Hengky Hussein Tornando

Hidayah Datang Justru Saat Ramadhan Terpuruk di Penjara

Jakarta, (gomuslim).  Bulan Ramadhan menjadi momentum banyak kalangan untuk ‘introspeksi’ atau ‘muhasabah’ diri.  Ada yang mendapatkan hidayah dari 'muhasabah' di bulan baik seperti Ramadhan, ada yang di waktu yang utama seperti saat berhaji, di tempat utama seperti di depan Kakbah, bahkan ada juga yang mendapat hidayah justru ketika di dalam penjara saat sedang terpuruk akibat perbuatan pidana.

Hengky Tornando termasuk golongan terakhir. Aktor ganteng ini dulu langganan menjadi bintang utama film layar lebar di tanah air, terutama era 1990-an. Gempita dunia hiburan melelapkan sampai tergelincir dalam mencari kebahagiaan bersama narkoba. Akibatnya, pada tahun 2001 harus meringkuk dalam penjara. Masa gelap itu terjadi pada puncak popularitas karena salah pergaulan dan jauh dari agama. 

“Boleh dibilang sedang tidak ada iman sehingga gampang tergoda,” kata aktor kelahiran Cianjur, 29 April 1953 ini. Ia baru menyadari kesalahannya dan memahami pentingnya iman dan amal shaleh dalam hidup justru ketika merasakan bulan Ramadhan di penjara. Ia kemudian berdoa dan bertekad belajar agama dan mengamalkan dari dalam penjara. Ia juga bertekad akan mendekati masjid agar jauh dari penjara.

Keluar dari tahanan, pemilik nama lahir Husain Habib Asgar ini langsung melakukan penataan total. Seperti sahabatnya, Gito Rollies (alm), Hengky kemudian melatih diri dalam program I’tikaf dari masjid ke masjid. Ia bertekad menegaskan langkah dengan berganti nama menjadi Husein Noor Rizki. Untuk mentahbiskan nama barunya, ia mengadakan doa bersama Gito Rollies (alm), Camelia Malik dan sejumlah rekan di mejelis taklimnya.  Nama Hussein bagi suami bintang film Beby Silvia itu bukan nama asing, sebab kedua orangtuanya telah menyematkan nama Nazik Husein Habib Asgar sebelum berganti Hengky Tornando.

Sebuah titik balik telah diteguhkan dalam batin dan sejak itu, Hussein Tornando tampak setiap Kamis malam Jumat shalat berjamaah maghrib dan Isya’ di Masjid Kebon Jeruk, Kota. Ia tidak seperti aktor besar, shalat dan duduk bersama yang lain dalam tafakkur mendengarkan bayan dari berbagai negara yang singgah ke tanah air.

Setiap bulan ia menyisihkan iktikaf di masjid-masjid untuk bersilaturahim kepada sesame umat. Ia mengatakan, telah berkeliling dari masjid ke masjid hingga ke pelosok Nusantara dan hasilnya masjid yang sepi menjadi makmur kembali. Siapa yang menyangka, kini Hussein Tornando mampu melaksanakan kerja usaha Nabi demi turut saling memberi peringatan kepada diri sendiri, keluarga dan sesama umat manusia.

Hangky menikah dengan Baby Selvia pada tanggal 9 Oktober 1992. Bersama Hengky, Baby dikaruniai tiga orang anak, Farah, Nazelia, dan Khadafi.

Dalam banyak kesempatan belakangan, Hengki dan istri juga lebih sering tampak menjadi nara sumber atau motivator dari majelis ke mejelis, bersama mantan Bassis Godbless Yuke Sumeru, Aktor Adrian Maulana, Bassis So7 Sakti Salman Jugjawi dan lainnya. Ia juga sering terlihat bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar ketika bersama dalam program iktikaf di Bandung, bahkan dulu mengalami berdakwah bersama Rocker Gito Rollies (alm) ke sejumlah mancanegara.

Jalan hidup orang memang tidak selinier tarikan, siapa sangka, justru penjara yang membawanya ke masjid dan sejak itu Hengky, mantan aktor terjerat narkoba, kini menjadi seorang muslim yang khusu’ dan tawadlu’ duduk bersama jamaah masjid, makan bersama dalam satu nampan ketika mengikuti program iktikaf dari masjid ke masjid. Allah Maha Pengubah menuju kebaikan siapa saja. Yang penting bagi Hengky saat ini adalah ada usaha menjemput hidayah Allah SWT. (mm)


Back to Top