Komunitas Ladang Amal (Kalam)

Gerakan Pemuda Cinta Anak Yatim dan Dhuafa

Jakarta, (gomuslim). Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang menanggung anak yatim baginya atau bagi lainnya, saya dan dia seperti dua hal ini di surga” Imam Malik bin Anas yang meriwayatkan hadits ini memberikan isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah. (H.R Muslim)

“Apakah kamu senang jika hatimu menjadi luluh dan kebutuhanmu tercapai? Kasihanilah anak yatim, usap kepalanya dan berilah makan dari makananmu, maka hatimu menjadi luluh dan kebutuhanmu tercapai.” (HR.Thabrani)

Komunitas yang satu ini berkecimpung di dunia relawan dan kegiatan sosial. Sebagaimana hadits Rasullullah SAW. tersebut, kumpulan orang ini berkumpul dan bersinergi untuk membantu, memberdayakan, dan melakukan kegiatan sosial lain, khusus untuk anak yatim dan dhuafa. Kiprah mereka sudah terlihat dari tahun 2011, meski saat itu belum begitu besar, tapi kini komunitas di bawah naungan Pondok Pesantren dan Yayasan Daarut Tauhid K.H. Abdullah Gimnatsiar (Aa Gym) ini semakin berkembang.

Adalah Komunitas Ladang Amal (Kalam) yang dipelopori oleh alumni Santri Tafaqquh Fiddiin Daarut Tauhiid Jakarta ini  tergabung dalam barisan Relawan Sahabat Tauhiid (RST) Daarut Tauhiid Jakarta dimulai sejak tahun 2011, 2012 di Pondok Indah, 2013 dan 2014 di Serua. Berbagai kegiatan sosial dilaksanakan mereka, mulai dari masjid ke masjid sampai yang bersifat nasional.

Komunitas ini hadir untuk menjadi solusi bagi masyarakat Islam yang mengumpulkan pemuda-pemudi tangguh yang siap menebar manfaat. Mereka sigap dan peka akan kebutuhan masyarakat dan juga peduli dengan lingkungan sekitar, cerdas dalam berbuat menjadikan diri dan lingkungan berdaya guna, serta siap berjuang demi kemaslahatan umat. Relawan Sahabat Tauhid beranggotakan pribadi-pribadi yang terbina dan terpilih yang memiliki komitmen dan kesiapan untuk mempersembahkan amal terbaik yang bertekad memberikan kontribusi maksimal dalam memberikan bantuan melalui program-program kemanusiaan.

Seperti dalam waktu dekat, menjelang Bulan Ramadhan 2016, komunitas ini akan menggelar sebuah event besar kedua kali setelah sukses pada 2015 lalu. Acara ini bernama  Festival Yatim dan Dhuafa (FYD). Komunitas ini berharap FYD bisa menjadi   salah satu wadah yang  mampu menyalurkan bantuan dari para donatur kepada adik adik yatim dan dhuafa serta mengukir kebahagiaan di hati dan wajah mereka.

Pada tahun 2016 ini, FYD akan berlangsung dengan tema “Gali Potensi untuk Meraih Ridho Illahi” dengan konten acara yang dibuat untuk menggali minat dan bakat adik yatim dan dhuafa. Beragam  rangkaian acara pun sudah disusun untuk  dapat menumbuhkan motivasi dan energi positif bagi mereka.  Untuk itu, panitia pun mulai menggalang donasi kepada para donator yang bersedia menyisihkan uang mereka untuk menyukseskan acara  amal untuk anak yatim dan dhuafa terbesar tahun ini.

Adapun rangkaian FYD 2016 akan dilaksanakan pada bulan Mei, Juni dan Juli. Bulan Juni bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Karena itu, salah satu kegiatan FYD adalah berbuka puasa bersama 1500 anak yatim dan dhuafa.

Panitia mengajak kaum muslimin, saling berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan di Bulan Ramadhan dengan melakukan sesuatu yang kecil untuk dampak yang besar, yaitu melalui Festival Yatim dan Dhuafa lakukan dengan beberapa tujuan, di antaranya adalah  sebagai sarana untuk melaksanakan perintah Allah dan sunah Rasulullah SAW yaitu menyantuni fakir miskin dan menyayangi anak yatim, berbagi bahagia bersama adik-adik yatim dan dhuafa, berlomba-lomba dalam kebaikan dan menebar manfaat bagi umat, mencetak generasi penerus yang sholih, cerdas, kreatif dan berakhlak mulia, menggali potensi, kreasi dan intelegensi adik-adik yatim dan dhuafa.

Sasaran Kegiatan FYD ini adalah adik-adik SD, SMP, dan SMA dengan kisaran usia 6 sampai 18 tahun di sekitar wilayah JaBoDeTaBek dengan target peserta 2000 Adik Yatim dan Dhuafa. Sedangkan acara berlangsung mulai Minggu (22/05/2016) sampai Sabtu (30/07/2016). Jika anda ingin ikut berdonasi dan mengetahui update tentang FYD bisa tengok di website mereka di www.festivalyatim.org atau ingin ikut bergabung dan mengetahui update kegiatan komunitas KAMAL Sahabat Tauhid bisa follow twitter @SahabatTauhid dan www.sahabattauhid.com. (fau/sahabattauhidofficial)

 


Back to Top