Komunitas Ini Ajak Pemuda Berdakwah Lewat Semangat ‘Man Jadda Wajada’

(gomuslim). Man Jadda Wajada. Pepatah Arab yang berarti “Siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan sukses” menjadi sebuah  landasan semangat bagi komunitas asal Makassar yang juga dinamakan dengan pepatah tersebut.  Lewat esensi semangat tersebut, komunitas ini membina para anak muda muslim di Indonesia yang juga aktif melakukan dakwah dan aksi sosial.

Kepada gomuslim, sang founder komunitas Man Jadda Wajada (MJWJ) Abdul Rahman mengatakan bahwa MJWJ adalah suatu komunitas yang membidangi pembinaan dan pengembangan potensi pemuda muslim yang bergerak di bidang dakwah dan sosial. Bersifat independen dan terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung atau komunitas maupun instansi lain yang ingin bersinergi. Terkait nama Man Jadda Wajada, ada makna tersendiri di dalamnya, yaitu mereka ingin menjadikan kesungguhan sebagai kunci kesuksesan  dalam berdakwah di kalangan anak muda.

“Latar belakang membuat komunitas ini adalah karena saya melihat kondisi pergaulan anak muda  bisa dikatakan kelewatan banget, mulai dari pacaran, nongkrong ga jelas, mabuk-mabukan, dan lainnya. Dari "kegalauan" itu saya mengajak teman-teman  untuk membentuk forum ini. Alhamdulillah,  tidak sia-sia dan banyak yang ikut sampai sekarang, “ jelas Rahman.

Awalnya,  Komunitas MJWJ lahir dari akun anonim di twitter  dan karena melihat banyaknya respon positif akhirnya di realisasikan Rahman dan teman-teman untuk hadir sebagai komunitas di dunia nyata. Kata Rahman, komunitas ini terbuka untuk umum dan saat ini anggota sudah mencapai lebih dari 300 orang yang berasal dari berbagai latar belakang, di antaranya adalah pelajar dan mahasiswa, karyawan, PNS, dan lainnya.

“Tidak ada persyaratan yang sulit untk bergabung di komunitas ini. Kami hanya membatasi yang ingin gabung sebagai pengurus maksimal umur 35 tahun. Tapi intinya dia ingin join dalam dakwah, siap mengorbankan waktu, harta, dan tenaga, “ tambah Alumni UIN Alauddin Makassar ini.

Komunitas Man Jadda Wajada secara rutin menggelar banyak kegiatan, di antaranya adalah KAIDA: Kajian Islam Ala Anak Muda, aksi sosial berupa Berbagi Nasi, Milad MJWJ, dan lainnya. Untuk tahun 2016 ini, MJWJ akan menggelar  Musyawarah Nasional (Munas), yaitu rapat besar yang dihadiri oleh perwakilan anggota MJWJ dari beberapa kota, di antaranya Jakarta, Depk, Bekasi, dan Makassar. Selain itu, ciri khas komunitas itu adanya kajian tiap bulan yang dikemas ala-ala anak muda dengan tema yang anak muda juga. Cara pengemasannya misal piknik, liburan, dan lainnya tanpa mengesampingkan syariat. Pengurus MJWJ juga dibatasi hanya untuk pemuda-pemuda saja.

“Alhamdulillah saat ini saya rasa banyak komunitas muslim yang bisa menjadi wadah berdakwah anak muda, seperti ODOJ, peduli Jilbab, dan lainnya. Untuk itu, bagi anak muda yang ingin hijrah,  jangan jadi sekadar niatan saja tanpa ada usaha merealisasikan niatannya itu, tinggalkan tempat-tempat  gaul yang negatif, tapi bukan teman-temannya. Kalaupun nanti ada teman yang meninggalkan yakinlah Allah akan menggantikan dengan yang lebih baik. Insya Allah di Komunitas MJWJ banyak teman yang baik kok dan Semoga setelah hijrah bisa istiqomah dan bermanfaat untuk masyarakat luas, “ pesan Rahman.

Komunitas Man Jadda Wajada bisa diikuti lewat media sosial Facebook: Man Jadda Wajada, Twitter dan Instagram di @Manjadda.wajada. (fau)

 

 


Back to Top