Jejaring Sosial Islami

Salingsapa, Komunitas Dakwah Dunia Maya

Jakarta, (gomuslim). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat bisa menjadi lahan-lahan baru para pekerja kreatif Indonesia. Karena itu, munculah portal-portal berita, aplikasi-aplikasi, sampai toko belanja yang kini bisa dinikmati melalui layanan internet di dunia maya alias online. Akan tetapi, perkembangan tersebut juga bisa menjadi hal yang negatif  ketika diisi oleh konten-konten yang tidak sesuai dengan  norma-norma yang berlaku, khususnya dalam ajaran agama Islam.

Dengan alasan tersebut, sebuah komunitas bernama 'Salingsapa' hadir di tengah masyarakat untuk menjadi alternatif pilihan bersosial media melalui dunia maya dengan menyelipkan konten-konten Islam melalui tulisan, audio, video, dan lainnya. Mereka pun mengembangkan sebuah situs jejaring sosial seperti facebook untuk memudahkan para membernya bersaling-sapa satu sama lain.

Berawal dari seorang siswa kelas tujuh menengah pertama Sekolah Alam Bandung, bernama Muhammad Yahya Harlan yang membuat sebuah jejaring sosial islami yaitu,  www.salingsapa.com yang memiliki 5.500 pengguna dari 52 negara. Berangkat dari ketertarikannya di bidang IT, Yahya, begitu ia akrab disapa,  belajar pemrograman di Comlabs Institut Teknologi Bandung (ITB)  pada saat ia kelas 5 sekolah dasar. Salingsapa.com ini pada awalnya dibuat dengan memiliki kemiripan dengan salah satu jejaring sosial  buatan Mark Zuckerberg, hal ini dikarenakan Yahya ingin para pengguna mudah untuk menggunakan salingsapa.com.  Tapi, saat ini situs tersebut sudah dibuat dengan desain berbeda. Melalui jejaring ini, Yahya ingin mengembangkan  jejaring sosial yang bersih dan berguna bagi para pengguna. Di sana terdapat berbagai macam fitur islami seperti Alquran, radio, dan video dakwah.

Salingsapa.com dibuat Yahya Harlan pada Desember 2010 yang awalnya hanya sebagai uji kemampuan di tempat belajarnya.  Tapi siapa sangka, kini justru telah diikuti sedikitnya 500.000 orang. Bahkan sebelum resmi dipublikasikan untuk umum, rata-rata 700 orang masuk jadi anggota dan diakses lebih dari seratus negara.

Dakwah Via Online

Banyak orang meragukan kemampuan Yahya. Tapi siswa SMP kelas satu sekolah alam Bandung ini tak ambil pusing dan bahkan sempat pergi ke Qatar untuk mempersiapkan salah satu materi situsnya. Yahya Harlan berniat terus menyempurnakan karyanya, Salingsapa.com dan berharap situsnya itu bisa menjadi sarana belajar jarak jauh.

Terbukti, situs ini pun semakin berkembang  dengan konten dan juga kerjasama dengan berbagai pihak. Alhasil Salingsapa pun menjadi sebuah komunitas di dunia maya yang terkenal di banyak kajian Islam tanah air yang menyajikan alternatif mengaji jarak jauh. Jika tak bisa hadir langsung di tempat acara, Salingsapa bisa menayangkan video live streaming acara tersebut atau bisa juga mendegarkannya saja melalui fasilitas fitur audio.

Fitur-fitur Salingsapa.com yang dilengkapi dengan  konten-konten Islami  ringan  ini  cocok untuk bersilaturahmi dan menambah ilmu. Misalnya, ada Alquran digital, video tausiah para ulama, hingga live streaming dari Mekkah, dan masjid-masjid lain di Indonesia. Fasilitas live streaming dan video on demand dari SalingSapa.com  bisa menjadi salah satu media belajar jarak jauh yang praktis, mudah digunakan, dan gratis.

Selain itu, fitur live streamingnya telah memungkinkan ceramah atau  khutbah yang berlangsung di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta bisa disimak di seluruh dunia. Dalam seminggu, setidaknya ada tujuh ceramah, berupa kajian kajian, dan Khutbah Jum’at dari para Ulama seperti Prof. Nasaruddin Umar, Prof. Ali Musthafa Ya’qub, dan lainnya itu bisa disimak melalui Salingsapa.com. Begitu juga, beberapa Ulama, seperti Ustad Yusuf Mansur, Ustadz Bachtiar Natsir, Ustadz Arifin Ilham, dan lainnya yang sudah memiliki perangkat untuk melakukan siaran langsung sudah mulai menyampaikan taushiyah di SalingSapa.com. Tidak hanya para pendakwah, masjid dan lembaga Islam, para inspiratory juga sudah bergabung, seperti Ahmad Fuadi, Ari Ginanjar, bahkan Dahlan Iskan pun berbagi audio, video, dan lain-lain di situs ini.

Melalui sarana ini, Taushiyah bisa disimak oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja melalui fitur taushiyah on demand.  Masjid-masjid, Pesantren-Pesantren, dan Para Ulama bisa meluaskan jangkauan syiar dakwah sampai seluruh dunia dengan dukungan teknologi. Salah satu yang menjadi kebanggaan Salingsapa adalah kegiatan pada April 2011, yaitu SalingSapa.com berhasil melakukan siaran langsung dari Qatar. Saat ini SalingSapa.com sudah diakses dari 105 negara dengan jumlah member lebih dari 500.000 orang.

Ceramah di Masjid Sunda Kelapa Jakarta bisa disimak dari mana saja, Ceramah di Pesantren Daarul Qur’an bisa disimak darimana saja. Ceramah dari rumah Ustadz Yusuf Mansur bisa disimak dari mana saja. Tidak ada lagi batasan jarak jangkauan Dakwah.

Selain yang sifatnya spiritual, SalingSapa.com juga akan membangun sekolah virtual  semacam sarana ‘distance learning’, di mana proses belajar jarak jauh bisa berlangsung dengan mudah, menarik, dan tidak berbiaya besar. Ke depan, SalingSapa.com akan membuat Chanel-chanel khusus pendidikan, seperti yang pernah dilakukan untuk pertama kali, yaitu memfasilitasi siaran langsung sebuah Talk Show yang berlangsung di Rektorat Kampus Universitas Padjajaran (UNPAD),  Bandung. Saat  itu sekitar 60.000 orang menyaksikannya melalui internet, sekalipun yang hadir langsung hanya sekitar 500 orang. Beragam kuliah umum, talk show, seminar ataupun forum forum ilmiah di manapun berlangsung (selama ada koneksi internet ), akan bisa disimak oleh siapa saja, dan di manapun berada yang tidak berkesempatan hadir melalui situs komunitas ini.

Untuk mendaftar ke SalingSapa.com, anda cukup klik menu daftar yang ada di halaman pertama www.salingsapa.com. Selanjutnya, anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi, seperti nama, alamat email, dan lainnya. Salingsapa juga selalu menginformasikan kegaitan atau infromasi lainnya melalui media sosial Facebook di salingsapadotcom dan twitter di @tweetsalingsapa.

Jika ada Masjid, Pesantren, Ulama, Sekolah, atau Kampus yang  ingin bekerjasama dengan Salingsapa, misalnya dalam menggunakan fasilitas live streaming, anda bisa mengirimkan email ke yan.harlan@yahoo.com. (fau/salingsapaofficial)

 

 


Back to Top