Madrasah Khairunnisa

Di Sini, Muslimah Digembleng Jadi Pembangun Peradaban

Jakarta, (gomuslim). Baru-baru ini gomuslim mendapat cerita hikmah dari sebuah komunitas muslimah di bilangan Jakarta Selatan. Dengan mengusung nama Madrasah Khairunnisa, komunitas ini konsen pada pengembangan dan pembelajaran bagi para muslimah untuk berbagi dalam hal kehidupan keluarga dan belajar agama Islam.

Madrasah Khairunnisa terbentuk sejak pertengahan tahun 2015 lalu. Saat itu, beberapa muslimah berkumpul untuk meniatkan diri solid dan istiqomah menyelenggarakan Madrasah khusus muslimah ini. Komunitas ini dijadikan tempat belajar ilmu syar'i, yang adalah pondasi utama bagi seorang muslimah, yang kelak menjadi Madrasah utama bagi anak anaknya, peletak batu besar peradaban. Karena itu mereka memiliki motto : Muslimah Membangun Peradaban.

Ketua sekaligus founder Madrasah Khairunnisa Nina Fitria bercerita kepada gomuslim, komunitas ini bermula dari upaya bersama untuk memfasilitasi saudari se-iman Islam di bumi Nusantara ini untuk menuntut ilmu Syar'i dengan mengadakan kajian kajian ilmu dan mengundang para guru sebagai pemateri untuk berbagi bersama para member  dalam hal tarbiyah Islam.

“Madrasah Muslimah ini juga sebagai sebuah ikhtiar bersama, agar semakin banyak muslimah yang senantiasa berada dalam lingkaran keberkahan para penuntut Ilmu, senantiasa meng-upgrade diri untuk terus belajar menjadi muslimah yang taat dengan hokum-hukum Islam, yang Insya Allah menjadi wasilah diri meraih keselamatan dunia akhirat. Terutama pula majelis ini fokus untuk  menyelenggarakan kajian dengan tujuan kelak akan semakin banyak terlahir sosok muslimah Bertaqwa dan Sholihah sebagai seorang Hamba Allah, istri, dan ibu pencetak generasi,” jelas Nina.

Madrasah Khairunisa adalah wadah belajar para muslimah yang ingin terus belajar ilmu Syar'i, yang ingin terus memahami ilmu Dinullah, dan  merasakan senikmat nikmat rizki  Allah yakni kesempatan untuk terus menuntut ilmu dan semangat istiqomah di dalam mempelajari islam sesuai Alquran dan Sunnah serta mengamalkannya. Karenanya, agar keberkahan ilmu bisa diraih, Majelis ini berkeinginan dapat berbagi kemanfaatan ilmu dengan menyelenggarakan majelis ilmu berjamaah.

“Insya Allah kami meyakini dengan semakin digiatkan majelis-majelis Ilmu, dan semakin banyak Muslimah yang tersentuh syiar-syiar islam, akan semakin dekat Islam dengan kejayaannya,” tambah Nina.

Selain itu, kata Nina, kegiatan Madrasah ini dibentuk seperti sekolah Muslimah untuk menuntut ilmu Syar'i yang memiliki agenda materi (tema pelajaran) yang dibagi ke dalam beberapa pertemuan rutin yang berlangsung setiap bulannya sebanyak dua kali. Kajian rutin ada setiap satu bulan dua kali di Masjid Nurul Huda, Kompleks Departemen Luar Negeri Cipete,  Jakarta Selatan.

Setiap Kajian di Madrasah Khairunnisa memiliki target besar sesuai visi misi mereka, yaitu menjadikan muslimah sebagai ibu dari peradaban. Selain kajian rutin tersebut, pada tahun  2016 ini juga bekerja sama dengan Muslim Mommypreneur membuat Event Akbar Yang mengupas Kajian Fiqh Jual Beli yang terdapat juga Sharing Bisnis, Motivasi Bisnis, Charity, Donasi Jilbab Syar'i dan mash bnayak kegiatan lainnya.

Saat ini Madrasah Khairunnisa memiliki tim inti yang terdiri dari 13 orang dan jamaah yang pernah hadir sekitar 100 orang di setiap kajian. Jika masyarakat ingin memgetahui kegiatan dan info terbaru komunitas ini bisa melihat informasi dan update kegiatan mereka di beberapa akun media sosial, yaitu instagram: @mmkhairunnisa, Facebook: Madrasah Muslimah Khairunnisa, dan  twitter : @mmkhairunnisa. Nina mengatakan untuk bergabung dengan Madrasah Khairunnisa  tidak ada syarat khusus, selama seorang muslimah dan memiliki keinginan belajar ilmu agama Islam, mereka  sangat welcome untuk masyarakat yang ingin bergabung dan menghadiri kajian Madrasah Khairunnisa.

Nina juga mengatakan Madrasah Khairunnisa adalah sebuah proyek dakwah bersama sahabat-sahabat seperjuangan, yang mencintai Allah dan RasulNya, yang ingin terus istiqomah berada dalam kereta dakwah, mensyiarkan agama mulia ini. Karena kata Nina, yang dapat menjadikan Madrasah Muslimah ini istimewa kelak adalah ketika dapat terus istiqomah menjadi sebuah wadah ilmu bagi saudara muslimah. Selebihnya, Allah-lah yang akan menilai setiap lintas niat dan amal di hati hamba hambaNya.

 “Semoga madrasah ini dapat menjadikan sebagai jalan manfaat bagi kami yang akan terus tersebar di kalangan muslimah secara lebih luas lagi,” harap Founder Madrasah Khairunnisa ini. (fau)

 


Back to Top