Mantab Berhijab, Kini Peggy Melati Sukma Mengaku Sibuk Jadi 'Karyawannya' Allah

gomuslim.co.id- Peggy Melati Sukma atau yang memiliki nama lengkap Raden Peggy Melati Purnama Dewi Sukma merupakan bintang sinetron Indonesia yang lahir di Cirebon, 13 Juni 1976. Putri dari Raden Ating Sukma dan Aty Latieva Attamimi ini mulai dikenal lewat perannya sebagai Iteung di sinetron Si Kabayan. Lewat perannya ini, Peggy mendapat nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik Kategori Komedi Festival Sinetron Indonesia (1997).

Namanya kian melambung saat membintangi Gerhana. Bahkan lewat sinetron ini pula terkenal jargon 'Pusiiiiiiing', yang kemudian dipatenkan oleh Peggy. Berkat sinetron ini, Peggy sekali lagi masuk menjadi nominasi Artis Wanita Terfavorit Indonesia Kategori Komedi Panasonic Award (1999).

Selain bermain sinetron, Peggy juga merambah dunia menyanyi. Peggy merilis album Aku Kangen Padamu (1998) dan My Wish (2000). Peggy juga telah menulis sebuah buku berjudul My Wish.

Peggy juga menjadi presenter. Beberapa acara yang pernah dipandunya antara lain, Smile, Rejeki Nomplok, dan Klise. Peggy juga pernah mendapat dua nominasi dari Tabloid Citra dan Panasonic Awards (1996) untuk Pembawa Acara Talkshow Wanita Terfavorit dalam acara "Obrolan Pagi".

Berhijrah dan Berhijab 

Mulai pertengahan tahun 2012, Peggy Melati Sukma melakukan perubahan yang luar biasa. Ia mulai mengenakan hijab.

Keputusan tersebut diambil setelah menyadari selama ini hidupnya hanya mengejar duniawi saja. Dengan pengetahuan ilmu agama yang ditanamkan keluarganya sejak kecil, akhirnya selebriti tersebut mantap menutup auratnya dengan jilbab.

"Saya ingin menyampaikan kepada banyak orang, bahwa hijab itu bukan sebuah pencapaian. Hijab itu sebuah awal, mulai dari sinilah kita memulai memahami keimanan kita lebih mendalam, lebih baik kemudian kita menjadi lebih baik dan lebih sabar. Hijab bukan sebuah pertanda bahwa seseorang sudah memiliki keimanan mapan, sehingga udah cukup untuk memahami agama Islam," Demikian pengakuan Peggy.

Ketika berbincang bersama tim gomuslim di sebuah acara seminar hijab di Jakarta, Minggu (4/12), Peggy mengutarakan bahwa saat ini Ia sudah tidak ada di industri hiburan dan total berdakwah. “Setelah saya hijrah kan saya sudah gak ada lagi di Industri hiburan, buat saya sekarang fokusnya adalah dakwah serta ergandengan dengan teman-teman komunitas muslimah untuk menegakkan syiar Islam,” katanya.

Ia juga menuturkan jikalau saat ini pekerjaanya hanya menjadi karyawannya Allah saja dan hanya mengharapkan Ridha Allah semata.  “Kalau saya kan sudah fokus ke duni dakwah, jadi menutup Aurat itu adalah kewajiban dari Allah dan tidak boleh ada hal apapun yang menghalangi kewajiban dari Allah,” tuturnya.

Saat ini, Peggy berfokus untuk melaksanakan kegiatan dakwah sosial kemanusiaan yang telah Ia lakukan bersama dengan rekan-rekannya dari Majelis Inspirasi Hijrah. Mereka telah berkeliling ke 17 negara di seluruh dunia untuk menyebarkan inspirasi berhijab, inspirasi berhijrah dan lain sebagainya.

“Saya sudah melakukan ini selama dua tahun, kami sudah berkeliling ke 17 negara di seluruh dunia untuk menyebarkan inspirasi berhijab, inspirasi berhijrah, kami bangun sekolah, kami bangun rumah-rumah Quran, kami bangun sentra-sentra pelatihan untuk Muslimah, kami punya macem-macem program jadi kami sudah melakukan ini semua dan Inshaa Allah kami akukan ini sebagai kewajiban kepada Allah SWT, tidak ada hal apapun yang boleh menghalangi kita menunaikan kewajiban kepada Allah dan setelah menunaikan kepada Allah kita menunaikan kewajiban kepada manusia-manusia lainnya,” tukasnya.

Di akhir perbincanga singkat tersebut, tidak lupa Ia menyampaikan pesan kepada kaum muslimah yang masih muda untuk membangun diri dalam melaksanakan perintah Allah sebaik-baiknya, setelah itu menyampaikan lagi perintah-perintah tersebut kepada sebanyak-banyaknya Ummat yang disertai dengan semangat keislaman yang senantiasa berbagi dan bisa membantu kepda sesamanya. (ari)


Back to Top