#TausiyahUstadz

Yakinlah, Pasti Ada Jalan

gomuslim.co.id- Masing ingat tentu kita dengan sebuah nasihat indah "man jadda wajada". Bahkan nasihat ini sampai menjadi begitu populer di tahun 2015 -an hingga banyak aku sosmed dan memey tentang nasihat ini dibuat. Siapa yang bersungguh-sungguh, bertekad, berusaha, berjuang, maka dia akan mendapatkan. Karena memang proses itu tidak akan menghianati hasil.
 
Kita sering lupa akan hal ini. Kita lebih sibuk dengan masalah yang kita hadapi bahkan seringkali kita berburuk sangka kepada Allah atas ujian yang menimpa kita. Bahkan tidak sedikit juga yang menjadikan semua yang sedang terjadi sebagai bentuk tidak sayangnya Rabb kita pada kita. Naudzubillah. 
 
Karena perasaan dan pikiran seperti inilah kita menjadi lemah dan engan berusaha. Kita jadi pasrah tanpa berjuang. Menyerah sebelum bertanding. Lalu kita menyalahkan keadaan atas apa yang tidak bisa kita dapatkan. Baik dalam urusan dunia maupun urusan akhirat (ibadah). Termasuk kita sering berat beramal karena merasa tidak sanggup menjalaninya. Ibadah ini enggan, ibadah itu berat, ibadah ini sulit. Semua jadi ditinggalkan. Tidak mau berjuang mengusahakannya. Padahal Allah sudah berjanji kepada kita dalam banyak firmanNya.
 
"Tidaklah Allah menjadikan dalam agama (Islam) ini kesempitan atas kalian.." (QS. Al-Hajj: 78)
 
"Allah menghendaki kemudahan bagi kalian dan tidak menghendaki kesukaran atas kalian..." (QS Al-Baqarah: 185)
 
"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS Al-Baqarah: 286)
 
Dan masih banyak ayat semisal yang menggambarkan bahwa Allah tidak menghendaki kesulitan dan kesukaran dalam agama ini. Artinya peranan iman begitu besar membuat seseorang bisa berjuang dan berusaha dalam hidupnya. Orang yang lemah imannya, lemah juga ikhtiarnya, lemah ikhtiarnya menjadikan dirinya stop tidak mau berjuang.
 
Padahal jika kita mau sedikit saja memperbaiki iman kita, meyakini bahwa Allah Maha Menolong hamba-hambaNya yang shalih, tentu akan ada kekuatan dalam diri untuk terus berjuang dalam kehidupan ini apa pun yang terjadi seperti apa pun kondisinya. Karena kit yakin pasti ada jalan pada setiap ujian dan problema hidup kita ini.
 
Maka ketika kita menghadapi sebuah persoalan hidup, kewajiban-kewajiban sebagai hamba, yakinlah bahwa apa pun itu pasti Allah memiliki maksud untuk kita. Dan ingat bahwa Allah tidak mungkin memberikan beban kepada hambaNya yang tidak bisa dipikul. Tidak mungkin juga ketika Allah turunkan aturannya, sementara aturan itu tidak mungkin bisa diamalkan, itu tidak mungkin. Karena Allah Maha Tahu kemampuan kita, batas-batas kekuatan kita.
 
Mari kita renungkan dua ayat indah ini, "Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al-Insyirah: 5-6). Yakinlah bahwa merupakan bagian dari nikmat Allah itu bahwa Allah menyertai kemudahan dalam setiap kesulitan. Maka yakinlah, pasti ada jalan.
 
Penulis:

Ustadz Asep Supriatna

MoveOn Training & Coaching

Pengasuh Majelis Cinta Quran

Instagram: @AsepFakhri


Back to Top