Begini Cara Berwisata Religi Ala Klub Jelajah Masjid Backpacker Jakarta

(gomuslim). Kegiatan di akhir pekan sering digunakan banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga, menekuni hobi, atau jalan-jalan. Apalagi saat ini perkembangan destinasi pariwisata Indonesia yang semakin pesat membuat banyak tempat di Nusantara menjadi pilihan kegiatan jalan-jalan bersama keluarga atau teman-teman. Berkaitan dengan hal tersebut, banyak berdiri komunitas backpacker, pecinta alam, pendaki gunung yang bersinegri untuk traveling bersama-sama dengan ciri khas kegiatan masing-masing. Berbeda dengan komunitas para traveler pada umumnya, komunitas asal Jakarta ini mempunyai cara berbeda dalam berwisata, yaitu wisata sambil belajar, wisata sambil meng-upgrade iman yang mereka sebut wisata religi.

Berdiri sejak Ramadhan 1436 Hijriyah, komunitas ini bernama Klub Jelajah Masjid (JM). Klub ini merupakan bagian dari kegiatan-kegiatan klub dari komunitas Backpacker Jakarta (BPJ). Adapun Backpacker Jakarta Jelajah Masjid (BPJ JM) ini pertama melakukan kegiatan pada (05/07/2015). Tim suksesnya adalah mereka yang juga bagian dari tim inti BPJ, para anak muda pecinta traveling yaitu Edi, Wahid, Chandra, Shenda, Takin, Yudhistira, Ike, Yuyun, dan Putri.

Kepada gomuslim, salah satu pengurus Klub Jelajah Masjid BPJ Gusti Ayu Putri bercerita bahwa sebagai sebuah komunitas, JM mempunyai banyak kegiatan dan hal positif  yang bisa dilakukan di Masjid. “Intinya kami jalan-jalan ke Masjid-Masjid dan mengajak teman-teman untuk fungsi Masjid tidak hanya sebatas tempat ibadah saja, namun kita bisa mengenali sejarahnya, keindahan arsitekturnya sampai aktivitas masjid itu sendiri, “ jelas Putri.

Karena alasan tersebut, awalnya klub Jelajah Masjid ini berinisiatif melakukan perjalanan yang merupakan bagian dari trip Ramadhan 1436 Hijriyah tahun lalu.

Lewat perjalanan wisata religi ini, tambah Putri, Klub Jelajah Masjid BPJ berharap teman-teman BPJ dan anak muda lainnya bisa mencintai masjid dan mengenal kegiatan Islam yang mudah dipahami dan diterima bersama klub BPJ Jelajah Masjid. Hal ini juga menjadi bagian dari upaya mereka mengenalkan kepada masyarakat bagaimana indahnya Islam terutama mencintai Masjid dari mata para penjelajah sejarah Islam, pengagum indahnya arsitektur Masjid, dan mengenal kegiatan Islam lebih dalam.

“Alhamdulillah kegiatan kami selain melakukan trip jelajah Masjid, kami juga melakukan koordinasi dengan para anggota di group whatsapp, acara  halal bihalal, dan kopdar. Selain itu dalam waktu dekat, Klub Jelajah Masjid akan bertandang ke Jawa Tengah untuk menjelajah beberapa Masjid, di antaranya Masjid Agung Demak, Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Jateng, Masjid Agung Kauman yang akan dilaksanakan pada 30 September sampai 2 Oktober 2016, “ ungkap Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta ini.

Adapun selama satu tahun terbentuk, komunitas ini sudah menjelajah beberapa Masjid di beberapa daerah, di antaranya Masjid Cikini, Masjid Cut Mutia, Masjid Sunda Kelapa, Masjid Cut Nyak Dien, Masjid Istiqlal, Masjid Kubah Mas Depok, Masjid Agung Karawang, Masjid Pintu Seribu, Masjid Kali Pasir (Masjid tertua pertama di Tangerang), Masjid Annur Empang Bogor, Masjid Agung Empang dan Ziarah ke Makam Raden Saleh.

Tak hanya sekadar mengunjungi Masjid, Klub JM dalam setiap trip mereka juga melakukan kegiatan di Masjid-Masjid tersebut. “Selain berkunjung, kita pun mengenal sejarah dari masjid tersebut, menyaksikan eksotisme dari setiap inci Masjid dan ornamen-ornamen yang berada di Masjid, mengikuti  kegiatan yang dilakukan di Masjid tersebut seperti kegiatan ceramah, pertemuan para tokoh agama, kegiatan islami Remaja Masjid. Kita juga berziarah ke makam bersejarah para Wali dan tokoh Agama di sekitar Masjid, selain itu saat kegiatan trip kita pun berkunjung ke tempat wisata di sekitar, atau kita mengadakan fun games bersama, “ tambah Putri.

Intinya, kata Putri, visi dan misi kegiatan Klub Jelajah Masjid adalah untuk mengajak teman-teman agar mau lebih mengenal Masjid-Masjid yang ada di Jakarta dan atau Indonesia. Selain itu, komunitas ini juga berharap Klub Jelajah Masjid Backpacker Jakarta mampu menjembatani pola pemikiran dan sudut pandang atau cara memahami Islam antara generasi muda yang lebih fleksibel, toleran dan juga lebih demokratis dengan pandangan Islam.

Saat ini, anggota BPJ JM sudah mencapai 195 orang. Anggotanya berasal dari berbagai kalangan, ada pelajar, mahasiswa, karyawan, dan lainnya. Karena terbuka untuk umum, Klub Jelajah Masjid juga mengajak siapa saja untuk bergabung di klub ini yang harus terlebih dahulu menjadi anggota Backpacker Jakarta.

“Semoga kehadiran Klub Jelajah Masjid ini bisa menjadi pilihan kegiatan postif teman-teman semua yang mau mengenal Islam dengan sudut pandang yang menyenangkan. Klub JM ingin  memberikan gambaran bagaimana indahnya Islam terutama mencintai Masjid dari mata para petualang, “ harap Putri.

Adapun Komunitas Backpacker Jakarta adalah kumpulan para traveler yang sering melakukan jalan-jalan bersama dengan sistem sharecost (patungan). Angota BPJ sendiri tersebar di seluruh Jabodetabek dan berasal dari berbagai usi mulai dari 14 sampai 75 tahun. Kegiatan travelling BPJ juga beragam mulai dari wisata laut, gunung, curug, city tour sampai museum. Awalnya, komunitas ini dibentuk oleh Edi M. Yamin, Selly Sukesi dan Rusmiyana melalui group Facebook dan akhirnya diresmikan pada (05/04/2013). Selain Klub Jelajah Masjid, Backpacer Jakarta juga mempunyai kegiatan lain, di antaranya Klub olahraga (basket, futsal, badminton, lari, renang), klub sejarah dan museum, klub fotografi, klub buku dan blogger, dan klub Be The Light.

Informasi kegiatan dan update dari Backpacker Jakarta bisa diakses di situs resmi BPJ: www.backpackerjakarta.com, dan akun-akun media sosial; Instagram: @backpackerjakarta, Facebook: Backpacker Jakarta, Twitter: @official_BPJ, WhatsApp: 089507622003, dan Email: info.backpackerjakarta@gmail.com. (fau)

 

 

 

 

 


Back to Top