Komunitas Taklim Remaja dan Taklim Anakku

Mengajak Anak dan Remaja Belajar Islam

Secara rutin, sebuah Musholla bernama Al-Ikhlas mengadakan pengajian ilmu agama. Uniknya, para peserta pengajian ini bukan diisi oleh Bapak-Bapak atau Ibu-Ibu seperti biasanya. Adalah Taklim Anakku dan Taklim Remaja yang menjadi wadah komunitas belajar bersama bagi anak-anak dan remaja. Komunitas ini memang beranggotakan anak dan remaja yang masih berusia sekolah, tapi kepengurusannya yang berasal dari dewan pengurus Mushola yang berlokasi di dalam Perumahan Puri Bintaro Sektor 9, Pesanggrahan, Jakarta Selatan itu.

Adalah Ardiany Amelia atau yang akrab disapa Lia Nanang, koordinator Taklim Anakku dan Taklim Remaja. Ibu rumah tangga yang juga penulis buku Aku dan Hijab ini memang aktif berdakwah sejak memutuskan berhijab. Petualangan dakwahnya semakin kental sejak tinggal di daerah Bintaro yang kondusif dengan kehidupan beragama. Bermula dari berkumpul dengan kelompok arisan, muncul ide untuk membuat kelompok pengajian tahsin bagi Muslimah. Seiring Majelis Taklim Khoirotunnisa yang berkembang, Lia mulai berpikir untuk membuat taklim khusus bagi remaja dan anak-anak.

 

Lia mengatakan sebelum ide taklim remaja, para pengurus terlebih dahulu mengembangkan Taklim Anakku bagi anak usia TK hingga kelas 6 Sekolah Dasar. Taklim Anakku yang sudah terbentuk sejak 5 Februari 2011 tetap berjalan sampai sekarang. Taklim ini menjadi wadah bagi anak-anak untuk mencintai taklim sejak usia diini untuk anak-anak usia KB-TK-SD yang biasa berlangsung pada Sabtu pukul 09.00 pagi. Materi yang disampaikan pada taklim ini juga disesuaikan, seperti acara dongeng kisah islami dan Fiqh anak. Update acara bisa disimak di twitter @TaklimAnakku.

Sedangkan, Taklim Remaja diluncurkan pada 20 Januari 2013 dan mempunyai kegiatan biasanya pada Minggu pukul 09.00 pagi. Awalnya, pembentukan Taklim Remaja ini tertunda karena kesibukan para pengurus dan juga banyak pengajian remaja masjid yang telah dibentuk di sekitar Bintaro. Namun, banyak orang tua yang mendesak dan menyemangati pengurus agar segera mengadakan taklim untuk para remaja.

"Untuk membedakan antara Taklim Anakku dan Taklim Remaja maka dibedakan sesuai tingkat sekolah mereka,” kata Lia.

Pembedaan kategori usia ini bertujuan agar materi dapat tersampaikan lebih efektif karena usia yang setara dan membuat mereka nyaman. Ustadz yang dihadirkan pun bervariasi dan materi disesuaikan dengan kebutuhan remaja saat ini. Ustadz yang pernah mengisi materi, di antaranya, Ustadz Riza Muhammad, Ustadz Yuke Sumeru, Ustadzah Nani Handayani, dan Ustaz Fatih Karim.

Selain para Ustadz tersebut, Taklim Remaja juga pernah menghadirkan beberapa publik fi gur tersebut, di antaranya, Dude Herlino, Dian Pelangi, Chiki Fawzi,Dewi Sandra, dan Teuku Wisnu. Lia dan pengurus lainnya juga memilih  khusus Teuku Wisnu dan Dewi Sandra, untuk menjadi Duta Taklim Remaja bagi remaja putra dan remaja putri.

"Kehadiran mereka menjadi figur anak muda, sehingga kami berharap mampu menyemangati remaja untuk istiqamah,"jelasnya.

Salah satu acara yang berlangsung di Taklim Remaja ini adalah menghadirkan penulis novel Ahmad Fuadi pada pengajian rutin, hari Minggu pagi (21/2) di Mushalla Al Ikhlas, Puri Bintaro, Sektor 9. Taklim kali ini mengusung tema “Menulis itu Seru!!!”.

Lia mengatakan Tema ini dipilih untuk menginspirasi anak-anak remaja, mengarahkan hobi curhat di social media ke arah yang lebih bermanfaat. Taklim Remaja kali ini dihadiri sekitar 40 remaja dari Bintaro Jaya dan sekitarnya, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, hingga Bekasi.Selanjutnya, agenda Taklim Remaja Bintaro pada hari Minggu, 13 Maret 2016 mendatang akan menghadirkan narasumber Ustadz Bendri Jaisyurrahman.

 

Meski berada di daerah Bintaro, remaja yang hadir tak hanya berasal dari sana. Mereka datang dari sekitar Jabodetabek. Karena, info taklim remaja ini sengaja disebar melalui jejaring sosial. Melalui Twitter @TaklimRemaja, info taklim ini berkembang bahkan di luar Jakarta. Banyak ibu-ibu dari Yogyakarta dan Surabaya yang telah membentuk taklim anak dan remaja yang idenya berasal dari Taklim Remaja dan Anakku bentukan Lia dan pengurus lain.

Karena itu, komunitas ini bisa menjadi wadah bagi para orang tua untuk mengajak anak dan remaja mereka belajar Islam di komunitas ini. Jika ingin info atau update, sila email pin bbmu ke taklim.remaja@yahoo.com atau hubungi pengurusnya di @liananang  (fau/taklimanakremaja)

 


Back to Top