Kisah Hikmah #RamadhanSeries (13)

Inilah Energi Murajaah Alquran Berjamaah

Ustadz Muhammad Iqbal Coing, beliau adalah seorang pengasuh pesantren tahfizh Alquran di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Memiliki ratusan santri dan hafal Alquran sejak umur belasan. Allah muliakan beliau dengan Alquran meski beliau seorang penyandang tuna netra.

Menjadi kehormatan bagi saya saat beliau berkenan hadir di Training of Trainers (TOT) 1000 Muallim Alquran yang kami selenggarakan selama 3 hari di mahad Askar Kauny Cijulang, Puncak.

Saat itu kami menunggu iqamat shalat Ashar dikumandangkan. Seperti biasa santri Askar Kauny melakukan murajaah 1 surat sebelum shalat. Murajaah dilakukan secara jemaah dan suara lantang oleh semua santri.

Ustadz Iqbal menyimak murajaah bersama ini. Beliau pun mengikuti bacaan suratnya. Lalu beliau menyolek saya yang duduk di sebelah sambil berujar, “Asyik sekali ya Ustadz, murajaah anak-anak ini. Semuanya bersemangat!”

Saya pun tersenyum dan jelaskan kepada beliau bahwa di seluruh mahad Askar Kauny murajaah dilakukan bersama-sama pada setiap waktu shalat. Dilakukan secara lantang hingga hilang rasa bosan. Tanpa terasa santri minimal murajaah 1 juz Alquran secara bersama-sama tiap hari. Belum lagi pada waktu di luar sholat yang dikhususkan utk murajaah.

Saya juga tambahkan bahwa kami pun biasa melakukan murajaah sambil berjalan, bermain dan bergerak. Sehingga ayat-ayat hafalan bisa dimurajaah ratusan kali tanpa bosan. Dan hasilnya adalah PERMANEN MENAKJUBKAN!

Lalu beliau sampaikan bahwa di pesantren Bulukumba belum ditemukan cara murajaah yang seru seperti di Cijulang. Sehingga banyak para penghafal Alquran merasa bosan dan jemu dengan hafalan.

Menanggapi itu maka saya menukas bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersama para sahabat menghafal dan murajaah senantiasa berjamaah. Ayat-ayat Alquran yang mereka hafal pasti tidak ada yang berbeda-beda satu orang dengan yang lainnya.

Kalau ayat Al Alaq yang turun, maka semua sahabat pun menghafal wahyu tersebut bersama Rasulullah. Demikian juga dalam murajaah. Banyak hadits dan atsar yang kita temukan bahwa para sahabat sering murajaah antar sesama mereka, atau Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam memanggil seorang sahabat atau lebih untuk murajaah hafalan beliau.

Inilah energy berjemaah dalam menghafal dan murajaah ayat Alquran!

Sama persis seperti sholat sendiri pahalanya adalah satu, namun saat berjamaah pahalanya menjadi 27 derajat. Demikian juga dalam menghafal dan murajaah Alquran. Sendiri atau berjamaah tentu akan beda rasa dan hasilnya!

Penasaran ingin coba ya? Hehehe... Datang aja ke Mahad Askar Kauny di Cijulang atau lainnya.

 

Wassalam,

Ustadz Bobby Herwibowo, Lc.

Founder Metode Kauny Quantum - Menghafal Alquran Semudah Tersenyum

Pendiri Yayasan Askar Kauny

 

 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top