Mohammad Ahsan, Atlet Bulu Tangkis yang Hijrah Usai Perdalam Islam

gomuslim.co.id- Berproses menjadi seorang yang lebih baik adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim. Dalam Islam, proses ini biasanya disebut dengan hijrah. Ada banyak public figure yang bisa dicontoh terkait hijrah ini. Salah satunya adalah atlet bulu tangkis Indonesia bernama Mohammad Ahsan.

Baru-baru ini, pria kelahiran Palembang, 7 September 1987 ini menjadi perbincangan banyak orang karena sikap yang ia tampilkan saat berada di atas lapangan. Berbeda dengan atlet lainnya, Ahsan selalu menutup auratnya hingga di bawah lutut. Ia menggunakan legging hitam ketika bermain.

Pemecah rekor smash tercepat ini mengaku pertama kali menggunakan legging saat bertanding itu ia lakukan pada awal 2016 lalu usai pulang umrah. "Pertama kali yang saya lakukan adalah menggunakan legging. Saya lebih mantap dan memutuskan untuk memakai legging (menutup) aurat usai melakukan umrah," ujarnya di Serpong Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.

Selain itu, atlet yang berhasil menyabet gelar juara dunia dua kali bersama Hendra Setiawan pada 2013 dan 2015 ini tersorot kamera minum sambil setengah duduk di jeda pertandingan. Hal ini sesuai dengan ajaran Islam yang melarang umatnya minum sambil berdiri.

“Gak ada niat macam-macam. Saya hanya berusaha menerapkan ajaran agama saya, yakni agama Islam semampu yang saya bisa. Alhamdulillah, setelah saya ikuti, justru jadi lebih tenang saat dalam pertandingan,” ucap anak bungsu dari tiga bersaudara ini.

Tidak hanya itu, Ayah dua anak ini juga tidak menyalami wasit atau hakim garis perempuan karena bukan muhrimnya. Ahsan hanya menangkupkan kedua telapak tangan kepada wasit atau hakim garis perempuan dalam pertandingan yang dijalaninya sebagai pengganti bersalaman.

Juara All England 2014 ini juga selalu sujud syukur setiap usai menjalani pertandingannya. Ahsan juga mulai memelihara jenggot. Menurut pengakuannya, hal-hal tersebut ia lakukan setelah tahu semua itu ada dalam ajaran Islam dan sunnah Nabi Muhammad SAW.

“Adab-adab ini saya lakukan setelah mempelajari Islam lebih dalam. Saya ikut pengajian di masjid dekat rumah. Saya juga membaca buku-buku islami dan artikel keislaman di internet,” ujar suami dari Novitania ini.

Bagi pasangan Rian Agung Saputro ini, urusan dunia dan akhirat haruslah seimbang. Apalagi dia merupakan seorang pemain bulutangkis profesional dan menjadi andalan Indonesia. "Saya berusaha menjalankan apa yang saya bisa, jika ada yang mengikuti saya Alhamdulillah kalau itu baik, menjadi amal jariah bagi saya. Jika perilaku saya di tengah lapangan kemudian menjadi viral di media sosial, saya tidak memikirkannya," tegas Ahsan.

Karir, Pendidikan dan Keluarga

Ahsan sendiri memulai karir profesionalnya dalam bulutangkis nasional setelah masuk klub Djarum Kudus tahun 2007 dan ia pun berhasil lolos ke pelatnas tahun 2008. Saat itu, Ahsan langsung dipasangkan dengan Bona Septano. Prestasinya mulai menanjak dan namanya mulai melejit saat berhasil melawan seniornya, Hendra Setiawan/Markis Kido di final Sea Games tahun 2011.

Tahun 2012, Ahsan dan Bona dipisahkan karena beberapa kali mengalami kegagalan dalam pertandingan. Setelah itu, ia dipasangkan dengan Hendra Setiawan. Duetnya dengan Hendra ini dapat dinyatakan berhasil karena berbagai prestasi gemilang yang mereka dapat.

Tapi sayangnya, pertengahan tahun 2016 Ahsan dan Hendra pun 'diceraikan'. Selanjutnya, Ahsan dipasangkan dengan Berry Anggriawan. Dinilai tidak berkembang, Ahsan kembali dipisahkan dengan Berry dan dipasangkan dengan Rian Agung Saputro hingga saat ini.

Mohammad Ahsan adalah salah satu atlit yang juga sadar akan pentingnya pendidikan, di sela-sela tuntutan latihan Ahsan juga memprioritaskan pendidikannya. Ahsan bergelar sarjana ekonomi yang diperolehnya dari Universitas Budi Luhur dan berhasil diselesaikan pada tahun 2011. Semangat Ahsan dalam bertanding sama berapi-apinya saat menempuh pendidikan.

Saat ini, Ahsan sudah dikarunia dua orang buah hati. Puteri pertamanya bernama Chayra Maritza Ahsan yang lahir pada 3 Januari 2014, sedangkan anak keduanya berjenis kelamin laki-laki dan diberi nama King Arsakha Ahsan.

Ia sering mengunggah kebersamaan bersama anak-anaknya melalui akun instagram pribadinya. Ahsan dipanggil "babah" oleh anak-anaknya, sehingga para fans pun banyak yang ikut memanggil pebulutangkis profesional ini dengan sebutan "Babah Ahsan".

Ahsan meskipun gahar di lapangan, tapi sangat hangat di tengah-tengah keluarganya. Sosoknya yang pendiam, ternyata sangat Family man. Ahsan selalu menyempatkan dirinya mengantar anaknya ke sekolah. Jika tak ada latihan atau turnamen, maka Ahsan akan mengajak keluarganya berlibur. Ahsan pun tak segan membantu pekerjaan istrinya dan mau menyupiri istrinya kemana-mana. (njs/dbs/foto:portalislam)


Back to Top