Begini Makna Hijrah Menurut Irwansyah

gomuslim.co.id- Perjalanan hijrah sejatinya adalah berproses kearah yang lebih baik. Menjalani kehidupan yang sesuai dengan tuntunan agama. Setiap orang mempunyai kisah hijrah yang berbeda-beda. Dalam hal ini termasuk kalangan artis sebagai public figure yang menginspirasi banyak orang. Salah satunya adalah artis Tanah Air, Irwansyah.

Aktor sekaligus penyanyi yang namanya melambung sejak 2006 ini memilih untuk menjalani hidup yang lebih islami sejak dua tahun terakhir. Suami dari Zaskia Sungkar ini bahkan sudah mendirikan Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan sempat mengajar mengaji anak-anak di kawasan Bintaro.

Awal Niat Hijrah

Keinginan berhijrah diakui Pria kelahiran Jakarta, 6 Maret 1985 ini sejak pulang umrah kedua. Dukungan dari sang Isteri dan Tengku Wisnu menjadi faktor pendorong kuat dalam keputusannya.  

“Iya, jadi niat hijrah ini pas umrah yang kedua dua tahun lalu. Syukur alhamdulillah diizinkan sama Allah dan hidup mulai teratur. Wisnu juga pendorong juga buat aku. Sharing sama Wisnu juga," ujar Irwansyah saat ditemui gomuslim dalam acara peluncuran Jannah Travel di Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Tidak hanya itu, diakuinya, Tengku Wisnu kerap membuat dirinya iri akan pendalaman ibadah dan perubahan suami dari Shireen Sungkar itu. “Intinya banyak tindakan Wisnu yang membuat aku iri tentang ibadahnya," tuturnya.

Bintang film Heart ini mengatakan bahwa waktu adalah hal yang diatur oleh masing-masing manusia, termasuk membaca Alquran setiap hari. Namun demikian komitmen kuatlah yang mendukung penuh.

“Waktu masih syuting dulu, Alhamdulillah tidak ada teman-teman mecibir saya shalat, bahkan para kru tetap menunggu sampai saya selesai shalat, mereka sangat mendukung perubahan saya. Di samping itu, ada teman-teman yang mensupport perubahan saya, tapi ada juga yang malah mencibir,” kata artis berdarah Minangkabau ini.

Ia mencontohkan ketika pengalamannya menolak salam cium pipi kiri dan pipi kanan. Bagi kalangan artis, itu memang merupakan hal yang biasa dilakukan. “Ketika sudah hijrah, tentu saya tidak melakukan hal demikian, akibatnya beberapa teman ada yang tersinggung. Saya berfikir, semua itu tergantung dari cara kita menjelaskannya lagi,” ungkapnya.

Menurutnya, penjelasan perlu dilakukan kepada semua orang ketika sudah mempunyai komitmen dalam hidup, terutama dalam mengamalkan ajaran Islam. “Saya sudah komit dengan Zaskia untuk tidak cium pipi kiri dan kanan dengan yang bukan mahramnya. Dengan cara begitu, teman-teman pun bisa memaklumi komitmen saya,” ucapnya.

Saat ini, Irwan memang sudah jarang di main sinetron dan hampir tidak aktif di dunia perfilman. Namun, baginya hal itu justru sebagai jalan dari Allah. “Di saat sudah tidak begitu aktif diperfilman lagi, Allah menggantikan dengan yang lebih baik dan lebih menenangkan,” katanya.

Usai hijrah, pelantun lagu Pencinta Wanita ini mengaku bahwa dirinya sudah jarang keluar sampai malam kecuali ada kepentingan mendesak. "Aku sekarang tidak suka keluyuran malam-malam. Kalau tidak meeting atau ada kepentingan lain ya pulang. Paling sekarang pulang malam nonton sama istri. Kalau dulu habis meeting pasti kemana dulu. Tapi menurutku hijrah itu berbeda-beda mengartikannya," ucapnya.

Fokus Bisnis Bareng Isteri

Irwansyah kini sedang sibuk menjalani bisnis yang ia kembangkan bersama isteri dan teman-teman artis lainnya. Beberapa waktu lalu, ia meluncurkan travel umrah dan wisata halal bernama Jannah Travel. Bisnis ini dijalankan bersama dengan Shireen Sungkar - Teuku Wisnu, Ricky Harun - Herfiza, Irfan Hakim, dan Prilly Latuconsina.

Menurut Irwansyah, bisnis travel yang ia bangun tercetus lewat pengalaman kendala di setiap perjalanan yang ia dan isterinya lakukan. Mulai dari informasi makanan halal, waktu beribadah, hingga tempat peribadatan di lokasi perjalanan mereka.

"Based on apa yang kita sukai. Karena kita hobi traveling, dan teman-teman yang kita ajak memang yang hobi traveling. Kayak travel ke Eropa kita makannya susah ya. Sama rombongan suka mikir makanannya enggak halal nih, ya seperti itu kira-kira kekurangannya," kata dia.

Ia menuturkan bahwa sesuatu yang dilakukan dengan berjamaah akan semakin memberikan kepuasan. "Menurut aku berjamaah memang lebih puas sih, jadi lebih banyak pahala dan banyak doa. Jadi teman-teman juga banyak insight-insight, kalau kita berdua kan insight-nya cuma berdua doang. Kalau teman-teman kan kita gini kita gini, kalau ramai kan keluar idenya, terus saling menjaga lah," paparnya.

Selanjutnya, ia menyebut kalau membuka bisnis travel memang memerlukan perhatian yang lebih dari sekadar berbisnis kue karena berkaitan dengan tingkat kepuasan orang banyak. "Iya pastinya yang ini kita bukan jual kue yang enggak enak ya udah, tapi ini terkait kenyamanan orang, umrah, jadi harus dipikirin dan kita kerjasama dengan orang yang pakar di travel," tandasnya. (njs)

 

 

 


Back to Top