Komunitas Sedekah Harian

Dahsyatnya Rutin Sedekah, Meski Sehari Seribu

Jakarta, (gomuslim). “Sedekah itu banyak manfaat. Karena itu, jika sedekah harian, kita berharap manfaat itu dapat kita rasakan setiap hari.”

Begitu yang disampaikan Abdul Azis, Presiden Komunitas Sedekah Harian kepada gomuslim, Senin (11/04/2016) melalui surat elektronik. Komunitas yang satu ini memang istimewa, karena berisi orang-orang yang saling bersinergi melalui suatu kegiatan berpahala dalam Islam, yaitu Sedekah.

Adalah komunitas Sedekah Harian, sebuah komunitas yang berkecimpung di dunia sosial melalui kegiatan sedekah. Selain menjadi identitas, nama komunitas ini juga menjadi sebuah penjelasan dari kegiatan yang dilakukan mereka, yaitu mengurus, mengelola, dan menyalurkan sedekah-sedekah harian.

Menurut Abdul Azis, Sedekah Harian resmi  dibentuk sejak 12 Januari 2012 lalu. Setelah itu, melalui program-program dan juga keaktifan anggotanya, komunitas ini terus berkembang. Pada 2016 ini, total ada 150 orang relawan yang mengurus organisasi pusat Sedekah Harian, sedangkan cabang komunitas ini pun sudah mempunyai chapter di beberapa daerah di Indonesia, di antaranya adalah ada 12 Chapter di 12 kota : Medan, Palembang, Jakarta, Bogor, Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Papua. Selain itu, karena aktif di sosial media, Sedekah Harian pun memiliki banyak follower, di antaranya di  twitter ada 40.645 followers,  Instagram 10.259 followers, fans  page Facebook 12.966 Likers, dan grup Facebook ada 1372 member.

“Komunitas Sedekah Harian memiliki tujuan, yaitu kami ingin menciptakan eksistensi komunitas @SedekahHarian secara Nasional dengan bersinergi secara strategis bersama komunitas-komunitas lokal dan nasional untuk memberikan kontribusi kebaikan bagi Indonesia melalui program sedekah ini,” jelas Abdul Azis yang juga mengembangkan program #SedekahSehariSeribu ini.

Sedekah Harian mempunyai  dua cara dalam bersedekah, yang mereka terapkan untuk para anggota atau masyarakay yang ingin bersedekah, yaitu Online, dengan daftar via web dan mentransfer rutin bulanan ke rekening resmi Sedekah Harian dan kedua secara Offline, dengan kasir offline  yang disetor satu bulan sekali melalui coordinator di chapter-chapter daerah. Selanjutnya, koordinasi akan dilakukan via SMS, whatsapp, email dan telepon dalam menghimpun dana dari rutinitas sedekah yang dilakukan setiap hari tersebut, meskipun hanya seribu rupiah.

Sedangkan, para penerima manfaat dari donasi-donasi yang terkumpul di Sedekah Harian akan disalurkan kepada para yatim miskin, dhuafa, fakir miskin dan korban bencana alam di Indonesia. seperti pada Fenruari tahun ini, Sedekah Harian membuka program donasi untuk para korban bencana banjir di Sumatera. Program tersebut digalakan dengan kampanye via media sosial dengan hastag #DaruratBanjir #BanjirSumatera dan  #SHPeduliBencana.

Kegiatan Komunitas SedekahHarian yang rutin berlangsung di beberapa tempat dan berbeda jenis kegiatannya, di antaranya adalah Pembinaan Yatim di Chapter Tangerang Selatan, Rumah Belajar di Chapter Tangerang, Maghrib Mengaji  di Chapter Jakarta, Kajian Bulanan di Chapter Jakarta, Buka Puasa Sunnah bersama di Chapter Jakarta, dan  Bimbel Gratis di Chapter Depok. Masing-masing kegiatan tersebut dikoordinasi oleh pengurus yang berbeda yang bertugas di masing-masing chapter.  Untuk di tahun 2016 ini, kata Abdul Azis, Sedekah Harian  akan meluncurkan program baru, yaitu  Klinik Gratis, Rumah Belajar, Rumah Tahfidz, dan Warung Gratis dari Sedekah Harian.

Jika anda berminat ingin bergabung dengan komunitas sosial ini, caranya adalah dengan  mengirimkan SMS/WA ke no: 08560-7777-121 dengan format: #Nama#AsalKota#Email#. Tidak ada syarat khusus untuk mendaftar bergabung dengan Sedekah Harian, yang terpenting adalah para relawan siap untuk memberikan yang terbaik dari harta, pikiran dan tenaga untuk membantu siapa saja dalam bingkai kebaikan.

“Semoga Allah mengampuni khilaf saya dan menjadikan aktivitas kami di Sedekah Harian sebagai 'amal shalih kami. Karena bagi saya jangan sampai kita lelah berbuat baik, padahal itu bisa kita lakukan di mana saja dan kapan saja,” kata Abdul Azis. (fau)

 Kantor Komunitas @SedekahHarian:

Jalan Kalibata Tengah No.3A Jakarta Selatan

No Kontak : Abdul Azis 08777 100 4181 | WA: 08111877121 | Pin BB: 281A2A5A

Email : sedekahharian@gmail.com

Facebook : Sedekah Harian

Twitter : @SedekahHarian

www.sedekahharian.com

Rekening Donasi:

CIMB Niaga Syariah 08100000101 | Muamalat 3680002569 | BCA Syariah 0097 111117 an. Yay. Sedekah Harian


Back to Top