Eri Heriawati

Ikhlas dan Optimis Jalani ‘Passion’, Kunci Sukses Kembangkan Annisa Travel

(gomuslim). Sejak tahun 2003, dia merintis sebuah travel agent bernama Annisa Travel. Tidak mudah membangun sebuah perusahaan tour and travel di masa itu, selain persaingan dengan perusahaan lain, dia juga dituntut untuk terus maju meski beberapa kali sempat mengalami kemunduran. Memimpin sebuah travel agent, bagi ibu tiga anak ini menjadi pengalaman baru yang memang sesuai dengan passion-nya. Dialah Eri Heriawati, Direktur Utama Annisa Travel yang sudah berkembang selama puluhan tahun tersebut.

Kepada gomuslim, Erika bercerita, awal mula ia mendirikan travel agent ini adalah karena ia ingin lebih dekat dengan keluarganya, yaitu fokus menjadi istri dan ibu. Akhirnya, setelah 20 tahun bekerja di sebuah perusahaan Airlines terkemuka di Indonesia, dengan berani ia memutuskan untuk resign. Keputusannya ini menjadi awal baru bagi karirnya bersama keluarga untuk mengembangkan Annisa Travel, apalagi selama bekerja di Airlines tersebut, Erika juga sering dipindah-tugakan ke berbagai divisi. Hal tersebut  membuat Erika paham betul tentang dunia usaha perjalanan, seperti ticketing, visa, dan hal-hal lainnya.

“Awalnya tidak mudah mengembangkan Annisa Travel untuk bisa bertahan sampai sekarang. Saya pribadi suka sekali dengan bidang ini dan Alhamdulillah mempunyai pengalaman serta link untuk dunia ini. Karena itu, jika ada kendala di perjalanannya, saya ikhlas dan sebenarnya itu bukan kendala bagi saya, tapi hal baru yang membuat saya terus belajar. Prinsip saya, bekerja itu sekolah, bukan untuk cari uang, jika ada keuntungan itu bonus dari Allah, “ jelas wanita yang akrab disapa Erika ini.

Annisa Travel adalah sebuah nama perusahaan travel agent yang dikelola oleh PT. Radian Kharisma Wisata (RKW), yang merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang Jasa Perjalanan (Travel). Sejak Awal didirikan PT. RKW di jalankan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggannya di bidang Jasa pelayanan perjalanan baik Domestik dan Internasional. Travel agent ini menyediakan pelayanan wisata dengan konsep pelayanan one-stop service untuk domestik dan Internasional. Selanjunya PT. RKW mengembangkan fasilitas layanan dengan berbagai macam paket Ticketing Service, Hotel Reservation dan Tour Guides, dengan memberikan informasi yang komprihensif dan akurat mengenai keparawisataan yang kami miliki kepada kepada pelanggan.

Selanjutnya, untuk memenuhi pasar yang lebih spesifik, PT. RKW pada tahun 2005 memulai mengembangkan produk layanan yang bersifat keagamaan khususnya untuk memenuhi kebutuhan Umat Muslim dalam memenuhi kewajiban Rukun Islam yang ke-5 yaitu Umroh dan Haji, juga program pelayanan lain yang terpadu dalam paket-paket pelayanan perjalanan baik untuk tujuan dalam maupun luar negeri mellaui Annisa Travel.

Pada perjalannya, Annisa Travel pun sudah melekat di hati para jamaah Haji dan Umrah, juga peminat wisata halal atau yang sering disebut dengan paket wisata muslim tour. Annisa Travel yang mengusung branding One Stop Travel Service ini memberikan banyak layanan untuk menunjang perjalanan para wisatawan dan juga para calon jamaah haji dan umroh. Kata Erika, salah satu hal yang membuat Annisa Travel ini berbeda dengan travel yang lain adalah paket wsiata perjalan itu dirancang dengan baik dan bermanfaat. Tidak hanya destinasi wisata, tapi juga pelajaran sejarah yang sarat makna, sehingga ketika para jamaah pulang ke tanah air ada hal baru dan kisah hikmah yang bisa mereka bawa pulang.

“Intinya kami itu mengembangkan branding Travel Syariah, yaitu semua hal yang berkaitan dengan rencana perjalanan diatur dengan baik, pilihan produk halal, dan juga tujuan wiusata yang bermanfaat. Saat ini banyak calon jamaah yang me-request Annisa Travel untuk membuat paket wsiata umroh plus muslim tour. Untuk itu, kami pun banyak sekali paket-paket wisata ke luar negeri, seperti Aqsho, Maroko, Spain, dan lainnya, “ tambahnya.

Selain itu, tahun ini Annisa Travel juga sedang mengembangkan paket wsiata baru yang diperuntukkan bagi anak muda, berupa paket backpacker. Kata Erika, paket ini disiapkan agar mempermudah anak muda yang ingin melakukan perjalanan religi baik ke pelosok nusantara, maupun ke berbagai Negara.

Bekerja dan beramal

Perkembangan Annisa Travel saat ini juga dibarengi dengan kegiatan sosial yang Erika dan tim lakukan. Melalui program CSR-nya, Annisa Travel mengembangkan sebuah yayasan bernama Rumah Mabrur yang berlokasi di lantai bawah Kantor Annisa Travel di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Rumah Mabrur menjadi sarana mendidik umat, khsusunya para ibu dan anak-anak dalam pengajian.

Rumah Mabrur mempunyai dua kegiatan, di antaranya Rumah Mabrur kegiatan pengajian Alquran dan Tausiyah untuk para ibu dan Rumah Mabrur Rumah Tahfidz, untuk anak-anak yang tinggal di lingkungan sekitar kantor Annisa Travel. Kegiatan tersebut berlangsung dengan biaya gratis ditanggung oleh pihak Annisa dan berkelanjutan setiap Selasa, Sabtu, dan Minggu.  Selain itu, Annisa Travel juga memberikan semangat bagi para jamaah pengajian Rumah Mabrur yang berprestasi yang sudah memenuhi kriteria kelulusan belajar dengan hadiah Umrah dari Annisa Travel secara cuma-cuma.

Tetap Optimis Kerja Nyata

Terkait penamaan Annisa Travel, Erika mempunyai alasan tersendiri. Pasalnya nama Annisa adalah nama panggilan dari putri pertamanya, yaitu Karina Nurunisa yang juga diajak belajar bersamanya mengembangkan Annisa Travel. Selain itu, filosofinya adalah nama Annisa diharapkan menjadi doa bagi perusahaan yang menggambarkan perempuan yang santun, cerdas, dan berani berbuat. Hal ini menjadi asupan semangat untuk Erika dan keluarganya dalam mengembangkan Annisa Travel. Sebagai salah satu pelaku usaha di bidang tour and travel, Eri mengaku banyak tantangan yang harus ia hadapi demi mempertahankan perusahaanya. Tapi, di sisi lain, ia pun bangga dengan perkembangan wisata halal di Indonesia yang semakin pesat, sehingga membuat paket wisata semakin variatif dan inovatoif.

“Jika perkembangan dunia Islam, (dalam hal fashion muslim dan wisata halal) semakin pesat di Indonesia itu tidak ada apa-apanya jika tidak didukung oleh pemerintah. Maka dari itu, semoga Pemerintah lebih peduli dan lebih mendukung setiap usaha yang dilakukan anak bangsa, jangan malah dicoreng dengan korupsi dan perbuatan pengecut lainnya. Itu tidak membantu sama sekali, “ pungkas Erika mengakhiri wawancara siang itu. (fau) 


Komentar

Tulis Komentar


Back to Top