Komunitas Sedekah Ngider

Berkeliling Salurkan Donasi, Bakti Sosial Bikin Happy

Rasulullah SAW bersabda:

“Sedekah dari seorang Muslim menigkatkan (hartanya) dimasa kehidupannya. Dan juga meringankan kepedihan saat maut (Sakratulmaut), dan melauinya (sedekah) Allah menghilangkan perasaan sombong dan egois.” (Fiqh-us-Sunnah vol. 3, hal 97)

Jakarta, (gomuslim). Hadits tersebut bisa mengingatkan kita bahwa amalan Sedekah itu selain berpahala, juga banyak manfaatnya, untuk kita sebagai individu dan juga untuk kita sebagai makhluk sosial dalam membantu sesama. Apalagi di bulan Ramadhan ini, ketika amalan baik akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Karena itu, banyak kalangan berlomba-lomba melakukan amalan baik, salah satunya dengan berbagi dalam bakti sosial membantu saudara-saudara muslim yang kurang mampu.

Tak terkecuali, hal yang sama juga dilakukan oleh komunitas yang satu ini. Adalah komunitas Sedekah Ngider, sebuah perkumpulan para anak muda muslim yang berasal dari berbagai kalangan dan daerah yang bersinergi mengumpulkan donasi untuk disalurkan kepada para mustahiq di mana saja, yang berbeda tempat.

Kepada gomuslim, Founder Sedekah Ngider Taufik Ary menjelaskan komunitas ini  terbentuk pada tahun 2016 ini, tepatnya pada (3/04/2016) di Yayasan Fahmil Quran Cilodong dengan menggelar acara sabtunan kepada 119  yatim dhuafa setempat. Dari segi nama, kata Ary, ngider sendiri dalam bahasa Betawi artinya keliling. Sedekah Ngider artinya sedekah keliling, di mana di setiap kegiatan, mereka selalu berpindah pindah tempat untuk penyalurannya, baik untuk perseorangan, Masjid atau pun yayasan.

Awalnya, tambah Ary, tujuan dibentuknya komunitas ini adalah untuk melengkapi komunitas Youth Preneur Community yang sifatnya kewirausahaan. Pada saat itu kegiatan mereka adalah roadshow ke sekolah-sekolah, dan dari sana Sedekah Ngider melengkapi.

“Karena, jika mau menjadi pengusaha sukses, perbanyaklah sedekah dan juga kami berusaha untuk menanamkan jiwa bersedekah itu dari sedini mungkin, dari usia remaja,” kata Ary.

Terkait anggota, Sedekah Ngider sebagian besar adalah alumni Remaja Masjid Attin TMII. Meski  baru seumur jagung, saat ini Sedekah Ngider sudah memiliki  anggota aktif sekitar 50 orang yang berasal dari Jakarta, Bekasi, dan lainnya.  Selain itu, Sedekah Ngider memiliki duta dan pembina, untuk pembina Sedekah Ngider adalah Ustadjah Lulu Susanti Daiah dan Juri Program Hafidz Indonesia, sedangkan Duta Sedekah Ngider adalahartis dan pemain sinetron Adhitya Putri.

Sedekah Ngider pun membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin bergabung di komunitas ini. Persyaratannya adalah  memiliki semangat untuk berbagi,  memiliki kepedulian sosial, dan bersedia bekerjasama dengan para sahabat Sedekah Ngider lainnya. Lalu, mereka bisa mengirimkan permohonan bergabung ke keomunitas dengan menghubungi  081210892291 (untuk akhwat ) dan 085697866148 (untuk ikhwan ).

Selama beberapa bulan tergabung, komunitas ini sudah aktif ber-ngider ria alias berkeliling untuk menyalurkan donasi kepada para mustahiq. Kata Ary, kegiatan rutin Sedekah Ngider di antaranya adalah  santunan yatim dhuafa pada setiap awal bulan di minggu pertama, Gerakan cinta Masjid di setiap pekan ke-3 di hari Jumat, Gerakan berbagi nasi bungkus untuk marbot masjid setiap pekan ke-3 di hari Jumat, Sedekah seragam sekolah layak pakai yang akan disalurkan ke wilayah pedesaan bekerja sama dengan sekolah-sekolah, sahur on the road,  ta`jil on the street,  sedekah on the street di setiap minggu pertama dan ketiga di perjalanan yang mereka  lalui menuju tempat kegiatan, Sedekah Ngider berbagi dalam bentuk tenaga atau membantu dan uang kepada pengemis jalanan atau pengamen dengan memberikan edukasi. Selain itu, di projek 2016 ini, Sedekah Ngider juga mempunyai kegiatan besar, yaitu Bakti sosial Kampung sedekah yang berisi kegiatan cek kesehatan gratis, sembako murah, dan belanja sambil sedekah, serta dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha, komunitas ini akan melakukan kegiatan sedekah kurban, hewan akan disalurkan ke pedesaan yang membutuhkan.

Khusus untuk Gerakan Cinta Masjid dan Berbagi Nasi Bungkus berjalan rutin di setiap bulannya. Kegiatan ini adalah kru Sedekah Ngider akan langsung mendatangi Masjid yang di mana para marbot di hari jumat sedang bekerja membersihkan Masjid. Untuk itu, Sedekah Ngider  membuka kerjasama dan juga bantuan donasi dari masyarakat untuk mendukung suksesnya kegiatan sosial mereka tersebut.

Donasi uang bisa ditransfer melalui Rekening donasi : BNI syariah 0363796519 A/n Nurul Arafah. Donasi bisa berupa uang dan barang,  baik pakaian layak pakai ataupun nasi bungkus, dan lainnya. Donasi barang akan dialokasikan ke Masjid, marbot Masjid atau masyarakat penerima lainnya sesuai dengan program Sedekah Ngider

“Dalam menggalang donasi, kami memaksimalkan kupon donasi, media sosial dan setiap kontak BB atau WA di handphone kita, dan bagi masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi mereka dapat transfer langsung kerekening pusat kami atau pun tim kami yang akan menjemput ke rumah,” tambah Guru Drama dan Dongeng di sebuah sekolah dasar di Jakarta ini.

Selain menerima donasi dari masyarakat umum, Sedekah Ngider juga sudah bekerjasama dengan beberapa lembaga, seperti  Lembaga Zakat Baitul Mal Hidayatullah (BMH) dan Lembaga Yatim Mandiri cabang Depok.

Selanjutnya, jika masyarakat ingin mengetahui kegiatan dan info trbaru komunitas ini bisa mengunjungi ebebra akun sosial media Sedekah Ngider di facebook Fanspage: SedekahNgider, Instagram: @sedekahngider, Email: sedekahngider@gmail.com dan nomor telepon di 081210892291 (akhwat ) dan  085697866148 (ikhwan).

“Saya sangat bahagia dan menyenangkan bekerjasama di Sedekah Ngider. Karena saya dapat mengajak teman-teman untuk berbagi dan bersama membangun komunitas sosial ini. Inilah hal terbaik yang bisa saya lakukan, semoga bisa menjadi ladang dakwah untuk semua yang terlibat,” harap Ary.

Ary juga mengajak masyarakat untuk bergabung dengan komunitas Sedekah Ngider ini,

“Yuk bergabung bersama Sedekah Ngider, kami bukan hanya mengajak orang untuk untuk berbagi dan mencintai sedekah, tapi kami juga mengadakan kegiatan lainnya seperti  pengajian, puasa  sunnah dan membangun bisnis (wirausaha) bersama!” (fau)

 


Back to Top