Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)

Inilah Wadah Kumpul Para Relawan Muslim Indonesia

Jakarta, (gomuslim).  Sebagai makhluk sosial, manusia saling membutuhkan satu sama lain. Karena itu, banyak kegiatan sosial yang dilakukan di tengah masyarakat. Ditambah lembaga dan komunitas sosial yang muncul ke permukaan, sehingga menambah daftar kegiatan dan gerakan sosial yang bisa menjadi pilihan masyarakat untuk ikut berkontribusi.

Salah satunya adalah Komunitas Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Komunitas ini terbentuk dari hal inisiasi program-program sosial dari lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). MRI juga sebagai wadah yang dibentuk oleh ACT untuk mengkoordinir sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi beragam di tengah masyarakat.  Kiprah MRI terbukti  berbagai aksi nyata yang sudah dilakukan selama beberapa tahun terakhir. Bersinergi dengan banyak pihak,  MRI mampu membuat program dengan sukses dan pertanggungjawaban yang  baik dalam pelaporan keuangan maupun pemberitaan di media. Dalam hal kemandirian, para relawan berkontribusi aktif dengan mengorbankan waktu, harta dan semangat mereka dalam mewujudkan suksesnya kegiatan sosial yang dilakukan ACT.

Dari segi filosofi penamaan komunitas ini, Masyarakat Relawan Indonesia  (MRI) atau biasa disebut  Indonesian Volunteer Society adalah penggalan dari tiga kata, yaitu Masyarakat, Relawan, dan Indonesia. Masyarakat merupakan kumpulan individu-individu dari satu komunitas, baik komunitas mikro maupun makro. Relawan adalah individu atau sekumpulan individu yang bersedia berkontribusi terhadap perubahan posistif pada lingkungannya atas dasar prinsip kesukarelaan, tanpa pamrih. Indonesia  merupakan suatu identitas dari sebuah nation, sebuah tanah air bersama.

MRI beranggotakan individu-individu relawan yang memiliki komitmen dan kontribusi dalam menciptakan perubahan positif pada lingkunganya baik lingkungan mikro maupun makro atas dasar prinsip kesukarelaan sebagai wujud tanggungjawab sosial sebagai individu, sebagai warga masyarakat, sebagai warga negara, dan sebagai warga dunia. Dalam menjalankan inti perannya yaitu mengembalikan kesejatian manusia untuk saling memuliakan, MRI menitikberatkan aktivitasnya pada beberapa kegiatan inti, seperti Pelatihan Kerelawanan, Pemberdayaan Relawan, Pengembangan jejaring nasional dan global.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mencetak relawan yang memahami jatidiri dan prinsip kerelawanan, membuka wawasan dan mengasah keterampilan relawan agar dapat mengambil peran dalam aksi-aksi kemanusiaan baik penanganan bencana, maupun program kemanusiaan di berbagai bidang kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangkaian pelatihan kerelawanan ini, setiap relawan diasah untuk mampu menjadi kontributor perubahan untuk perbaikan kondisi masyarakat dan bangsa.  Rangkaian pelatihan yang dilakukan, di antaranya: Orientasi Kerelawanan, Managerial & Leadership Training, Paket Pelatihan Total Disaster Management (Penanganan bencana terpadu mulai dari mitigasi, emergency hingga recovery) mulai level basic hingga advance dilakukan secara bertahap,  Pelatihan Pengelolaan Program Kemanusiaan, Pelatihan Jurnalistik Kemanusiaan, dan Pembekalan berjenjang dalam “Universitas Kerelawanan”.

Pelatihan dan pembekalan skill saja tidak cukup untuk mengasah kepekaaan relawan terhadap lingkungan sosialnya. Maka tahap lanjutan paska pelatihan adalah pelibatan relawan dalam aksi-aksi kemanusiaan. Relawan diberikan kesempatan untuk terlibat aktif dan terjun langsung dalam respon atas bencana alam dan bencana kemanusiaan di dalam negeri maupun dunia Internasional.  Selain terllibat dalam aksi-aksi bersama ACT, relawan juga diberikan kesempatan untuk terlibat total dalam program-program pendampingan maupun pemberdayaan masyarakat, dengan model kegiatan: Kuliah Kerja Relawan atau Bakti Kerja Relawan,  Relawan Pendamping Massyarakat , dan Mobile Volunteer.

 Selain itu, MRI juga membina dan menguatkan jaringan kelembagaan pusat hinga daerah. Hal ini sebagai salah satu upaya agar MRI dapat  berperan lebih reguler, akseleratif, dan mampu menjadi lokomotif perubahan yang lebih cepat dan besar mencapai kebermanfaatan bagi masyarakat. Informasi lebih lengkap untuk ikut dalam kegiatan MRI dan update tentang kegiatan sosial lainnya bisa dilihat di http://relawan.id atau melalui akun sosial media mereka di twitter @MRIPusat dan facebook di Masyarakat Relawan Indonesia. (fau/act/mripusat)

 

 


Komentar

Tulis Komentar


Back to Top