Zaskia Mecca dan Tasya Medina

Hijab Bawa Berkah Dua Muslimah Bersaudara

Jakarta, (gomuslim). Berhijab itu selalu membawa berkah, apalagi bagi public figure. Sudah banyak kisah untuk disebutkan. Salah satunya kisah pengalaman Zaskia Adya Mecca dan kakaknya Tasya Nur Medina.

Berawal dari seminar ESQ, sebuah moment acara islami, Zaskia A. Mecca dan Tasya Nur Medina jadi salah satu pesertanya, meski beda kelas. Zaskia datang dengan pakaian muslimah lengkap dengan hijabnya. Hari kedua, tiba-tiba ada semacam jebakan batmen, pembawa acara mengumumkan kepada semua peserta kalau Zaskia baru saja memantapkan hati untuk mengenakan hijab. Ketika diminta maju untuk memberikan keterangan, di benak Zaskia sudah terbersit kalimat penjelasan bahwa hijabnya ini lantaran karena ingin menghormati acara ESQ. Namun siapa sangka, sebelum ia sempat bicara, pembawa acara memimpin bacaan Al Fatihah untuk mendoakan Zaskia untuk istiqomah berhijab.

“Karena sudah dapat doa dari semua jamaah rasanya nggak tega buat bantah. Ya sudah, Bismillah aku niatkan, mungkin sudah jalan saya,” tutur jebolan fakultas psikologi Universitas Paramadina ini.

 

Barangkali karena ada nuansa jebakan untuk berhijab ini, Zaskia punya ide untuk membuat film di kemudian hari. Kelak sedasawarsa muncullah film karyanya bergenre drama komedi berjudul Hijab di awal 2015 yang digarap Dapur Film di penghujung 2014 lalu.

Sejak sebulan berhijab, ada casting sinetron Kiamat Sudah Dekat (3003) yang sebelumnya sudah diangkat ke layar lebar. Zaskia lulus casting sebagai pemeran Sarah. “Alhamdulillah lolos,” kenangnya. 

Berkah itu yang ia rasakan sejak berhijab. Lalu tak sampai tiga bulan, ia sudah jadi pesohor. Sejak itu ia bermain dalam beberapa judul film religi. Sebut saja Ayat-Ayat Cinta (2007),  yang diangkat dari dari sebuah novel, Kun Fayakun (2008) karya ustadz Yusuf Mansyur, Doa Yang Mengancam (2008) dan Sang Pencerah (2010).

Terakhir berperan sebagai Sari, salah seorang tokoh utama, dalam film Jilbab (2015). Film buah karya idenya ini mengisahkan empat orang perempuan yang memiliki problematika kehidupan rumah tangga. Mereka ingin hidup mandiri tidak bergantung pada suami dengan membuka bisnis online—jualan Hijab.

Pengalaman Zaskia berhijab itu rupanya mendorong kakaknya Tasya Nur Medina untuk memutuskan berhijab pula.

 “Aku udah mantep untuk berhijab, saat mama aku tahu aku sudah niat berhijab dia sangat terkejut dan menanggis, Bia (Zaskia) pun ikut terkejut, padahal Bia dulu yang mulai hijrah berhijab,” kata wanita istri aktor ganteng, Ferry Ardiansyah.

 

Tasya mengaku lebih nyaman dengan berpakaian hijab. Siapa sangka, niat yang mulia ini dibayar oleh Allah dengan luar biasa. Tasya mendapat kesempatan menunaikan ibadah umrah untuk pertama kalinya bersama ibu, adiknya Zaskia dan neneknya. Zaskia bercerita saat pertama melihat Ka’bah ia terkagum-kagum dengan bangunan Ka'bah yang sederhana tapi menakjubkan itu. Sementara dari berumrah itu Tasya punya kenangan ditahan oknum pegawai Imigrasi Arab Saudi bukan karena soal kelengkapan legal imigrasi, tapi si oknum kepincut ke Tasya dan melamarnya dengan mahar berapapun diminta.

Belakangan dua suadara berhijab ini menggeluti usaha fashion, butik muslimah, lengkap dengan hijabnya. Brandnya, Meccanism, ambil nama belakang Zaskia. Ups.. Meccanism yang di dalam film Hijab ternyata bukan fiktif, ya! [boz]

 


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top