Film ‘Mengejar Halal’ 2017

Dakwah Halal, Begini Cara Abdul Kaafi Jalani Syiar

gomuslim.co.id- Dikenal sebagai salah satu pemeran tokoh Halal dalam film Mengejar Halal, dan pendakwah muda dalam acara Aksi Indosiar 2016  di salah satu televisi swasta. Abdul Kaafi, pria asal Bekasi ini mengawali karir di dunia dakwah sejak remaja, setelah itu pada tahun 2016 Ia terjun ke dunia perfilman.

Saat diwawancara oleh tim gomuslim Kaafi mengaku saat itu Ia mengawali casting yang diadakan oleh Film Maker Muslim di Al Azhar Blok M, adanya kesamaan karakternya dengan Halal membuat Ia terpilih menjadi pemeran Halal.

Halal di ‘Mengejar Halal’

Di film layar lebar yang akan tayang bulan maret tahun depan, Halal digambarkan sebagai karakter pria muslim yang memiliki sosok sempurna, seorang enterpreneur, memiliki sekolah, menjadi idaman para wanita dan tentunya Jomblo Fii Sabilillah (JOFISAH) . “Halal itu nyaris menjadi pria muslim yang sempurna,” ujar Kaafi.

Halal adalah idaman banyak wanita, pada suatu ketika Halal menjadi incaran Haura seorang muslimah yang tengah dilanda kegalauan karena belum ada yang melamar.

“Memerankan karakter halal memang gampang-gampang susah, saya harus menjiwai sosoknya yang soleh,” katanya.

 Dakwah dan Film

Kaafi dikenal sebagai dai lewat Aksi Indosiar 2016 saat bulan Ramadhan lalu, ia mengaku dirinya sangat menyukai dakwah, karenanya dakwah dapat mengajak pada kebaikan. “Dakwah dapat disampaikan dimanapun kita berada, tidak harus di depan jamaah atau masjid,” pungkas pria yang dikenal dengan logat Betawinya.

Sejalan dengan itu film juga dapat dijadikan media dalam berdakwah, “Lewat film saya juga dapat berdakwah, namun konteksnya agak berbeda, film menyiarkan kebaikan melalui pesan yang terselip dalam alur cerita,” ujarnya.

Melalui film dakwah mudah disampaikan kepada penonton sebagai refleksi penyampai pesan kebaikan khususnya umat Muslim.

Tantangan Menjadi Pendakwah

Dai muda yang dikenal karena kemiripannya dengan aktor Vino G Sebastian ini mengaku bahwa berdakwah memiliki tantangan yang cukup sulit.

“Ketika berdakwah seringkali mengalami kesulitan, kesulitannya adalah pada saat kita menyampaikan dakwah, setiap ucapan harus selalu dituntut untuk benar,” imbuh Kahfi.

Namun Ia tetap menikmati dan bersyukur karena dengan menjadi dai maka Ia bisa mengingatkan kebaikan kepada orang lain. “Segala sesuatu pasti ada tantangan yang harus dihadapi, upaya yang harus dijalani adalah bersikap istiqamah,” pungkasnya.

Film Tanah Air Juga Bagus

Menurut pria yang hobi menonton film ini film tanah air saat ini sudah baik dan berkembang, banyak nilai-nilai positif yang dapat dijadikan pelajaran, namun sangat disayangkan kebanyakan masyarakat Indonesia menilai alur dan cerita perfilman tanah air kurang menarik, tidak seperti film luar.

“Harapannya semoga perfilman Indonesia kian berkualitas, menghibur penonton dan memberikan nilai-nilai positif sebagai bentuk dakwah melalui film,” pungkas Kahfi.

Istiqamah

Di tengah kesibukannya menjadi Dai dan pemain film, Kahfi mengaku sudah membuat strategi dalam memanage waktu di antara kesibukannya itu. “Agar kedua dakwah saya berjalan, maka saya harus pandai-pandai membagi waktu,” ujar Kahfi.

Menurutnya fokus dan profesional menjadi syarat dalam menjalankan misi dakwah, dan yang utama adalah istiqomah. “Istiqomah sangat sulit namun harus dilakukan,” katanya.

Lanjut Kahfi, Ada tiga hal yang harus dilakukan untuk mencapai Istiqomah,  pertama, niatkan dengan hati yang mantap, kedua, usahakan segala sesuatunya dengan maksimal, dan yang ketiga tawakal kepada Allah SWT. Lakukan segala sesuatunya dengan niat ibdah agara segala ujiannya terasa ringan.

Selain menjadi dai dan pemain film, pria lulusan UIN Syarifhidayatullah Jakarta ini memiliki mimpi ingin membangun pesantren. Khafi mengaku mulai dari sekarang ia mulai berusaha untuk mendirikan sekolah, setelah itu naik ke tahap pesantren. “Sya ingin membangun pesantren karena pesantren mampu mencetak penerus bangsa yag agamis,” tuturnya.

Pesan Di Balik Mengejar Halal

Banyak pesan moral yang dapat dijadikan muhasabah diri dari film mengejar halal, dari sisi karakter Kahfi, mengajarkan kepada penonton untuk memiliki skap sabar, husnuzon, pekerja keras, santun dan soleh. “Jadi untuk para pria berusahalah memiliki sifat-sifat baik Halal,” katanya sambil tersenyum.

“Tonton film mengejar halal ya, khususnya di awal-awal jam tayangnya,” tutup Kahfi di akhir wawancara. (nat)

 

 Baca juga:

‘Mengejar Halal’: Karya Terbaru Filmmaker Muslim Ini Segera Warnai Layar Lebar Tanah Air pada 2017

 

 


Back to Top