Refleksi Hari Kartini, Jadi Perempuan Bertauhid dan Tangguh Ala Muslimah Academy

Jakarta, (gomuslim). Hari ini tepat Kamis (21/04/2016) menjadi peringatan ulang tahun pahlawan nasional perempuan Indonesia, yaitu Raden Ajeng Kartini. Beberapa kalangan memperingatinya dengan beragam acara, mulai dari memakai kebaya adat daerah khas Nusantara sampai melakukan upacara penghormatan. Ada juga yang tidak secara formal memperingatinya, karena menurut mereka perayaan Hari Kartini bisa dilakukan dengan beragam cara, sebagaimana sosok perempuan pejuang emansipai perempuan Indonesia tersebut diteladani pemikirannya. Seperti yang dilakukan sebuah komunitas yang satu ini. Mereka bersinergi membuat  kegiatan rutin dengan tujuan mengajak para muslimah untuk lebih agamis, tangguh dan lebih berani.

Adalah Muslimah Academy (MA), komunitas perempuan yang berdiri di Bandung, Jawa Barat ini resmi diluncurkan pada Desember 2015. Sampai saat ini sudah lebih dari 240 orang terdaftar menjadi anggota MA yang  tersebar di 15 kota di Indonesia.

Melalui wawancara online, gomuslim berbincang dengan sang founder MA, yaitu  Dewi Meilani Khairunnisa. Kata Dewi, tujuan utama dia dan tim membentuk komunitas ini adalah untuk membentuk karakter Muslimah yang tangguh dan  bertauhid.

Belum genap setahun berdiri, MA sudah memiliki banyak penggemar. Apalagi  bisa dilihat dari jumlah follower mereka di media sosial yang sudah mencapai ribuan orang tersebut. Dewi  menambahkan, hal itu karena MA aktif melakukan kegiatan rutin yang bermanfaat dan beda dari biasanya. MA biasa melakukan kerjasama dengan Pondok Pesantren Darut Tauhid, Bandung asuhan K.H. Abdullah Gimnatsiar (Aa Gym) untuk tempat acara-acara mereka.

Kegiatan rutin MA saat ini ada dua  program, yaitu olahraga Islami;Berkuda & Memanah dan Public Speaking. Untuk kegiatan berkuda dan  memanah minimal dilakukan MA sebulan sekali di  Daarus Sunnah Eco Pesantren Parongpong, Bandung. Sedangkan untuk kelas public speaking, pengajian dan kegiatan indoor lainnya berlangsung di Muslimah Center Daarut Tauhiid.

Selain kegiatan rutin tersebut, agenda besar Muslimah Academy tahun ini akan berfokus kepada olahraga sunnah berkuda, memanah dan berenang sbg salah satu cara untukk membentuk karakter tangguh dan bertauhiid para muslimah. MA juga sedang merencanakan  program intensif berkuda hingga program trekking berkuda sampai mahir kepada para peserta, serta menggelar seminar kemuslimahan.

Tidak ada syarat khusus untuk bergabung dengan komunitas ini. Kata Dewi, yang penting muslimah dan mau berkunjung ke Bandung, karena sementara kegiatan-kegiatan MA berpusat di sana. Cara bergabungnya adalah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Muslimah Academy, setelah itu otomatis bergabung menjadi keluarga besar Muslimah Academy.

Info kegiatan Muslimah Academy dan inspirasi-inspirasi dakwah  lainnya biasa mereka update di beberapa akun media sosial, di anataranya di Instagram dan twitter: @muslimahacademy (private khusus akhwat), Path : Muslimah Academy Indonesia, dan fanspage di www.facebook.com/komunitasmuslimahacademy.

“Muslimah Academy bisa dikatakan satu-satunya komunitas khusus Muslimah saat ini yang berfokus pada dua hal, yaitu membentuk pribadi tangguh dan  bertauhid. Karena, tidak cukup bertauhiid saja tapi juga harus tangguh. Karena Allah lebih menyukai hamba-Nya yang kuat. Salah satu cara melatih ketangguhan adalah dengan olahraga sunnah berkuda, memanah dan berenang,” jelas Dewi.

Dia juga berharap langkah kecilnya bersama tim dalam mebentuk komunitas ini  bisa bermanfaat khususnya bagi seluruh Muslimah di Indonesia dan MA bisa terus istiqomah dalam jalan dakwah yang  diberkahi Allah dan  menjadi pemberat timbangan amal kebaikan kelak di yaumil qiyamah. (fau)

 


Back to Top