Film ‘Mengejar Halal’ 2017

Berawal dari Kompetisi Festival Nasyid, Kini Muezza Lebarkan Sayap untuk Soundtrack Film Layar Lebar Religi

gomuslim.co.id- Berawal dari mengikuti sebuah kompetisi festival Nasyid, grup duo musik ini justru mendapat keberkahan sendiri. Mereka adalah Malik dan Ryan, pendiri sekaligus personel Muezza. Sebuah grup musik asal Bandung yang kini namanya sedang naik daun di permusikan religi Indonesia.

Kepada gomuslim, Muezza bercerita tentang karya-karya lagunya yang telah dipercaya mengisi sountrack di film-film pendek garapan Film Maker Muslim (FMM). Setelah sukses di film-film pendek FMM, baru-baru ini musik Muezza kembali dipakai dalam film layar lebar pertama dan terbaru dari FMM yang akan segera tayang di 2017 mendatang, Mengejar Halal.

“Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih pada tim Film Maker Muslim yang memberikan kesempatan pada kami untuk mengisi soundtrack film "Mengejar Halal". Kami sangat terkesan, karena ini adalah pengalaman pertama kami mengisi soundtrack layar lebar. Sungguh tak pernah terbayangkan sebelumnya. Sangat bangga dan terharu,” ujar Malik.

Malik menuturkan setidaknya akan ada 3 lagu yang mengisi di film Mengejar Halal. Ketiga lagu tesebut yaitu berjudul, Sabar, Begitu Cara-Nya, dan Bahagia kan Menanti. “Untuk lagu Sabar, pesannya adalah bahwa pahitnya hidup adalah hal yang biasa yang kita alami. Cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan bersabar, karena Allah selalu dekat dengan orang-orang yang bersabar,” jelasnya.

Sementara untuk lagu kedua yang berjudul “Begitu Cara-Nya”, kata Malik, mengandung makna bahwa Allah akan menguji hamba-Nya dengan hal yang baik atau buruk, dan itulah cara Dia mencintai kita. “Dan yang ketiga yang berjudul Bahagia kan Menanti, isi pesannya supaya kita selalu berpikiran positif dalam menjalani hidup, kuncinya dengan do'a dan berusaha,” tambahnya.

Berdiri sejak bulan 01 Maret tahun 2013, Malik (Vocal, Keyboard, Piano) dan Ryan (Vocal, Gitar) terus berkarya melalui alunan musik dan lagu yang indah. Mereka menjadikan musik sebagai sarana untuk berdakwah menyebarkan kebaikan-kebaikan Islam. “Ya insyaallah, kami berharap dari karya-karya yang kami buat dapat memberikan nilai positif, bermanfaat, dan menginspirasi para Sahabat Muezza, khususnya generasi muda sehingga membawa perubahan yang positif untuk kemajuan bangsa,” ucapnya.

Disinggung tentang pemberian nama Muezza, Malik bercerita bahwa  saat itu mereka pernah mengikuti sebuah festival Nasyid “DAQUFEST” di Gegerkalong Bandung. “Awalnya grup duo ini diberi nama “Malik dan Ryan” karena saat itu kami juga kebingungan untuk mendaftarkan diri dengan nama apa di festival tersebut. Singkatnya, saat menunggu pengumuman pemenang di Festival tersebut, Malik browsing di internet lalu akhirnya menemukan kata "Muezza",” papar Malik.

Nama Muezza sendiri, lanjut Malik, adalah nama seekor kucing milik Abu Hurairah, yang sangat disayangi oleh Nabi Muhammad SAW. “Tidak ada keterkaitan khusus antara Musik dengan Muezza. Well, Muezza hanyalah seekor kucing. Nama ini dipilih karena simple, keren dan mudah diingat serta melekat pada karya musik yang kami suguhkan pada para pendengar,” tambahnya.

Meski masih hijau di dunia Musik Positif, Muezza punya pengalaman bermusik yang tidak diragukan lagi. Kedua personil sempat tergabung dalam sebuah grup band yang akhirnya vakum, Malik sebagai keyboardis dan Ryan sebagai gitaris band pada saat itu, masih memiliki hasrat dan visi yang sama yaitu ingin memberikan suguhan musik positif yang easy listening dengan nuansa religi.

Dalam perjalanannya sampai saat ini sudah beberapa prestasi yang Muezza raih, diantaranya adalah Juara 2 Festival Nasyid DAQUFEST Se-Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Sekolah Islam Darul Quran Gegerkalong Bandung tahun 2013, Juara 3 Festival Nasyid dan Karya Cipta Lagu Islami Kategori Karya Cipta Lagu Islami Terbaik yang diselnggarakan oleh Republika dan IHAQI tahun 2013 untuk lagu "Pesan untuk Sahabat".

Kemudian yang sangat menjadi kehormatan bagi Muezza adalah diberi kesempatan oleh IHAQI Nasyid Project untuk mengaransemen lagu "Lebih Baik" karya IHAQI Nasyid Project album Alhamdulillah (2013), yang kemudian lagu ini dinyanyikan oleh Kang Dhany, Java Jive.

Pengerjaan lagu Muezza dilakukan oleh Malik dan Ryan langsung. Lirik, musik dan aransemen mereka tangani bersama. Kebebasan dalam bermusik menjadi kunci utama dalam setiap proses pembuatan lagu, sesuai dengan karakter Muezza tentunya. Bagi Muezza lagu adalah cerita. Muezza ingin berbagi cerita dan pesan kehidupan dalam sebuah nuansa yang berbeda.

Sejak tahun 2013 sampai saat ini, Muezza telah mengeluarkan 1 mini Album yang berjudul "Pesan Sahabat", berisi 5 lagu.  Penampilan Muezza dapat di cek di official Channel Youtube Muezza yaitu : www.youtube.com/muezzamusic, ada Live Perform Muezza, Cover Lagu, dan Cover Music Video. (njs)

 

Contact Muezza

Official Twitter :

@Muezza_ID

Official Youtube channel : www.youtube.com/muezzamusic 

Email :

Muezza.music@gmail.com

Baca juga:

‘Mengejar Halal’: Karya Terbaru Filmmaker Muslim Ini Segera Warnai Layar Lebar Tanah Air pada 2017


Back to Top