Raef Haggag

Dari Guru SMA Hingga Musisi Ternama

Jakarta, (gomuslim). Raef Haggag. Pria berkelahiran Washington DC, 8 Agustus 1982, kembali meramaikan dunia musik Indonesia setelah merilis album religi berduet dengan salah satu band papan atas Indonesia, D’masiv. Pria berdarah Afro-Amerika ini, menjadi salah satu penyanyi idaman di Indonesia setelah pada tahun 2014  ia merilis album perdananya yang berjudul the Path dan terjual lebih dari 15.000 copy, hingga mengantarkannya mendapatkan penghargaan Musik Nasheed Award 2015.

Raef yang juga satu manajemen dengan Maher Zein dan Irfan Makki di Awakening Records, perusahaan rekaman ternama asal Inggris yang mempromosikan talenta muslim modern, mulai dikenal masyarakat luas setelah membawakan lagu berjudul Home dan You Are the One. Melalui lagu tersebut, Raef mengaku ingin mempromosikan nilai-nilai Islam dalam bahasa universal tanpa terkesan mendoktrin pendengarnya. Dalam lagu Home misalnya, ia menggambarkan kecintaan pada negeri tempat ia tinggal, sekaligus menceritakan identitas warga muslim di Barat. Adapun lagu You Are the One menjadi lagu spesial karena berisi pengalaman pribadi Raef ketika melamar istrinya, Abeer.

Namun, dengan segudang prestasi dan kemampuan musikalitas yang ia milik, tak banyak yang mengetahui sepak terjang Raef mengarungi hidup yang sulit hingga menjadi terkenal seperti sekarang ini. Padahal, karya-karya Raef banyak terispirasi dari kehidupan sehari-harinya. Tak hanya itu, lirik-lirik disemua lagu-lagunya yang kental dengan pesan optimis, penuh metafora, citra puitis dan Introspektif, juga terpengaruh dari kehidupan pribadinya.

Raef Haggag dahulu pernah mengenyam pendidikan sarjananya di University of Maryland, Amerika Serikat, dengan mengambil jurusan Ilmu Komputer hingga lulus pada tahun 2005. Sejak kecil ia gemar pergi memancing dan berkemah dengan keluarga dan teman-temannya. Kemudian, Raef bekerja sebagai insinyur perangkat lunak, pengembangan perangkat lunak keamanan untuk New York Stock Exchange. Tak lama setelah itu, Raef tiba-tiba berhenti dari pekerjaan pemrograman komputer untuk bekerja sebagai full-time guru SMA 2005-2013.

Sejak di bangku perkuliahan, Raef aktif bernyanyi pada suara tenor di kelompok acapella komedi kampus. Bakat musikalitanya mulai diuji ketika ia memutuskan untuk fokus pada penulisan lagu hingga akhirnya memberanikan diri untuk mengamen di stasiun metro dan tampil di kedai kopi lokal. Dia mulai diperkenalkan ke pulik setelah band rock trio "Great Seneca" berkeliling Amerika Serikat sebagai bagian dari kampanye "Suara untuk Perubahan". Raef juga bergabung dengan "Poetic Vision Tour"; sebuah band yang anggotanya gemar melayani komunitas Muslim Amerika.

Dari sanalah awal mula kesuksesan Raef hingga berkembang menjadi salah satu penyanyi idola di Amerika, Indonesia, Malaysia, dan Inggris. Selama berkarir di dunia musik, Raef telah merilis 12 lagu yang kesemuanya terkumpul dalam album the Path. Selain itu, sejak tahun 2011 ia juga aktif meng-cover sejumlah lagu musisi ternama seperti It’s Jumuah (Rebecca Black), Redemption Song (Bob Marley), Your Mercy (Maroon 5), I’m Yours (Jason Mraz), With You (Chris Brown), dan Man In The Mirror (Michael Jackson).

Selama beberapakali datang ke di Indonesia, Raef pernah tampil di acara pembukaan muktamar ke-33 Nahdlatul (NU) di Jombang, Jawa Timur. Kemudian, konser di beberapa kota untuk promo album the Path, tampil di Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, hingga menjadi tamu undangan untuk 33 episode dalam program spesial ramadhan the Journey of a Backpacker. Dan yang terbaru adalah ia bersama D'masiv tampil di acara Dahsyat beberapa jam yang lalu untuk mempromosikan lagu religinya yang berjudul thola'al Badru.  

 


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top