Film ‘Mengejar Halal’ 2017

Ressa Rere & Ryan Qory: ‘Mengejar Halal’ Adalah Film Paket Komplit Tentang Jodoh dan Pernikahan

gomuslim.co.id- Maret 2017 mendatang, film layar lebar perdana karya Film Maker Muslim (FMM) akan tayang. Film dengan judul Mengejar Halal ini memang diisi denga talent para aktor dan aktris pendatang baru, tapi debut karya mereka sudah banyak mewarnai film-film pendek dan beberapa film layar lebar tanah air. Adalah pasangan suami-istri yang sama-sama berprofesi sebagai aktor dan aktris film religi juga beradu akting dalam film Mengejar Halal.

Mereka adalah Ressa Rere dan Ryan Qory. Pasangan suami-istri yang sedang menanti kelahiran putra pertama mereka ini hadir dalam film Mengejar Halal juga sebagai pasangan suami istri, yaitu Yaser dan Zizi yang merupakan kakak kandung dan kakak ipar dari tokoh Haura yang diperankan oleh Inez Ayu.

Dalam film tersebut, tokoh Yaser dan Zizi ini adalah sosok kakak yang menjadi pengganti orang tua bagi Haura. Yaser yang diperankan Ryan Qory adalah kakak kandung Haura, menjaga Haura sepeninggal kedua orang tua mereka, menjadi kepala rumah tangga di antara dua wanita muda memang sulit. Di samping istri yang lagi on progress kehamilan, Yaser juga harus mengurus Haura, si adik yang kebelet nikah. Tapi bukan Yaser namanya kalau begitu aja nggak mampu. Dengan segala kemampuannya, Yaser menjaga adik dan istrinya dari gundah gulana.

“Film Mengejar Halal ini adalah film paket komplit tentang jodoh dan pernikahan. Karena itu, film ini wajib ditonton untuk siapa saja yang sedang mempersiapkan diri menanti jodoh dan menjalani rumah tangga. Lewat film ini, kita bisa belajar cara mempersiapkan diri mendapatkan jodoh yang bukan hanya tentang orang yang kita sukai atau idamkan, tapi semua butuh persiapan yang matang, “ pungkas Ressa Rere, kepada gomuslim di sela Gala Event Pernikahan Impian, akhir tahun lalu.

Adapun, Mengejar Halal adalah film hasil kolaborasi antara @filmmakermuslim, DAQU Movie, www.gomuslim.co.id, dan Muara Studio. Film ini diramu oleh sutradara dan penulis yang bertanggung jawab atas kesuksesan sebuah film pendek berjudul Cinta Subuh. Setelah merasa cukup kuat untuk menelurkan film layar lebar, M. Amrul Ummami (sutradara) dan Muhammad Ali Ghifari (penulis) berkolaborasi sekali lagi demi menyebar nilai keislaman lewat film Mengejar Halal.

Mengejar Halal menceritakan tentang sosok muslimah berusa 28 tahun bernama Haura, seorang gadis muda yang tinggal bersama kakaknya, Yaser, dan iparnya Zizi. Haura adalah sosok wanita yang ceria dan enerjik. Tapi, Haura sudah berkali-kali batal melangsungkan pernikahan. Haura mulai was-was, takut berakhir sebagai perawan lanjut usia.

Di tengah kegalauan hidupnya, Haura bertemu dengan seorang pria luar biasa bernama Halal. Tidak ada satupun dari diri Halal yang tidak menarik bagi Haura. Taqwa, tampan, tajir, pemilik lembaga pendidikan pula, apalagi yang kurang? Haura memutuskan untuk melakukan segala daya dan upaya demi mendapatkan cinta mas Halal.

Sebelumnya, aktris asal Cirebon ini dikenal sebagai seorang pemain film religi garapan Beda Sinema Pictures yang berjudul Tausiyah Cinta. Dia merasa mengenal Islam bisa dilakukan dengan baik jika ditemani oleh teman-teman yang mau merangkul dan membimbingnya ke jalan hijrah. Karena katanya, dengan menjadi muslimah yang baik, maka jodoh, teman, rezeki dan yang lainnya juga akan baik di jalan Allah.

Tapi, di sisi lain, sebelum hijrah menjadi muslimah yang kini banyak diundang untuk mengisi tausiyah di beberapa acara tersebut, aktris bernama lengkap Ressa Marheni ini  juga memiliki kisah jatuh bangun dalam perjalanan hijrahnya tersebut.

Hijrah dan Jodoh

Pada Desember 2016 lalu, mereka juga hadir dalam Gala Event ‘Penikahan Impian’ yang berlangsung di Gedung Dharma Wanita, Jakarta Selatan. Pasangan selebgram  yang sudah menikah selama tiga tahun ini memberikan seminar dengan tema: ‘Menjemput Cinta Dalam Proses Hijrah’.

Pada kesempatan tersebut, Ressa Rere bercerita kepada para peserta Gala Event Pernikahan Impian tentang proses hijrahnya saat merantau ke Jakarat seorang diri sampai akhirnya dijodohkan Allah SWT. dengan suaminya, Ryan Qory.

“Jangan sampai keinginan kita untuk menikah malah menghalangi niat berhijrah menjadi lebih baik. Jangan hijrah karena ingin mendapatkan jodoh. Justru jodoh akan datang sendiri dalam proses hijrah itu. Saya pun saat ini masih terus belajar menjadi lebih baik, “ kata Rere yang saat ini sedang mengandung anak pertamanya.

Pada usia 21 tahun, Rere memutuskan untuk menikah dengan Ryan Qari. Saat itu, Rere mengaku tidak mudah dalam mengambil keputusan untuk menikah. Karena dulunya, ia sempat berada di masa-masa penantian jodoh yang dibarengi dengan kegundahan masa menunggu tersebut. Tapi di sisi lain, Rere tersadar bahwa menikah itu bukan hanya urusan dunia, tapi juga untuk bekal di akhirat.

“Dulu saya juga pernah merasakan galau atau baper (bawa perasaan-red) dalam menanti jodoh. Karena saat itu saya hanya berusaha hijrah menjadi lebih baik di hadapan manusia, bukan di hadapan Allah. Setelah itu, saya memperbaiki diri dan terus mengisi hari dengan kegiatan positif sampai akhirnya saya bertemu dengan suami saya sekarang,” ungkap muslimah kelahiran 23 Februari 1992 ini.

Kata Rere, menikah itu memang untuk menyempurnakan agama. Tapi di sisi lain, menikah adalah tanggung jawab menjadi seorang muslimah yang baik sebagai seorang istri dan juga sebagai seorang ibu, begitu juga bagi pihak laki-laki sebagi ayah dan sebagai suami. Karenanya, Rere merasa setelah menikah, ia tidak berhenti belajar, bahkan kini proses hijrahnya masih terus berlangsung tapi terasa berbeda karena kini ditemani seorang suami di sisinya.

Perjalanan hijrah yang tak mudah membuat Rere semakin bersemangat untuk memotivasi para muslimah di luar sana untuk senantiasa sabar dan semangat berjuang di jalan Allah SWT. Kini, selain aktif berdakwah di acara-acara seminar atau kegiatan lainnya, Rere dan suami menekuni dunia bisnis baju muslim bernama KagumIndonesia, berupa merek pakaian couple bagi pasangan muslim dan muslimah dan brand hijab bernama A.i.Ree. (fau)

Baca juga:

Pernah Bermimpi Jadi Vokalis Band, Kini Ressa Rere Mantab Berhijrah Lewat Film dan Tausiyah

 


Back to Top