HijabersMom Community

Mengaji dan Berbisnis Bersama Ibu Hijabers

Sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui. Itulah peribahasa yang tepat menggambarkan kegiatan yang dilakukan oleh sebuah komunitas yang sudah berdiri sejak 26 November 2011 ini. Sebagaimana umumnya sebuah komunitas, ajang kumpul-kumpul pun menjadi kegiatan yang wajib. Tapi, di komunitas ini, kumpul-kumpul menjadi berharga karena diisi dengan hal-hal bermanfaat untuk menggali potensi dan bernilai ibadah. Kegiatan rutin mereka, seperti pengajian, seminar, sampai berwirausaha menjadi wadah silaturahmi yang sekali dilakukan, tapi dua-tiga, bahkan lebih manfaat dihasilkan.

Adalah HijabersMom Community (HMC), komunitas ibu hijabers yang dibentuk oleh para desainer muslim Indonesia, yaitu Monika Jufry, Irna Mutiara, Hannie Hananto, Najua Yanti, dan Jenny Tjahyawati. Awalnya, alasan mereka membentuk komunitas ini adalah untuk mengumpulkan kaum ibu hijabers agar bisa saling bertukar-pikiran tentang rumah tangga sampai berwirausaha bersama untuk mengembangkan potensi diri. Karena itu, sambutan masyarakat pun cukup menggembirakan dengan kehadiran HMC ini. Buktinya, sejak diresmikan di Jakarta 2011 lalu, komunitas ini sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Menurut Nining, staf Humas HMC kepada GoMuslim, Kamis (3/03), HMC kini sudah bertambah keanggotaannya untuk cabang di beberapa kota. Di antaranya adalah Bandung, Malang, Banten, Padang, Palembang, Riau, Sukabumi, Indramayu, Makasar, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Lombok, Aceh, Sidoarjo, Bangka, Bali, Medan, Pontianak, Malang, Ciamis, Bukit tinggi, Ketapang, dan Sampit. Ribuan ibu anggota HMC berasal dari beragam latar belakang dan profesi, seperti ibu rumah tangga, desainer, dokter, notaris, pengusaha, dan lainnya. Mereka dikoordinasi HMC pusat yang berada di Jakarta.

“Kami melakukan koordinasi kepada mereka melalui sosial media, FB/Fanpage, Twitter, Instagram, WA Group. Dari sana, mereka pun melakukan kegiatan secara mandiri dengan masing-masing cabang atau kota memiliki bisnis yang dikoordinasi sendiri, misalnya bazar di berbagai rekanan dengan membawa bendera  HijabersMom cabang atau kota tersebut,” ujar Nining.

 

 

Terkait kegiatan yang dilakukan HMC, kata Nining, masing masing cabang atau kota diwajibkan minimal menggelar satu kali acara berupa pengajian rutin sebulan sekali. Sedangkan, kegiatan di luar pengajian bisa bebas dilaksanakan seperti talkshow, demo masak, dan lain-lain yang penting tidak bertentangan dengan aturan-aturan di komunitas.

Selain itu, komunitas ini bisa menjadi wadah bagi para ibu untuk mengembangkan diri dalam dunia wirausaha, sehingga mereka bisa lebih mandiri. Karena itu, HijabersMom Community juga mendirikan sebuah usaha yang diberi nama "HMC Store" di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan. Toko ini menjual fashion busana muslim, aneka aksesori, makanan dan lainnya hasil kreasi para anggota.

Sayangnya, toko ini tak bertahan lama. Ditemui GoMuslim di kesempatan berbeda, Risti, Staf Program HMC mengatakan HMC Store untuk sementara tutup, karena waktu sewa toko di Radio Dalam itu sudah habis. Ke depan, toko ini akan kembali dibuka di tempat berbeda dengan konsep yang lebih baik lagi. Tapi, belum pasti waktunya.

Untuk saat ini HMC sedang fokus untuk mengembangkan program yang sudah ada. Seperti dalam waktu dekat ada agenda Nasional yaitu Workshopnas yang dihadiri oleh perwakilan komite atau pengurus seluruh cabang pada tanggal 1-3 April 2016 di Kota Batu-Malang, Jawa Timur. Sedangkan untuk Maret ini, HMC akan hadir di fashion show karya salah satu foundernya, yaitu Hanni Hananto di gelaran Indonesia Fashion Week, Jumat (11/03) di JCC, Senayan, Jakarta.

Jika anda tertarik bergabung dengan komunitas ini, ada beberapa syarat, di antaranya; wanita berhijab, usia 25 tahun ke atas atau sudah/pernah menikah, mengisi form keanggotaan HMC, dan membayar biaya pendaftaran Rp 25 ribu, dengan lebih dulu menghubungi langsung cabang HMC di kota anda.  Ingin tahu jadwal kegiatan atau informasi update tentang komunitas ini bisa dilihat di twitter @HijabersMom atau via facebook di fanspage Hijabersmom Community. (fau)

 

 

 

 


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top