Komunitas Nasyid Indonesia Terbentuk, Inten Dakwah dengan Musik

Jakarta, (gomuslim). Komunitas yang satu ini berkecimpung di dunia musik. Tapi bukan musik biasa. Musik yang diusung mereka adalah musik kreatif plus lirik disisipi pesan dakwah. Komunitas ini pun menjadi pilihan alternatif  hiburan musik  dalam acara-acara festival Islam yang mendapat tempat tersendiri di hati pecinta musik religi tanah air.

Adalah komunitas Nasyid Indonesia, sebuah perkumpulan para pelaku nasyid di Indonesia yang membangun kesenian islami nasyid sebagai sebuah pilihan seni musik bagi masyarakat Indonesia yang membawa sesuatu yang positif dan bermanfaat dalam setiap karya-karyanya. Motto mereka adalah menjaga diri dengan kesyar'ian tanpa menanggalkan kehidupan yang sosialis dalam pergaulan.

Rizki Pengurus komunitas Nasyid bercerita kepada gomuslim, komunitas ini terbentuk sejak tahun 2011. Pendirinya adalah Abu Jihad, Dian The Jenggot, dan Kang Teddy SNADA. Dengan tujuan, ingin menjadi wadah berkreasi tanpa terganggu urusan adminstrasi dan hal-hal teknis organisasi. Anggotanya pun berisi banyak grup nasyid di Indonesia, seperti Awan Voice, Edcoustic, Nahawan, Firto, dan masih banyak lagi.

“Nasyid adalah jalan penyaluran hobi bernyanyi yang positif, di mana hobi itu tersalurkan ke arah yang  positif. Karena, Nasyid itu kan dari bahasa Arab yang artinya senandung. Tapi seperti umumnya sekarang, nasyid jadi ajang untuk berdakwah dengan isi lirik yang islami. Meskipun istilah nasyid bisa juga jadi lagu religi atau lagu positif,” jelas Vocalist grup nasyid Awan Voice ini.

Ketika ditanya perihal kefektifan dan perkembangan musik nasyid di Indonesia, Rizki serta rekan-rekannya di komunitas ini mengatakan perkembangannya pesat dan signifikan. Efektif atau tidak hasilnya, kata Rizki itu akan dikembalikan pada Allah SWT. Karena menurutnya, sebagai seorang muslim sudah berkewajiban masing-masing untuk menyampaikan kebaikan dengan passion dan kemampuan di bidang musik.

“Intinya, kami berkumpul berdasar passion yang sama dan berdasarkan kecintaan yang sama. Karena itu, dalam mengembangkan komunitas ini pun seiring dengan tangis dan tawa bersama, serta semua berjalan mengalir namun sambil menata, dibuat happy saja,” tambah Rizki.

Selain itu, dalam rangka memasarkan kesenian islami ini, Nasyid Indonesia membuat website: www.nasyidindonesia.com  untuk memudahkan masyarakat secara umum dan penggemar nasyid untuk lebih tau lagi tentang kondisi nasyid tanah air serta memudahkan untuk mengundang para pelaku nasyid yang masuk dalam manajemen mereka yang bernama mynasheed management.

Kegiatan rutinnya adalah konsolidasi dan berkumpul bersama dengan  waktunya tak menentu dan lebih banyak spontan, sehingga kegiatannya bisa di mana saja. Nasyid Indonesia berkumpul hanya saat diundang untuk tampil dan menjadi juri di salah satu acara, yang berlokasi di pelosok Jawa barat hingga Solo, Jogja dan Semarang.

Sedangkan, kata Rizki, agenda besar Nasyid Indonesia telah menjadi yayasan dan sudah terwujud. Rapat kerja akan dilakukan dengan dibarengi  terus berkarya.

“Sebenarnya, kami bukan organisasi komunitas yg belum tertata rapi. Sehingga berkumpul hanya berdasarkan pertemanan baik. Cara bergabungnya adalah dengan semangat berbuat dan berkarya. Pada akhirnya nanti chemistry akan terbentuk. Sedangkan, untuk pelatihan nasyid bagi masyarakat  insyaAlloh sudah diagendakan,” jelas Rizki.

Selain itu, Nasyid Indonesia juga membuka pertemanan melalui media sosial, seperti  di Instagram @nasyidindo  dan  facebook  Nasyid Indonesia.

“Semoga kontribusi yg ada meski sedikit tapi Allah catat sebagai amal kebaikan kita,” harap Rizki. (fau)

 

 

Nasyid Indonesia Management
 
Perumahan Riverra Hill No. 1, Pondok Cabe, Sawangan, Depok
 
Hp dan Whats Up : 0857 4306 8856 - 0821 3562 3872
 
Fb : Nasyid Indonesia
 
Twitter : @NasyidID , @mynasheed

Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top