Anisa Rahma

Mantan Personil Cherrybelle Ini Mantab Berhijab

(gomuslim). Pada tahun 2011, dunia musik di Indonesia diwarnai dengan munculnya vocal grup berupa boyband dan girlband. Salah satunya adalah Cherrybelle, sebuah girlband yang berisi tujuh orang perempuan yang naik daun di masanya dan satu di anataranya adalah Anisa Rahma. Dialah anggota Cherrybelle generasi pertama. Keikutsertaan Anisa pada proses seleksi anggota Cherrybelle pada tahun 2010, merupakan awal kariernya di dunia hiburan. Ia resmi menjadi bagian dari Cherrybelle setelah mengalahkan 400 calon lainnya. Meski begitu, Anisa tak lantas debut begitu saja. Ia dan anggota Cherrybelle lainnya harus menjalani training intensif selama dua  bulan untuk mengembangkan kemampuan vokal mereka. 

Bersama girlband yang dibentuk di Bogor pada (27/02/2011) tersebut, Anisa memulai debut perdana pada sebuah acara music di salah satu stasiun televisi. Penampilan yang terinspirasi gaya girlband K-pop itu berhasil melambungkan namanya. Mini album pertama Cherrybelle bertajuk Love is You menuai prestasi di beberapa kategori pada suatu penghargaan music di stasiun televisi swasta. Anisa juga sempat merambah dunia peran. Ia tercatat pernah tampil di dua judul serial televisi yaitu Happy 21 dan Mengejar 1 Cinta di antara 9 Cherrybelle pada tahun 2012.

Tapi, kehadiran Anisa di dunia entertain juga disertai dengan kejutan-kejutan yang ia lakukan dalam hal karir dan penampilan. Kejutan pertama datang pada tahun 2013, di tengah sukses Cherrybelle, kabar keluarnya Anisa mulai berhembus pada tahun 2013. Hal itu berawal dari absennya di beberapa penampilan Chibi. Namun, leader Cherrybelle, Cherly, mengungkap bahwa Anisa absen akibat sakit sinus yang ia derita. Rumor tersebut akhirnya dikonfirmasi kebenarannya pada Oktober 2013, ketika Deddy, manager Cherrybelle, menjelaskan hengkangnya Anisa karena alasan pendidikan, karena saat itu memang dia sudah semester akhir.

Setelah keluar dari manajemen Cherrybelle, Anisa bersolo karier kontrak dengan sebuah PH untuk projek sinetron dan FTV. Selain itu, Anisa pun bersolo karir untuk meneruskan kiprahnya di dunia musik. Anisa sempat membuat single bertajuk Menari bersama Bintang dan berkolaborasi dengan kakak-kakaknya dalam grup Milova Sisters dan membuat single berjudul Harusnya ada kamu. Anisa juga bermain di beberapa film, yaitu  Jagoan instant, Cipali km 182,  Quantum the movie, dan Magic hour. Aktivitas tersebut Anisa lakukan sambil meneruskan kuliah semester akhirnya di semester 7 Jurusan Arsitek Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung.

Pada masa bersolo karir dan berkonsentrasi dalam pendidikannya, baru-baru ini Anisa kembali membuat penggemarnya terkejut. Kali ini bukan dari terobosan karir musik atau filmnya, tapi tentang dirinya sendiri, berupa perubahan pada penampilannya. Jarang tampil di layar kaca, ada yang berbeda dari penampilan Anisa Rahma. Mantan personel girlband Cherrybelle itu memutuskan untuk berhijab. Momen bulan Ramadan 1437 H lalu membawa berkah bagi Anisa Rahma. Pasalnya ia mendapatkan hidayah untuk menutup aurat.

“Sesuatu yang tidak direncanakan sama sekali. Saat itu seminggu sebelum Puasa Ramadhan, seharian aku baca majalah dan koleksi online baju muslim dan hijab. Bagus-bagus ya terlihat sopan tertutup dan berwibawa gitu, “ ungkap Anisa, kepada gomuslim melalui obrolan daring.

Anisa bercerita, saat memakai hijab pertama kali, keluarganya mendukung 100%.

“Alhamdulillah dalam pertemuan pengajian menyambut bulan puasa dengan keluarga semua menyambut gembira dan mengucapkan syukur, karena boleh dibilang tinggal aku yang belum berhijab dalam keluarga besar. Sedangkan teman-teman dan fansku juga sangat mendukung, ada fans sampai meneteskan airmata mengetahui aku sudah berhijab, terus aku mulai posting penampilan baruku via media sosial. Banyak komentar berupa doa dan dukungan kepadaku. Terimakasih semuanya, “ ungkap artis 25 tahun tersebut.

Keputusan Anisa Rahma untuk berjilbab mungkin tidak mudah, mengingat profesinya sebagai pelaku dunia hiburan. Namun, dukungan terus mengalir dari para penggemar. Banyak hal yang merubah pribadinya setelah metuskan menutup aurat. Anisa mengaku ia menjadi lebih dewasa, mandiri, intens beribadah banyak belajar dari buku, internet dan bertanya dengan yang ahli mengenai Islam, hukum dan aturan agama. “Saat ini aku lebih sering mengevaluasi diri dari masa laluku, lebih memilih pekerjaan yang sesuai dengan prinsip aku sekarang, dan tentunya lebih optimis untuk rencanaku di masa depan, “ tambah Anisa.

Ketika ditanya tentang makna hijab menurutnya, Anisa menjelaskan saat ini keputusannya untuk berhijab bisa menjadikan dirinya merasa tenang, nyaman dan terlindungi. Karena dengan hijab, kata Anisa, ia menjadi semakin semangat menjalankan perintah Allah SWT.

“Bagi teman-teman muslimah yang belum berhijab, aku sarankan untuk terus belajar dan mendoakan diri sendiri juga minta doa dari orang lain, semoga diberikan jalan terbaik dan hidayah oleh Allah SWT., “ kata anak keempat dari pasangan Adi Nurjaya dan Nelmah Adi.

Selain itu, Sang Ibunda, Nelmah Makhlan Adi mengatakan awalnya ia sempat tak percaya putri bungsunya tersebut akhirnya memutuskan untuk menutup aurat. “Mula-mulanya saya agak kaget dan tidak menyangka prosesnya secepat itu, karena Anisa ini anaknya paham fashion, dia itu modish dan perfeksionis soal berpakaian, dan suka belanja. Saat ia tiba-tiba meminta izin saya untuk berhijab, saya merasa bangga dan terharu. Alhamdulillah, Anisa membuat keputusan sendiri bukan karena dipaksa atau karena ikut-ikutan tren, tapi benar-benar Lillahi Ta’ala, “ jelas Ibunda Anisa.

“Semoga Anisa tetap istiqomah, diberikan berkah dari Allah Swt, dilancarkan dalam studi dan karirnya. Allah berikan rezeki yang halal dan diberikan jodoh yang sholeh. Aamiin, “ harap Bunda Nelmah Makhlan Adi untuk Anisa. (fau)

 


Back to Top