Rumah Mabrur Annisa Travel Didik Umat Cinta Pengajian

(gomuslim). Sebuah perusahaan travel agent yang berkantor di Lenteng Agung, Jakarta Selatan membuat program CSR berupa kegiatan pengajian untuk para ibu dan anak-anak. Perkembangan positif dari  perusahaan bernama Annisa Travel yang sudah berdiri sejak tahun 2003 ini membuat sang Direktur Eri Heriawati dan tim membuat sebuah yayasan amal bernama Rumah Mabrur yang berlokasi di lantai bawah Kantor Annisa Travel.

Rumah Mabrur menjadi sarana mendidik umat, khususnya para ibu dan anak-anak dalam pengajian. Yayasan ini mempunyai  dua kegiatan, di antaranya Rumah Mabrur kegiatan pengajian Alquran dan Tausiyah untuk para ibu dan Rumah Mabrur Rumah Tahfidz, untuk anak-anak Kegiatan tersebut berlangsung dengan biaya gratis ditanggung oleh pihak Annisa dan berkelanjutan setiap pekan.

Ketua Yayasan Rumah Mabrur Sopiallah Muhajir menjelaskan misi utama pembentukan Rumah Mabrur ini sebagai ladang amal Annisa Travel sebagai sebuah perusahaan dan juga pendiri, serta para karyawan untuk bermanfaat bagi umat melalui kegiatan yang juga bermanfaat.

Untuk itu dalam pengajian Rumah Mabrur untuk para ibu, ada kegietan pengajian Alquran, mendengarkan Tausiyah dari Ustadz yang diundang Annisa Travel, juga kegiatan tadabbur berupa ziarah ke luar kota dengan tujuan wisata religi, misalnya ke makam walisongo. Pengajian ibu-ibu ini berlangsung setiap Selasa mulai Pukul 13.00 sampai waktu sholat Ashar. Sedangkan kegiatan Rumah Tahfidz untuk anak-anak ini biasa dilakukan kepada anak-anak di lingkungan sekitar kantor Annisa Travel yang sebagian besar adalah yatim dan dhuafa. Mereka akan didik untuk bisa membaca Alquran dan juga menghafalkan Alquran. Untuk kegiatan ini Annisa Travel mengundang Ustadz khusus dari lulusan Ilmu Alquran dan Bahasa Arab terkemuka, seperti PTIQ dan LIPIA. Waktu kegiatan Rumah Tahfidz dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00 dan diakhiri dengan sholat Dzuhur berjamaah.

Selain itu, Annisa Travel juga memberikan semangat bagi para jamaah pengajian Rumah Mabrur yang berprestasi yang sudah memenuhi kriteria kelulusan belajar dengan hadiah Umrah dari Annisa Travel secara cuma-cuma.

“Alhamdulillah, dengan begitu memotivasi anak-anak dan juga para ibu untuk datang ke pengajian. Tapi intinya adalah mereka mau belajar, “ kata Muhajir yang juga menjabat Direktur Keuangan Annisa Travel.

Saat ini jumlah jamaah ibu-ibu pengajian Rumah Mabrur sekitar 100 orang dan jumlah anak didik di Rumah Tahfidz adalah 120 orang. Selain warga di lingkungan sekitar kantor Annisa Travel, Rumah Mabrur juga membuka diri bagi masyarakat umum yang mau ikut pengajian di tempat ini dengan sukarela dan tidak dipungut biaya apapun.

Selain itu, dalam waktu dekat, Annisa Travel juga akan membuka pengajian dengan klasifikasi jamaah pengajian adalah anak muda, dengan nama Karugami, yaitu Kajian Rutin Keluarga Islami. Kegiatan ini bekerjasama dengan komunitas hijaber Hijab Motion untuk mengajak anak muda berkumpul di kegiatan dan tempat bermanfaat lewat pengajian di Rumah Mabrur.

“Semoga kegiatan di Rumah Mabrur menjadi ladang amal kebaikan bagi semua pihak yang ikut berkontribusi di dalamnya, “ harap Muhajir. (fau)

 


Back to Top