Buah Hijrah, Caesar YKS Diundang Raja Saudi Tunaikan Ibadah Haji

(gomuslim). Siapa yang tak kenal dengan Caesar, seorang dancer yang namanya santer terdengar dalam acara Yuk Kita Sahur (YKS) yang bertemakan Ramadhan pada 2013 lalu? Pria kelahiran Jakarta 27 tahun yang lalu kini semakin dekat dengan agama, demi mencari keberkahan lewat aktivitas-aktivitas baru yang kini mulai digelutinya.

Cerita kesuksesan Caesar yang menggemparkan dunia hiburan dalam negeri memang tak pernah membosankan untuk dikupas. Betapa tidak, suami dari Indadari Mindrayanti tersebut dalam perjalanan karirnya hingga mencapai puncak kesuksesan, pernah merasakan kerasnya hidup di kota metropolitan sebagai tukang ojek.

Tekun dalam menjalani profesi apapun menjadi kunci keberhasilannya dalam menjaga semanagat untuk tetap hidup di Jakarta. Akhirnya, jalan terang pun terbuka. Ia kemudian sempat didaulat menjadi asisten beberapa artis yang memiliki nama besar, seperti Budi Anduk, Yadi Sembako, dan Bopak.

Dari situlah kemudian ia perlahan mulai dipercayai oleh beberapa artis lainnya dalam sebuah acara talkshow sebagai presenter pendukung yang menjadi awal mula tampilnya goyang Caesar dihadapan kamera.

Kesuksesan pun mulai digenggamnya. Sejak tahun 2013 itu, pundi-pundi rupiah mengalir deras ke kantongnya. Dengan mudah ia dan keluarga membeli kebutuhan bahkan barang-barang keinginannya dengan cuma-cuma.

Selama dalam masa kesuksesannya, ia mengakui banyak lalai menunaikan kewajibannya sebagai seorang muslim karena sibuk shooting dan lain sebagainya. Hal itu pun menjadi sebuah kebiasaan hingga Allah SWT menunjukan rasa cinta-Nya untuk melihat seorang Cesar kembali menjadi insan yang hakiki.

Roda terus berputar. Pasca berada dipucuk kesuksesan yang belum lama ia singgahi, pertanda buruk mulai dirasakannya, mulai dari terlilit hutang, gosip tetang keluarganya yang ramai digandrungi netizen, hingga puncaknya yakni acara yang melambungkan namanya resmi dicabut izin tayangnya pada 2015 yang lalu.

Sadar dirinya telah lama lalai, ia pun memutuskan banting setir dari dunia entertain dan fokus berbisnis. Bisnis tersebut dahulu adalah penghasilan sampingan yang digeluti istri kala Caesar masih menjadi artis. Bisnis pakaian-pakaian Islami itulah yang pada perjalanannya menjadi pematik Caesar untuk lebih dekat lagi dengan Islami, selain memang pergolakan batinnya yang terus menghantuinya selama masih di puncak kesuksesan lalu.

Ia pun semakin mantap di jalan Islam setelah mengikuti jejak orang tuanya yang terlebih dahulu menjalani ibadah umrah ke tanah suci pada akhir desember 2014 lalu. Dari sana, ia kemudian semakin mendalami Islam hingga akhirnya memutuskan hengkang dari dunia hiburan yang telah membesarkan namanya, tak lama setelah ia beribadah umrah ke tanah suci.

Ia dan keluarga pun berubah drastis ketika meninggalkan dunia entertainment. Jika dahulu sering mengajak orang-orang untuk berjoget di sebuah acara stasiun televisi swasta, kini ia tak segan untuk mendakwahkan Islam lewat buku-buku Islami yang ia jajakan secara heterogen. Dari beberapa pengakuannya terdahulu, dirinya dinilai sangat lali dalam menjalankan perintah agama, dia sering melewatkan kewajibannya demi mengejar rupiah. Kini setelah resmi mengundurkan diri dan tidak lagi menjadi sosok artis dirinya menjalani kehidupan dengan lebih religius dan sederhana.

Meski Caesar kini sudah tidak lagi menjadi artis, namun istrinya, Indadari, tidak menyesali kejadian tersebut, dirinya menilai bahwa suaminya yang kini menjadi lebih baik ketimabang saat menjadi artis, dari pengakuan istri Caesar didapat bahwa sekarang suaminya menjadi seorang yang sangat religius, dia sangat bersyukur atas perubahan ini, lebih lanjut Inda pun mengungkapkan bahwa jika dulu suaminya mengajak semua orang untuk berjoet ria, kini suaminya tersebut berganti mengajak orang untuk ke masjid, sungguh perubahan yang sangat baik menurutya.

Perubahan yang ia jalani dengan keikhlasan pun membuahkan hasil manis pada tahun ini. Bersama 60 undangan khusus lainnya yang dilayangkan Raja Salman, Caesar dan artis kenamaan lainnya, Teuku Wisnu, mendapatkan undangan untuk beribadah haji tanpa mengeluarkan rupiah sepersen pun. Acara pelepasan 60 orang tamu khusus Raja Saudi berlangsung di depan kediaman Duta Besar Saudi Arabia di Jalan Teuku Umar, Kawasan Menteng, Jakarta, beberapa waktu lalu. Adanya acara itu membuat kantor Kedubes yang biasanya sepi menjadi tampak meriah. Sebelum bertolak ke Tanah Suci, para tamu istimewa tersebut berkumpul di kediaman Dubes Arab Saudi untuk  beramah tamah dengan pihak kedutaan, sekaligus pembagian perlengkapan ibadah haji.

Pada umumnya, tidak satu pun dari tamu spesial Raja Saudi yang menduga akan mendapatkan undangan istimewa tersebut. Mereka hanya mendapat telepon dari petugas Kedubes Arab Saudi yang memberi tahukan bahwa mereka mendapat undangan khusus dari raja untuk menunaikan ibadah haji

Kini, Caesar dan istrinya menjalani dunia baru setelah mengundurkan diri dari dunia artis. Sosok Caesar yang aktif bergerak di Acara ‘YKS’ tersebut kini sedang menjalani aktivitas baru. Caesar dan Istrinya berjualan tahu dan pakaian, usaha yang dirintis keduanya ini diharapkan mampu menghidupi keluarga kecilnya dengan kehadiran satu buah hatinya.

“Saya percaya rezeki, ketika dia nggak ada job. Allah udah atur. Yang nggak dijamin Allah itu akhirat. Saya bilang kejar akherat kamu allah kasih jalan,” kata Inda.

Lebih dari itu, kini Caesar dan keluarga mengaku tak lagi ngoyo untuk mengejar materi. Pengalamannya ketika di puncak kesuksesan bila dibandingkan dengan keputusannya untuk hidup dalam kesederhanaan telah membuatnya semakin mantap untuk memilih kesederhanaan sebagai pilihan.

Materi diakuinya tidak membuat tentram. Justru kesederhanaanlah yang membuatnya hidup harmonis dengan keluarga dan masyarakat. Namun, bukan berarti ia tak lagi mencari nafkah demi menghidupi keluarganya. Kini bukan sekedar harta yang ia cari, melainkan harta yang penuh dengan keberkahan yang ia cari.


Back to Top