Kisah Hikmah #RamadhanSeries (tamat)

Ini Tiga Amal Hebat dalam Festival Ramadhan

Jika kita amati ada 3 amal hebat yang dibawa dalam Festival Ramadhan. Amal-amal tersebut adalah Shaum, Al Quran dan Taqarrub.
 
Ketiganya dijelaskan dalam firman Allah Ta'ala di surat Al Baqarah ayat 183-186.
 
Shaum adalah simbol keikhlasan. Hamba yang beriman akan menyambut panggilan Ilahi untuk menjalankan Shaum di bulan Ramadhan ini. Menahan diri dari segala yang membatalkan Shaum selama sebulan penuh. Meski tidak ada yang melihat atau mengawasi, namun amal ini telah berhasil menjadi parade festival di seluruh alam. Keimanan para hamba Allah menjadi meningkat adanya. Mereka patuh dan tunduk atas perintah Shaum ini.
 
Al Quran menjadi instrumen festival Ramadhan yang tak kalah penting. Serentak di semesta alam suara lantunan Al Quran seringkali terdengar. Di waktu pagi atau petang. Siang maupun malam. Banyak orang yang larut akrab dengan Al Quran dalam buaian tilawah, tadabbur, kajian dan tahfizh Al Quran. Tak pelak begitu kentalnya Al Quran terasa di bulan ini maka Ramadhan disebut juga 'Bulan Al Quran'. 
 
Taqarrub ilaLlah, atau pendekatan diri kepada Allah adalah nuansa yang begitu terasa saat Festival Ramadhan. Ragam ibadah dan ketaatan serentak bermunculan. Sedekah, zakat, tarawih, sahur, dan segudang amal kebajikan dilakukan orang demi mendekatkan diri kepada Allah Sang Maha Pencipta. Bahkan banyak manusia yang melakukan taubat dalam momentum Ramadhan.
 
Ketiga amalan dahsyat tadi membuat Festival Ramadhan begitu ceria. Kebahagiaan batin yang tiada terperi terpancar dari setiap orang yang meramaikan Festival Ramadhan.
 
Namun sebagaimana festival yang lainnya sebahagia apapun maka akan berakhir. Meski para penikmat belum merasa puas dan ingin festival berkelanjutan.
 
Demikian juga Festival Ramadhan 1438 dalam hitungan hari akan berakhir. Menyisakan berjuta kenangan dan kebahagiaan dari para penikmatnya. 
 
Semoga saya dan Anda termasuk di dalamnya.
 
 
Wassalam,
 
Ustadz Bobby Herwibowo

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top