LSPR FOMS

Inilah Komunitas Muslim Ala London School Jakarta

Jakarta, (gomuslim). “Ironisnya, di Indonesia muslim itu mayoritas. Tapi, muslim di kampus kami itu minoritas.”

Sebuah kampus dibilangan jalan Jendral Sudirman ini mempunyai nama mentereng di kalangan kampus-kampus terkenal di Jakarta, bahkan di Indonesia. Kampus ini bernama London School of Public Relation (LSPR), Jakarta. Mulai dari prestasi sampai kegiatan mahasiswanya pun terkenal di kalangan mahasiswa Indonesia. Apalagi, image classy yang dimilikinya, membuat LSPR banyak dilirik para calon mahasiswa untuk pilihan kampus mereka.

Akan tetapi, menurut seorang mahasiswa jurusan Internation Relation, Wildan Adnan, berkuliah di LSPR menjadi tantangan tersendiri. Karena katanya, meski persentase muslim student di sana bisa dibilang 50% dan non muslim 50%. Jumlah yang seimbang ini, kata Wildan,  tidak dibarengi dengan sikap aware dan proud mereka terhadap seorang muslim di LSPR.

Karena itu, Wildan dan teman-teman membuat sebuah organisasi keagamaan bernama Federation of Muslim Students (FOMS) LSPR. Komunitas yang sudah berdiri sejak 2007-2008 ini mempunyai misi, yaitu ingin membuat masyarakat muslim di LSPR lebih bangga terhadap Islam dengan beragam kegiatan bermanfaat. Katanya, jika di tempat lain, yang bisa mengaji itu hal biasa, tapi di kampusnya itu hal yang luar biasa. Alasan itulah yang membuat FOMS berani unjuk gigi dengan beragam kegiatan bermanfaat.

Seperti pada Jumat (15/04/2016), gomuslim berkesempatan untuk menghadiri acara Islamic Festival pertama bertajuk: Islamotion 2016 yang diadakan LSPR yang diinisiasi oleh FOMS. Acara tersebut terbilang meriah, karena berisi dua hari dengan kegiatan yang beragam, di antaranya adalah talkshow inspiratif dari narasumber-narasumber berbagai bidang profesi, beragam perlombaan; poster dan video islam, foto hijab outfit of the day, dan lainnya, serta juga ada halal bazar festival yang berlangsung di Kuningan City Mall, Jakarta Selatan.

“Sebagai kalangan mahasiswa dan anak muda. Kami ingin membuka mata masyarakat, bahwa beribadah itu tidak hanya  sholat dan mengaji. Tapi juga bisa dalam hal belajar bersama melalui majlis taklim dan dengan karya-karya kita. Karena itu acara Islamic Festival ini bisa menjadi ajang belajar bersama dari mahasiswa muslim LSPR,” jelas Ketua Pelaksana Acara Islamotion 2016 ini.

Selain itu, Wildan yang juga President FOMS mengaku acara Islamic Festival ini ke depan akan dicanangkan menjadi acara rutin dari LSPR FOMS. Agar bisa menunjukkan eksistensi komunitas muslim di kampusnya dan mereka juga ingin mengajak mahasiswa LSPR khususnya dan masyarakat umum untuk bangga berkarya sebagai muslim.

“Tahun lalu, Assalaamu’alaikum Ramadhan menjadi branding acara LSPR FOMS yang mendapat perhatian yang baik bagi muslim student di LSPR. Dan , Insya Allah tahun ini, acara Ramadhan tersebut akan kembali diadakan dengan tema dan sasaran kegiatan yang berbeda,” tambah Wildan.

Sebagai komunitas mahasiswa muslim di LSPR, FOMS juga mempunyai kegiatan rutin. Kegiatan tersebut belangsung  setiap Rabu berupa penganjian yang diisi dengan  belajar tajwid dan belajar membaca Alquran bersama. Selainj itu ada juga pengembangan bakat setiap Senin. Kelas-kelas bakat tersebut dibagi menjadi dua, yaitu Keputrian berisi kegiatan  masak, bernyanyi, dan lain-lain, serta leadership untuk para mahasiswa. Ada juga acara Maulid Nabi yang isisi dengan pembacaan rawi dan belajar hadroh bersama tamu undangan FOMS.

 

“Intinya, kami ingin mengambil peran dan tidak mau ketinggalan dalam pengembangan anak muda muslim di Indonesia. apalagi saat ini kita sudah masuk ke dalam masyarakat ekonomi ASEAN. Karena itu, anak muda muslim harus bangga, harus berkarya, dan harus bermanfaat,” jelas Wildan.

Saat ini, anggota LSPR FOMS sudah mencapai 300 orang. Padahal kata Wildan, tahun lalu, anggota FOMS yang aktif hanya sekitar 80 orang saja. Karena itu, Wildan optimis FOMS bisa terus berkembang dan bisa lebih baik lagi. Selain aktif di kampus LSPR, FOMS juga membagikan pesan-pean dakwah dan berbagi  update kegiatan mereka di media sosial twitter dan instagram di @lsprfoms. (fau)

 

 

 

 


Back to Top