Vidi Aldiano, Ungu dan lainnya, ditambah harmonisasi vokal personil Noura yang apik, membuat lagu ini terdengar sangat cantik di telinga.

Saat ini, Noura aktif menjadi pengisi acara-acara offair dan onair untuk mempromosikan singlenya. Mereka biasa menyapa para penggemar melalui media sosial, seperti Twitter @NouraHipop_ID dan  Instagram NouraHipop_ID. (fau/nouraofficial)

 

 


Komentar

Tulis Komentar


Back to Top