Kisah Hikmah #RamadhanSeries (20)

Ya Allah, Aku Ingin Kuliah di Madinah!

Kini saya ingin sampaikan kepada Anda pengalaman pribadi yang saya alami dan Allah wujudkan.

Saat masih Aliyah di Pondok Pesantren Al Mahbubiyah Jakarta dulu, pak Kyai Manarul Hidayah, pengasuh pesantren memberitahukan kami santrinya bahwa ia akan mengirim anak lelaki tertuanya untuk belajar ke Madinah.

Mendengar tutur kyai, saya merasa iri. Ingin sekali saya bisa belajar di Madinah. Menuntut ilmu di sana dan sekaligus berziyarah ke maqam Rasuluallah Shalallahu Alaihi Wassalam.

Tapi saya saat itu tahu diri bahwa untuk kuliah di Madinah bukan perkara gampang. Banyak jalan yang ditempuh dan biaya yang tidak sedikit. Ayah saya punya anak banyak, rasanya mimpi kalau minta ke ayah untuk bisa biayai kuliah saya ke Madinah.

Namun, saya tepis pikiran negatif itu. Dan saya coba pantaskan diri dengan meminta kepada Allah Yang Maha Kaya! Sejak saat itu jika sujud dalam sholat apapun saya selalu ucapkan doa ini,

"YA ALLAH... MUDAHKAN DIRIKU UNTUK BISA KULIAH DI MADINAH. BERIKAN KEPADAKU ILMU YANG BANYAK DAN BERMANFAAT... UNTUK DIRIKU, KELUARGAKU, DAN UMMAT ISLAM DI MANA PUN BERADA...."

Tidak pernah doa ini saya sampaikan kepada pun saat saya menjalaninya. Hingga benar-benar Allah wujudkan permintaan saya!

3 tahun setelah itu saya atas izin Allah mendapat beasiswa belajar di Al Azhar Cairo Mesir. Alhamdulillah, Allah Yang tahu mana tempat terbaik untuk saya belajar menggali ilmu agama. Alhamdulillah, tahun 1998 Allah izinkan saya untuk tiba di Madinah pertama kali. Dan Alhamdulillah, Allah benar-benar wujudkan pinta saya selama ini, bisa belajar ilmu agama yang mendalam di Al Azhar, sekaligus bisa berziyarah ke maqam Rasulullah shalallahu alaihi wassalam di Madinah.

Masya Allah, sungguh Allah sesuai dengan prasangka hamba-Nya.

Kebiasaan berpikir positif dan mengulangi doa yang hebat dalam sujud hingga kini kerap saya lakukan.

Nah sekarang, ayo deh Anda mulai ucapkan doa ini dalam sujud panjangmu…

"ALLAHUMMA YA ALLAH, JADIKAN DIRIKU, KELUARGAKU DAN ANAK KETURUNANKU SEBAGAI PENGHAFAL ALQURAN...."

 

Wassalam,

Ustadz Bobby Herwibowo

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top