Komunitas Halal Corner

Dari Sosial Media, Sebarkan Gaya Hidup Halal ke Nusantara

Jakarta, (gomuslim).  Berawal dari sebuah akun fanpage Facebook di tahun 2009 yang ternyata direspon dengan positif oleh masyarakat. Kemudian berlanjut dengan membuka akun di media sosial lain, seperti Twitter di tahun 2012. Ternyata, follower-nya pun makin banyak, bahkan lini masa akun tersebut sangat aktif dan padat. Mereka lalu mengusulkan untuk bisa bertemu dan melakukan kopi darat. Karena melihat antusiasme yang besar terhadap informasi yang diberikan akun-akun tersebut, akhirnya pada 4 Desember 2011 di Bandung, Aisha Maharani sang Founder pun mantap mendirikan komunitas yang ia beri nama Halal Corner. Sejak itu, Aisha bersama timnya berkomitmen untuk berbagi mengenai informasi industri halal.

Kepada gomuslim, Aisha bercerita Halal Corner (HC) adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat bermula dari komunitas yang didirikan atas kesadaran untuk menerapkan gaya hidup halal. Sejak  2011 berdiri, Halal Corner pun meluas ke berbagai kota di Indonesia, seperti  Jakarta, Bogor, Batam, Aceh, Makassar, Banjarmasin, Banjarbaru, Jogja, Surabaya, dan Malang. Saat ini jumlah anggota lama dan baru yang aktif  total 350 orang yang saling berkoordinasi dalam berbagai kegiatan.  

Selain menyebarkan informasi halal di sosial media, komunitas ini juga aktif menyelenggarakan kegiatan-kegiatan offair bersama para anggota di wilayah koordinasi HC. Program kerja Komunitas Halal Corner di antaranya adalah Kelas Halal yang terbagi menjadi dua, yaitu kelas online dan kelas offair. Kelas Online, berupa edukasi halal yang disediakan bagi masyarakat melalui media online Halal Corner. Pengurus HC akan memberikan layanan edukasi, informasi tentang halal serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang halal. Sedangkan untuk kelas offline berupa edukasi halal yang disediakan bagi masyarakat melalui kelas tatap muka. Adapun kelas-kelas offline yang telah tersedia adalah Halal Cooking Class, Halal Beauty Class, Halal Goes to UKM, dan Halal Goes to School. Tidak hanya itu, HC juga memiliki acara rutin berupa Dakwah on The Road. Kegiatan ini adalah  praktik edukasi halal langsung ke masyarakat oleh anggota Halal Corner dan bisa berkolaborasi dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  atau komunitas lainnya dengan program Sebar Kuas Halal (Sebakul ) dan pemberian Ifthar Halal yang merupakan program khusus di bulan Ramadhan.

Aisha menjelaskan, HC juga aktif di grup online sebagai  media komunikasi antara anggota Halal Corner dengan masyarakat sama dengan kelas online. Mereka pun membuka diri untuk masyarakat umum yang ingin mendaftar di grup online (whatsapp) HC. Caranya adalah dengan mendaftar ke 0823-3060-799 beserta Format : Nama_Profesi_Kota. Grup ini akan dijadikan tempat diskusi seputar halal dan info menarik lainnya serta silaturahim sesama follower Halal Corner.

Pada beberapa kesempatan, HC juga menyelenggarakan event besar, seperti Market Days, Seminar, dan Kajian Islami Halal Corner. Acara terdekat mereka adalah dalam rangka bulan suci Ramadhan, yaitu membuka donasi untuk membagikan 1000 ifthar halal kepada masyarakat panti asuhan, panti jompo, yatim dan dhuafa di sembilan kota pada 13 Juni 2016 mendatang.

Karena terjebak yang haram

Inisiatif membentuk komunitas Halal Corner ini, kata Aisha adalah karena ia pernah mengalami sendiri mengonsumsi makanan haram. Hal itu karena ketidaktahuannya. Pengalaman itulah yang membuat Aisha ingin memberikan pelajaran bagi masyarakat terhadap apa-apa yang halal.

“Pengalaman terjebak produk yang haram tersebut membuat saya ingin berbagi pengetahuan dan tips agar muslim lain tidak bernasib sama seperti saya,” ungkap mantan Sekretaris Redaksi Jurnal Halal LPPOM MUI ini.

Kata Aisha, saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai ada kesadaran terhadap produk halal, tapi masih perlu sosialisasi terutama untuk perusahaan dalam food industry. Karena itu, sebagai Founder HC, Aisha berharap Indonesia dalam hal ini tim halal MUI bisa meningkatkan mutu dan kualitas sertifikasi halal di Indonesia serta akses yang mudah dari lembaga-lembaga yang terkait dengan sertifikasi halal. Hal tersebut bisa dilakukan dengan membuat regulasi yang melindungi umat Islam dalam Industri produk halal. Untuk itu, kini Halal Corner pun sudah bermitra dengan beberapa lembaga di antaranya LPPOM MUI, BPOM, Kementrian Pariwisata,dan dinas-dinas terkait lainnya. Halal Corner juga sering diundang menghadiri seminar-seminar di berbagai kota dan negara, salah satunya adalah International Halal Summit di Filiphina tahun 2014 lalu.

“Selama membina Halal Corner adalah seperti pelangi berwarna warni karena disertai niat untuk dakwah dan memberi yang terbaik bagi agama Allah. Insya Allah, Halal Corner bisa selalu istiqomah di jalan yang Halal agar mendapat keberkahan hidup dunia dan akhirat, “ jelas Aisha.

Halal Corner juga membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk bergabung menjadi anggota HC. Kata Aisha, tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi anggota Halal Corner, yang penting muslim dan bersedia mengikuti aturan dan tata tertib komunitas Halal Corner dengan mengisi formulir pendaftaran anggota baru. Dengan bergabung menjadi anggota Halal Corner, masyarakat bisa mendapatkan beberapa keuntungan, di antaranya adalah mendapatkan akses informasi lebih lengkap seputar halal, mendapatkan prioritas untuk pendampingan sertifikasi halal, dipromokan produknya dengan syarat tertentu, mendapatkan kesempatan free Training Kader Dakwah dari LPPOM MUI Pusat, bisa menjualkan produknya di Halal Corner Market, berkesempatan menulis buku bersama Founder Halal Corner, dan free atau pemberian diskon seminar yang diadakan oleh Halal Corner atau event lain yang bersinergi dengan Halal Corner.

Informasi lebih lanjut mengenai komunitas Halal Corner bisa anda dapatkan dari beberapa akun media sosial berikut;  ID Line/Instagram : HalalCorner, Twitter: @halalcorner, Facebook Fan Page : Halal Corner, FB Group : http://bit.ly/1SL4wQB , dan Website : http://halalcorner.id. (fau) 


Back to Top